Travel Wisata ke Yogya – 5 Destinasi Kuliner

Travel wisata ke Jogja, atau lebih tepatnya Yogyakarta akan memberikan Anda banyak pengalaman seru serta pengetahuan yang lebih mendalam betapa agung budaya yang ada di tanah air. Sebagai salah satu kota budaya yang menganut sistem kerajaan, melakukan travel wisata ke yogya akan memberikan kesan tersendiri dalam setiap benak pelancong.

Bukan hanya kebudayaan Jawa yang sangat kental bisa dengan mudah dijumpai dalam setiap sudut kota, namun kearifan masyarakat setempat berpadu apik dengan kebudayaan modern yang kini mulai memasuki kota yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 ini.

Kota Yogyakarta juga dikenal sebagai kota Pendidikan mengingat begitu banyak perguruan tinggi maupun universitas yang berada di sini. Maka tidak heran apabila jumlah mahasiswa yang mengadu nasib dan menimba ilmu di kota Gudeg tidak sedikit. Kondisi ini juga membuat perekonomian di kota Yogyakarta sangat diuntungkan. Tidak hanya usaha sewa kost atau jasa laundry saja yang maju pesat. Usaha wisata kuliner maupun tempat-tempat wisata juga tak pernah sepi pengunjung. Bicara soal tarif, tak perlu ditanya. Sebabnya, sudah bukan rahasia lagi apabila anak kost atau mahasiswa umumnya tak berkantong tebal. Biaya hidup maupun harga makanan di Yogyakarta sangat miring disesuaikan dengan bujet mahasiswa.

Pun termasuk soal wisata, harga travel wisata jogja dibanderol miring oleh travel agent wisata Yogyakarta. Alasannya, tentu saja akan makin banyak pelancong yang berkunjung ke Yogyakarta. Anda jangan mau kalah, ambilah travel wisata jogja murah yang sudah banyak tersedia. Menikmati liburan travel wisata ke yogya tidak akan merobek kantong apalagi menguras rekening tabungan apabila menyerahkan semua urusan travel perjalanan wisata Yogyakarta di tangan travel agent wisata Yogyakarta yang tepat.

Biasanya para turis yang melakukan travel wisata ke jogja, akan mendapatkan arahan untuk mencicipi wisata kuliner berupa lesehan atau angkringan yang khas di kota Yogyakarta. Ini adalah semacam tempat makan dan minum warga Jogja. Malioboro adalah salah satu pusat wisata kuliner yang paling populer untuk dituju kalangan turis karena bisa sekalian berwisata belanja di sana.

Lesehan atau angkringan umumnya dijadikan tempat berkumpul atau kongkow bersama teman-teman. Pada zaman dahulu, kedai makanan adalah tempat warga masyarakat berdiskusi untuk menyusun strategi atau siasat melawan penjajah Belanda tanpa terlihat terlalu mencolok. Bahkan, hingga kini sangat mudah dijumpai lesehan dan angkringan yang tentu saja telah beralih fungsi menjadi tempat nongkrong sesungguhnya tanpa perlu takut berperang melawan kolonialis.

Makanan yang dihidangkan pun tergolong unik. Anda bisa menjumpai sego kucing alias nasi kucing. Ini bukan nasi yang diperuntukkan buat kucing lho. Namun, ukuran porsinya yang sangat sedikit (sekitar 50-100 gram) hanya mungkin setakaran 3 atau 4 kali suapan membuatnya seolah-olah seperti makanan untuk porsi kucing. Memang logis, karena nasi kucing ini terdiri dari nasi, juga ikan laut seperti tongkol atau ikan pindang serta sambal. Dijamin, Anda yang sedang melakukan diet tidak akan takut berat badan bertambah apabila mencobanya.

Nah, kalau Anda penasaran ingin menikmati travel wisata ke yogya sembari mencicipi aneka sajian khas dari kota Malioboro ini. Yuk, simak beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner sekaligus tempat mengobrol dengan suasana hangat dan akrab untuk dimasukkan dalam daftar tujuan travel wisata di Jogja berikutnya…

1. Tempo Gelato

Gelato adalah sejenis camilan atau lebih tepatnya makanan penutup berupa es krim beraneka rasa yang dibuat oleh para bangsawan Italia yang dulu bertempat tinggal di Indonesia bersama para bangsawan Belanda. Tempo Gelato dahulunya memang menjadi tempat kongkow atau tempat mengobrol sambil bersantai para bangsawan Belanda yang ada di Yogyakarta. Namun, setelah kemerdekaan, Tempo Gelato yang berada di Jl. Prawirotaman ini tetap berdiri dengan para pecinta es krim tradisional yang berasal dari masyarakat Jogja. Disebut tradisional karena memang homemade atau dibuat dengan peralatan tradisional khas Tempo Gelato. Pilihan menu es krim yang bisa dijajal antara lain rasa mangga, karamel, rasa jambu, vanila, stroberi dan masih banyak lagi deretan es krim super lezat untuk sajian penutup atau camilan di saat cuaca panas.

Nuansa interior ruangan yang dibuat bergaya industrial pada zaman tempo dulu, membuatnya sangat asyik sebagai tempat berfoto-foto sephia yang akan menghasilkan gambar tempo dulu bergaya retro dan vintage.

2. Angkringan KR

Nama angkringan KR diambil dari lokasinya yang berada di depan teras Kantor Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat. Angkringan KR tak pernah sepi dari pengunjung yang terdiri dari para kawula muda serta pelancong dari kalangan keluarga. Hal ini bukan tanpa alasan, tarif makanan yang tergolong miring membuat angkringan yang berlokasi di Jl Mangkubumi ini menjadi tempat nongkrong sambil wisata kuliner bagi warga masyarakat maupun pelancong yang tak mau bujet terpangkas banyak hanya demi makanan. Lagipula, jika ada tempat makan yang enak dan murah, tidak perlu repot atau bingung mencari yang mahal, kan? Menu makanan yang bisa dicoba seperti nasi kucing, nasi sambel teri, nasi langgi dan menu penutup seperti es tape ijo yang melegenda.

3. Epic cafe

Lokasinya berada di Jl Palagan Tentara Pelajar No. 29, Sleman. Kalau ingin tempat wisata kuliner sambil mengobrol ngalor-ngidul bersuasana kafe yang cozy dan modern, Epic Café adalah tujuan travel wisata Yogya Anda berikutnya. Nuansa interior didekorasi seperti pabrik atau industrial di New York. Perpaduan cantik nuansa pergudangan pabrik yang dibuat modern membuat Epic Café kian nyaman dan asyik untuk tempat bersantap atau bersantai. Menempati lahan yang bisa dikatakan cukup luas, Anda tak perlu ragu mengajak keluarga berwisata kuliner sambil mengobrol di tempat ini.

4. Blanco Coffee & Book

Untuk sekadar nongkrong sambil membaca buku inilah spot travel wisata Yogya yang tepat. Blanco Coffee & Book adalah tempat nongkrong favorit para kawula muda terutama anak kuliahan yang ingin suasana belajar berbeda. Tempat yang nyaman dengan meja-meja panjang membuat acara berkumpul sambil membaca tidaklah sulit. Bahkan, di Blanco Coffee & Book tersedia semacam perpustakaan mini yang menyediakan aneka buku-buku dari berbagai jenis kategori yang disusun apik dalam rak-rak buku besar. Turut mendukung kenyamanan para pengunjung ketika membaca buku, Blanco Coffee & Book meyediakan aneka camilan peneman acara membaca seperti croissant, kue cokelat, serta es krim dan aneka camilan super lezat lainnya.

5. Angkringan Wijilan

Tidak ada ruginya mencoba wisata kuliner berupa angkringan, pasalnya memang tak lengkap travel wisata ke Yogya tanpa mencoba wisata kuliner di angkringan. Nah, salah satu tempat yangbisa Anda tuju adalah Angkringan Wijilan yang berada di Jl. Wijilan. Untuk menambah kenyamanan pecinta kuliner, Angkringan Wijilan memiliki dua lantai yang selalu ramai. Nasi kucing tak perlu ditanya, di samping itu, masih ada menu-menu tradisional lainnya seperti sate telur puyuh, telur mata sapi, sate usus dan ati ampela, serta nasi sambal teri. Bagi pecinta ayam goreng atau cumi-cumi di Angkringan Wijilan juga tersedia lho.

Akan selalu ada rindu dan ketagihan untuk datang kembali melakukan travel wisata ke Yogya bagi para wisatawan yang sudah pernah datang ke Yogyakarta. Nah, jika Anda belum pernah datang ke Jogja, rugi rasanya belum pernah mengunjungi kota Budaya yang sangat mempesona dengan adat istiadat serta sistem kerajaan ini. Percayakan perjalanan liburan wisata Anda pada travel agen wisata agar tak perlu repot mengurus keperluan perjalanan travel wisata ke yogya selama musim liburan. Yuk, hubungi kami sekarang juga. Sampai jumpa di Jogja… (Jari Adventure-Detty)

Baca juga : Travel Wisata Jogya di Malam Hari

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *