Dimana Tempat Kuliner Khas Surabaya, Rawon yang Paling Enak & Nikmat?

Kuliner Khas Surabaya  – Ke Surabaya, Jawa Timur, tidak akan afdhol tanpa menikmati kuliner khas Jawa Timur yaitu nasi Rawon. Banyak warung atau restoran yang menyajikan rawon, tetapi mana kah yang memiliki cita rasa paling enak serta pastinya ramah di kantong para wisatawan berbagai kalangan usia. Yuk, intip terus 5 tempat rekomendasi untuk menikmati semangkok rawon Surabaya yang mantap di bawah ini:

Apa sih Rawon Itu?

Tak banyak yang tahu bahwa kuliner lezat satu ini berasal dari Jawa Timur. Jawa Timur memang surga bagi para pecinta kuliner, salah satu makanannya yang terkenal akan kelezatannya adalah rawon. Secara spesifik, rawon sebenarnya berasal dari Kota Pahlawan, Surabaya. Bagi yang belum tahu, rawon adalah masakan Indonesia yang terdiri dari potongan daging sapi dan disiram kuah berwarna hitam pekat. Bumbu khas bernama kluwek inilah yang membuat kuah rawon menjadi hitam.

Untuk bahan dasarnya hampir sama seperti sup pada umumnya, seperti menggunakan bawang putih, bawang merah, serai, ketumbar, lengkuas, cabai, kunir dan garam. Semua bahan tersebut dihaluskan lalu ditumis hingga harum, lalu ditambahkan potongan daging dan kaldu hasil rebusan daging.

Cara Menyajikannya

Rawon biasanya disajikan bersama sepiring nasi dan taburan tauge kecil, daun bawang, jeruk nipis dan sambal. Agar terasa lebih mantap bisa juga ditambahkan kerupuk udang, empal, tempe goreng atau telur asin. Rawon memang paling nikmat bila dimakan selagi hangat karena rasa kuahnya yang khas akan begitu terasa.

Baca juga: Pantai Dungun –Lingga, Eksotisme Pulau Terluar Indonesia

5 Rekomendasi Rumah Makan Rawon Yang Enak di Surabaya

Rawon Kalkulator

Rawon yang satu ini letaknya di kawasan Taman Bungkul, Surabaya. Layaknya rawon pada umumnya, yang membuat tempat makan rawon yang satu ini hits adalah cara pelayannya menghitung total pesanannya anda dengan sangat cepat sehingga mirip kalkulator. Wah, jadi penasaran ingin melihat langsung ya.

Rawon Setan

 Ada lagi yang tak kalah unik nih. Mendengar namanya saja sudah membuat bulu kuduk berdiri, eits tapi jangan salah! Rumah makan yang sudah ini dinamakan Rawon Setan karena jam bukanya yang malam. Letaknya di tengah kota yakni di Jalan Embong Malang No 78 atau seberang hotal JW Marriot Surabaya. Setiap harinya rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan berkat ke sohorannya banyak artis yang pernah makan disini, terbukti dari jajaran bingkai foto yang dipamerkan di dindingnya. Menunya juga bervariasi, mulai dari rawon campur, rawon pisah dan rawon buntut.

Rawon Pecel Pucang

Persis seperti namanya, rawon satu ini memang disatukan dengan pecel. Sekilas memang terdengar aneh, namun siapa sangka rasanya tak kalah lezat seperti rawon biasanya. Lokasinya ada di Jalan Pucang Anom, Surabaya, sehingga banyak orang yang menyebutnya Rawon Pucang.

Disini juga tersedia lauk empal, untuk harga cukup ramah di kantong. Rawon Pucang baru buka setelah maghrib hingga tengah malam, meski begitu rumah makan ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Jadi jangan telat datang ya agar tidak kehabisan.

Rawon Bu Lilik

Nama asli rumah makan ini sebenarnya adalah ‘Warung Tegal Bu Lilik’, karena tak hanya menjual rawon saja melainkan masakan khas Jawa Timur seperti nasi lodeh, nasi pecel atau nasi cumi. Seperti warung rawon lainnya, Rawon Bu Lilik juga menyediakan lauk perkedel, telur asin atau tempe goreng. Eh tapi ada lauk lainnya yang tak kalah enak, yakni otak sapi goreng. Meski harganya sedikit mahal, tapi perpaduan otak goreng dan kuah rawon dijamin bikin lidah bergoyang.

Rawon Gajah Mada

Sedikit berbeda dengan lainnya, sebenarnya rawon yang satu ini asli Sidoarjo namun telah memiliki cabang di Surabaya, tepatnya di Jalan Raya Jemurasi No 17 A Wonocolo. Harganya lumayan terjangkau hinga dapat dinikmati hampir semua kalangan. Sayangnya, jam buka sedikit siang yakni 12.00 dan tutup pukul 23.00. Lokasinya mudah dijangkau karena letaknya di deretan ruko di jalan frontage, parkiran disana juga cukup luas sehingga tak perlu khawatir mencari tempat parkir meski sedang ramai.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *