Foodie Traveller Wajib Coba! 8 Kuliner Pedas Nusantara yang Bikin Nagih

Indonesia memiliki daerah-daerah dengan keberagaman yang dimilikinya. Salah satunya adalah kulner pedas yang dimiliki masing-masing daerah.

Tiap daerah memiliki kuliner pedas unggulan yang sangat disukai oleh masyarakat, terutama wisatawan. Citarasanya yang kental akan rempah-rempah membuat kuliner pedas Indonesia semakin digandrungi masyarakat luas.

Selagi berwisata keliling Indonesia, pastikan Anda juga mengeksplore kuliner pedas tiap daerahnya. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini :

1. Seblak, Jawa Barat

Masakan yang satu ini sepertinya juga bisa Anda temukan di Kawasan Jawa Timur dan sekitarnya. Seblak memiliki citarasa yang pedas dan tentunya gurih.

Isinya berupa kerupuk basah dengan tambahan sayuran serta toping mulai dari ayam, macaroni, sosis, telur, hingga bakso. Topping bisa Anda sesuaikan sesuka hati Anda.

Makanan ini bisa Anda temukan di warung makan hingga gerobak keliling. Memang bertekstur kenyal, namun gurih dan tidak ennek. Rasanya pun menyegarkan. Tak hanya seblak basah, ada juga varian seblak kering dan seblak instant.

2. Penyetan, Jawa Timur

Siapa yang belum pernah mencoba penyetan khas Jawa Timur ini? Penyet artinya gepeng, yang berarti lauk seperti tempe, tahu, dan ayam akan dipenyet dan diulek sebelum disantap.

Letak keunikannya berada di penyetan tersebut. Lauk akan dipenyet bersamaan dengan sambal yang sudah di uleg. Sehingga membuat rasa pedas akan semakin menyatu dengan lauk.

3. Rendang, Sumatera Barat

Tak sedikit orang yang jatuh cinta saat pertama kali mencoba rendang. Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging dengan campuran berbagai rempah dan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang nikmat. Rendang juga diakui sebagai makanan paling enak nomer 1 di dunia versi CNN Internasional di tahun 2011 silam.

Proses memasak rendang memang tidak semudah masakan rumah lainnya. Anda harus memanaskannya berulang-ulang dengan santan kelapa selama berjam-jam. Makanan ini juga memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

4. Ayam Betutu, Bali

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa mencoba ayam betutu nya. Masakan khas Gilimanuk, Bali ini memiliki rasa yang pedas apalagi disajikan dengan sambal matah.

Beragam bumbu yang digunakan mulai dari cabai merah, bawang putih dan merah, kunyit, ketumbar, kemiri, hingga bumbu khas lainnya.

Selain ayam, ada juga bebek betutu yang tak kalah nikmatnya. Jangan lupa untuk mencoba masakan ini ketika berlibur di Bali, ya!

Baca juga:

Jangan Cuma Belanja, Singgahi 5 Destinasi Religi di Singapura yang Meneduhkan Hati

 

5. Ayam Bakar Taliwang,, Nusa Tenggara Barat

Satu lagi olahan ayam dengan cita rasa pedas. Masakan NTB ini dibuat dari bumbu cabai yang beragam dan disajikan ketika ayam bakar masih panas.

Tentunya rasa pedas semakin fresh dan meresap sempurna. Ayam taliwang juga kerap disajikan dengan sambal pedas khas Lombok. Dijamin, rasanya semakin gurih dan pedasnya akan bertambah 2 kali lipat.

6. Rica-rica Manado

Berkunjung ke Manado tapi tidak tahu makanan yang harus dieksplore? Coba saja Rica-rica. Masakan ini selain segar, juga rasanya gurih, lho!

Apalagi rasa pedasnya yang akan membuat Anda ketagihan. Salah satu bahannya adalah kemangi sehingga masakan ini sangat harum.

Bahan utamanya bisa berupa ikan atau daging sesuai selera Anda dengan bumbu rempah mulai dari tomat, bawang merah, cabai, jahe dan bawang putih.

7. Bebek Pedas Madura

Keunikan dari bebek pedas khas Madura ini terletak pada warna bebeknya yang hitam. Itu karena masakan ini menggunakan bumbu yang berwarna hitam sehingga membuat warna daging seperti dibakar.

Namun, rasanya sangat enak dan dagingnya empuk. Ada rasa pedas yang timbul dari bumbu yang digunakan.

Bahan untuk meracik bumbu bebek pedas ini mulai dari cabai, daun jeruk purut, air jeruk nipis, hingga penambah rasa sedap.

8. Mie Aceh, Sumatera Utara

Makanan pedas yang satu ini bisa Anda temukan di berbagai tempat di Indonesia. Mie khas aceh menggunakan mie yang tebal dan besar, serta dalam varian basah dan kering.

Mie ini menggunakan kuah kari sehingga rasanya semakin gurih. Basanya, mie ini diberi tambaha daging sapi, kambing, hingga seafood. Rasanya? Dijamin, Anda bisa ketagihan!

Daripada berkunjung ke beragam daerah namun tidak pernah tahu apa masakan khasnya? Ikuti saja rekomendasi kuliner pedas yang wajib Anda coba ketika mengeksplore kekayaan Indonesia.

Berbagai masakan pedas Indonesia tak akan membuat Anda kebosanan. Variannya super banyak, rasanya gurih, dan tingkat kepedasan bisa disesuaikan sendiri. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.