Diet Sehat Saat Travelling? Why Not! Siapkan 5 Camilan Superfood Ini

Salah satu cara untuk mengurangi berat badan berlebih adalah diet. Dari sekian banyak jenis diet, diet keto lah yang paling popular.

Bahkan, tagar diet ini sedang viral di media social seperti Instagram dan twitter. Namun, kenapa masyarakat memilih diet keto?

Pertama, makanan untuk diet keto terdiri atas 70-80 persen lemak, 20 persen protein, serta 5 persen karbohidrat. Dengan ini kita dapat mengerti bahwa karbohidrat memang “dilarang” dalam diet keto karena jumlahnya hanya 5 persen saja.

Ahli gizi Food Trainers asal New York City, Caroly Brown menjelaskan bahwa diet keto bisa dijalankan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran bertempung serta umbi-umbian seperti kacang-kacangan, parsnip, pemanis, lentil, makanan panggang, serta jus dan smoothie. Begitu yang dilansir oleh halaman Health.

Memang, sumber terbesar dari berat badan yang bertambah adalah karbohidrat berlebih sehingga Anda harus membatasi asupan karbohidrat.

Anda bisa memilih roti putih serta makanan panggang untuk sumber karbohidrat. Namun, tetap batasi karbohidrat kompleks seperti yang terkandung dalam buah – buahan, sayuran, serta biji-bijian.

Karena dapat membuat tubuh menjadi kehilangan vitamin dan mineral yang penting. Itu sebabnya banyak orang yang melewatkan makanan sehat untuk menjalankan dietnya.

Apa saja superfood yang terlewatkan diet keto namun bermanfaat bagi tubuh? Check this out!

1.    Wortel

Meskipun diet berarti mengurangi karbohidrat dan makanan berat, sayuran tetap harus menjadi garis depan di piring Anda. Sayuran memiliki serat serta fitonutrien.

Selain itu, sayuran dapat menurunkan resiko penyakit kronis. Ketika diet, sayuran seperti wortel bisa menjadi pilihan Anda karena juga dapat membantu perut tetap kenyang.

Setengah cangkir wortel ukuran kecil atau 6 baby carrot akan menghasilkan sekitar 6 gram karbohidrat, yaitu 10 persen asupan karbohidrat harian yang biasanya 50 gram per hari.

Pantas saja orang-orang yang sedang menjalankan diet keto sangat menghindari wortel karena kandungan karbohidratnya yang relative tinggi.

Meskipun begitu, wortel tidak boleh Anda lewatkan ketika sedang melakukan diet keto. Wortel memiliki kandungan precursor antioksidan untuk vitamin A serta beta karoten sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata dan juga kulit serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2.    Gandum

Kebanyakan orang yang diet akan menjauhi karbohidrat. Sayangnya, kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan energi menurun, gula darah rendah, kelaparan, kelelahan hingga kemurungan.

Oleh karena itu, menjalani diet keto disarankan untuk membatasi asupan biji-bijian karena sekitar 14 gram karbohidrat di setengah cangkirnya merupakan hamper sepertiga kebutuhan karbohidrat tiap hari.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat mengonsumsi gandum atau oat karena makanan ini bukanlah karbohidrat kosong. Degan kandungan protein serta mineral penting, oat dapat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kolestrol.

3.    Pisang

SIapa yang tidak suka pisang? Pisan memiliki kadar glikemik rendah yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam julmlah sedang meski sedang diet keto.

Jangan pikirkan buah sebagai jajanan yang dimakan sesekali tiap harinya karena buah memiliki kandungan penting untuk tubuh.

Pisang mengandung 27 gram karbohidrat, dan pasti berlebihan untuk diet keto. Namun, pisang memiliki kandungan kalium, serat, serta vitamin B6 yang baik untuk tubuh. Apalagi pisang juga menjadi prebiotic yang baik untuk usus.

Baca juga:

Kawah Sikidang yang Tak Bosan Dipandang! Dataran Tinggi Dieng Siap Menyambut

 

4.    Kacang-kacangan

Jika Anda makan secangkir atau setengah lentil matang, maka itu sudah mengandung 60 gram karbohidrat yang pasti melebihi asupan karbohidrat diet keto per harinya.

Sehingga kandungan itu tidak memberikan ruang untuk karbohidrat pada susu, sayuran, biji-bijian atau buah.

Tanpa disadari, secangkir lentil matang ternyata memiliki protein sejumlah 18 gram dan 15 gram serat, mineral, dan tidak mengandung lemak jenuh sehingga makanan ini bagus untuk pembangkit tenaga.

Memang, untuk diet keto makanan ini harus benar-benar dipertimbangkan dan bisa ditambah dengan olahraga.

5.    Kacang Mete

Banyak orang yang menempatkan kacang termasuk ke dalam golongan lemak dan protein. Kacang memang mengandung karbohidrat dalam jumlah tertentu sehingga harus diperhatikan total asupannya.

1 ons kacang mete mengandung 17 miligram asam lemak omega-3 sehat, tidak seperti 1 ons almond yang mengandung 0 mg. Namun, kacang mete diteliti dapat menurunkan kolestrol LDL yang buruk bagi kesehatan.

Menjalankan diet memang harus memperhatikan jumlah asupannya. Namun, bukan berarti makanan sehat lainnya yang baik bagi kesehatan harus dilewatkan.

Kalaupun asupannya berlebih dan tidak sesua dengan target diet keto, seimbangkan dengan berolahraga. Selamat menjalankan diet!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.