Enaknya, 7 Wisata Kuliner di Kudus Ini

Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dengan ibukotanya Kudus terkenal dengan sebutan kota kretek karena hasil rokoknya yang terbesar di Jawa Tengah dan juga dikenal sebagai kota santri. Peradaban Islam tumbuh sangat pesat di kota ini pada abad pertengahan dan bukti-bukti kejayaan Islam di masa itu bisa dilihat dengan adanya tiga makam sunan/wali di sana, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu. Selain wisata religi, Kudus juga menawarkan berbagai wisata seperti wisata sejarah, alam, desa, belanja, misteri (urban legend) dan tentu saja wisata kuliner.

Jika Anda berkunjung ke Kudus, luangkanlah waktu untuk mengunjungi pusat wisata kuliner di Pusat Kuliner  Matahari, di Getaspejaten (di Halaman Plaza Kudus), Pusat Kuliner Sempalan Indah di Jati Kulon, dan Taman Bojana, di Getaspejaten (di utara Alun – alun simpang 7). Berikut referensi kuliner enak yang bisa Anda jadikan acuan saat mengunjungi pusat wisata kuliner atau di tempat-tempat makan yang tersebar di Kudus.

SOTO KUDUS

Soto Kudus merupakan kuliner yang paling populer di Kudus. Kuah soto yang segar yang dipadu dengan  rempah yang kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta soto.  Tambahan taburan bawang goreng  yang melimpah semakin menggoda selera siapa saja yang menghirup aromanya. Anda bisa menemukan soto Kudus yang enak di kompleks istanan Pasteur  Kudus dengan harga  8 ribuan per porsi.

LETOG TANJUNG

Kuliner Kudus yang tak kalah menarik dengan soto adalah letog tanjung.  Makanan ini sangat khas yang disajikan dengan lontong yang di potong dan di siram dengan kuah santan dan juga tahu. Sajiannya akan semakin lengkap dengan sambal dan bawang goreng. Seporsi letog tanjung bisa Anda beli dengan harga 8 ribu saja. Tertarik untuk mencoba makanan ini, kunjungi saja  Simpang 7 Kudus.

SATE KUDUS

Pernah mencicipi daging kerbau? Jika belum Anda bias mencobanya saat berwisata kuliner di Kudus. Ya, sate Kudus yang dibandrol dengan harga 17 ribu per porsinya ini memang menggunakan daging kerbau dan juga lemaknya  yang sudah diracik hingga memiliki rasa yang enak dan daging yang  empuk saat digigit. Rasa sate akan semakin menggugah selera dengan tambahan bumbu kacang yang nikmat. Lokasi yang tepat untuk menikmati kuliner ini ada di jl. Kutilang.

 

Baca Juga : Aneka Kuliner Khas Bojonegoro Yang Sedap dan Nikmat Disantap

 

PECEL PAKIS COLO

Pecel Pakis Colo dibuat dengan bahan sayuran utama tumbuhan pakis (paku).  Tambahan sayur lain yang sering digunakan adalah tauge dan sayuran lainnya. Pecel ini memiliki siraman bumbu kacang dengan aroma kencur yang kuat. Hanya dengan 8 ribu rupiah saja Anda bisa menikmati pecel pakis colo yang enak di  dekat peristirahatan pesangrahan Muria.

ROTI BAKAR GARDU JATI

Bagi Anda yang suka menikmati malam di Kudus, tak lengkap kiranya tanpa mencicipi  roti bakar gardu jati yang bertekstur empuk dan enak. Roti bakar ini biasa disajikan dengan pilihan aneka selai manis yang bias membuat Anda ketagihan. Penjual roti bakar ini bias Anda temui di Jl. Gardujati Kudus.

MIE AYAM JOYO

Mie memang mejadi menu favorit bagi siapa saja. Bagi pecinta mie, Kudus mempunyai Mie Ayam Joyo yang nikmatnya tak perlu diragukan lagi. Mie ini disajikan dengan kuah bakso yang gurih dipadu dengan pangsit ayam yang enak, renyah dan gurih. Mie yang berlokasi di Jl. Cimandiri Kudus ini seporsinya bisa Anda beli dengan harga 12 ribu.

PIZZERIA CHICKEN

Tak hanya suguhan menu tradisional, Kudus juga menawarkan makanan modern bagi pelancong, yaitu Pizzeria Chicken. Makanan ini berupa fillet dada ayam yang disajikan dengan kentang goreng, saus BBQ dan juga salad segar. Tambahan topping keju mozzarella pada menu ini semakin menggugah selera karena nikmatnya. Satu porsi pizzeria chicken dihargai 35 ribu rupiah. Tak perlu bingung mencari lokasi menu lezat ini karena Anda bias langsung menuju ke Jl. Turnojoyo Kudus.

Tertarik untuk mencoba wisata kuliner di Kudus seperti yang dijabarkan di atas? Siapkan saja dana cukup, waktu dan tentu saja perut yang kosong.  Selamat menikmati liburan di Kudus ya… (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.