Cita Rasa Ottoman Turki, 10 Makanan Khas Istanbul yang Memanjakan Lidah

Apakah Turki adalah salah satu negara yang masuk ke dalam bucket list liburan Anda? Jika iya, maka segeralah wujudkan itu.

Ketika Anda berkunjung ke Turki, ada satu kota yang tak boleh Anda lewatkan. Yaitu, kota Istanbul yang memiliki banyak masjid.

Inilah mengapa Istanbul terkenal di kalangan wisatawan, masjidnya yang mempesona. Bahkan, Istanbul sering dijuluki dengan sebutan kota seribu masjid.

Selain mengeksplore masjid-masjidnya yang luar biasa indah, eksplore pula wisata kulinernya. Istanbul juga kaya akan jajanan yang dapat menggugah selera Anda.

Salah satunya adalah jajanan balik ekmek yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota ini.  Tenang, jajanan Istanbul tak hanya itu kok!. Apa saja? Inilah jajanan khas Istanbul yang wajib Anda coba.

1. Balik Ekmek

Ini dia balik ekmek, jajanan khas seperti sandwich dengan isian ikan gurih, tomat, salad, serta bawang Bombay. Balik Ekmek memiliki tekstur lembut ketika dimakan.

Rasanya gurih dan bisa dipadukan dengan mayonnaise serta saus pedas kesukaan Anda. Dijamin, Anda akan ketagihan!

2. Simit

 

Selain balik ekmek, salah satu jajanan khas yang paling popular di Istanbul sekaligus Turki adalah Simit. Jajanan ini bisa Anda temukan di pinggir kota Istanbul.

Dengan roti bundar yang renyah serta taburan wijen sangrainya membuat makanan ini cocok dengan hamper semua lidah Indonesia. Simit juga sering ditambah dengan minyak zaitun, selai buah, keju, dan cokelat agar rasanya bertambah nikmat.

3. İçli Köfte

Sajian yang satu ini berupa kue legit. Kue ini dibuat dari campuran tepung terigu dengan daun peterseli, kacang pinus panggang, serta daging cincang tentunya. Anda bisa dengan mudah menemukan jajanan ini di pinggir jalan Istanbul hingga gerai restoran lokal.

4. Kestane

Ketika Anda berkunjung di musim dingin, jangan lewatkan jajanan yang satu ini. Aroma kestane yang beterbangan di jalan sekitar Istanbul akan memanggil Anda, apalagi saat musim dingin berlangsung.

Aroma dari chestnut yang baru saja dipanggang ini cocok sekali untuk kudapan penghangat tubuh. Kestane memiliki tekstur yang sangat renyah, apalagi disantap ketika masih hangat.

5. Midye Dolmasi

Ingin jajanan berupa seafood? Midye Dolmasi jawabannya. Jajanan ini terbuat dari kerrang hijau dan disajikan dengan cincangan bawang Bombay, air perasan lemon, serta daun peterseli dan dimasak hingga matang.

Midye Dolmasi bisa dengan mudah Anda temukan dan cocok disantap ketika malam hari.

6. Islak Burger

Hampir setiap kota memiliki jajanan berupa burger. Istanbul memiliki Islak Burger yang terbuat dari roti hamburger dengan isian daging serta saus pedas.

Kemudian, burger akan dikukus hingga berjam-jam sampai tekstur nya lembek dan basah. Burger ini cocok Anda makan Bersama dengan minuman yoghurt khas Turki yang bernama ayran.

7. Dürüm

Dari bentuknya, Dürüm terlihat seperti kebab pada umumnya. Bedanya, hidangan ini terbuat dari irisan tipis daging sapi yang digulung dengan sayur, keju, saus, serta roti lavash yang lembut dan renyah.

Ketika roti lavash dipadukan dengan daging sapi yang gurih, rasanya akan semakin nikmat. Anda akan ketagihan ketika mencoba hidangan yang satu ini.

baca juga:

Diselimuti Teka-teki, Inilah 5 Bangunan Paling Misterius di Dunia

 

8. Kokoreç

Makanan yang satu ini juga sangat popular di Istanbul, lho! Kokoreç terbuat dari potongan-potongan kecil daging domba dan ditusuk sehingga mirip dengan sate.

Lalu, daging akan dibumbui yang selanjutnya untuk dipanggang. Ketika matang, Kokoreç akan disajikan Bersama roti sandwich. Jajanan ini memang sangat mengenyangkan dan nikmat.

9. Kumpir

Kumpir adalah sajian khas Istanbul, yaitu kentang panggang dengan isian topping lezat mulai dari sosis, rus Salatasi, wortel, salad kentang, acar dan kacang polong. Kumpir disiram dengan saus Mayonaise yang akan menambah kenikmatan dari jajanan ini.

10. Tavuk Pilav

Satu lagi jajanan yang bisa mengenyangkan perut, Tavuk Pilav. Jajanan ini merupakan nasi gurih dengan lumuran mentega serta tambahan buncis dan daging ayam suwir.

Membayangkannya saja sudah bisa membuat perut berbunyi. Anda juga dapat menambah saus pedas serta irisan daging yang gurih agar citarasa semakin bertambah.

Anda harus mencoba semua jajanan ini ketika berkunjung ke Istanbul. Saking banyaknya, Anda tidak perlu khawatir akan kebosanan saat berwisata kuliner setiap harinya. Jajanan mana yang menarik di mata Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.