Cicipi yuk, 6 Makanan yang Hanya Bisa Dijumpai di Malaysia

Negeri Jiran atau Negara Malaysia adalah salah satu Negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia. Negara Malaysia merupakan Negara yang memiliki suku beragam. Suku terbesarnya adalah Melayu, Cina, dan India. Beberapa etnis lainnya juga ada seperti Thailand dan Arab.

Oleh karena itu, beberapa masakan khas Malaysia merupakan hasil perpaduan kuliner dari berbagai suku, terutama ketika suku terbesarnya. Keunikan ini membuat Malaysia memiliki banyak kuliner yang wajib untuk dicoba bagi para wisatawan yang berkunjung. Apa saja makanan khas dari Negeri Jiran? Simak pembahasannya berikut ini.

1.Bak Kut Teh

Masakan yang pertama adalah masakan seperti sup dengan tulang iga babi dan kuah yang kaya akan rempah-rempah. Bak Kut Teh disajikan dengan sangat unik. Selain itu, kuah dari masakan ini terdiri akan banyak jenis seperti kuah bening, kuah asam, dan kuah gelap. Meskipun berbeda, cita rasa yang dimiliki tetap tidak akan hilang.

Makanan ini merupakan masakan khas Malaysia yang tercampur dengan khas Tionghoa. Bagi Anda yang muslim, tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada Bak Kut Teh yang halal karena bahan dasarnya sudah diganti.

2.Ayam Percik

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya dan diolah dengan bumbu rempah-rempah. Ayam tersebut direndam dalam bumbu penuh rempah lalu diolah dengan cara dipanggang.

Mengapa diberi nama ayam percik? Karena ketika ayam dipanggang, ayam akan dipercikkan bumbu tambahan yang akhirnya nama dari masakan ini adalah ayam percik. Sungguh unik, bukan? Tidak selesai disitu saja, ayam yang sudah terlihat sedikit hangus dipinggirnya akan diberi baluran saus yang akan menambah aroma dan kenikmatannya.

Ayam percik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu ayam percik Kelantan yang menggunakan campuran santan sebagai bumbunya, dan ayam percik Trengganu yang lebih pedas karena tambahan bumbu cabai.

3.Ayam Pongteh

Salah satu kuliner khas lainnya yang menggunakan bahan dasar ayam adalah ayam pongteh. Sekilas, ayam pongteh terlihat seperti semur ayam dengan kuahnya yang coklat kemerahan. Anda bisa menjumpai masakan ini di Malaysia dan Singapura.

Masakan ayam pongteh menggunakan kuah kental serta tambahan kentang dan jamur shitake. Kalau soal rasa sudah tidak diragukan lagi. Ayam pongteh memiliki aroma yang menggugah selera. Selain itu, masakan ini menggunakan tauco saat dimasak sehingga cita rasa menjadi lebih khas.

4.Cekodok

Makanan yang satu ini memang membuat orang sering bingung karena namanya yang mirip dengan kata ‘kodok’. Namun, cekodok ini sejatinya adalah gorengan khas asal Malaysia.

Cekodok memiliki bentuk yang hampir bulat dan menggunakan bahan isian seperti udang, labu, ikan, dan yang lainnya sehingga cekodok bisa dibilang gorengan kaya gizi.

Tekstur dan rasa dari cekodok sendiri akan berbeda sesuai dengan jenisnya. Sekilas memang terlihat layaknya gorengan Indonesia pada umunya. Cekodok lebih nikmat ketika disandingkan dengan kopi atau teh di pagi hari.

5.Char Kway Teow

Char Kway Teow adalah masakan khas Malaysia yang berupa sejenis kwetiau goreng. Bumbu dari Char Kway Teow sendiri cukup mudah untuk ditemukan seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan, serta sambal.

Char Kway Teow juga dilengkapi oleh bahan lainnya yaitu udang, kerang, sosis, tauge, bakso ikan, telur, daun kucai, bahkan daging kepiting.

Bahan dalam sepiring kwetiau ini penuh dengan gizi baik namun memiliki kandungan lemak yang tinggi. Selain Malaysia, Char Kway Teow juga bisa Anda temukan di Singapura.

Baca juga:

Oleh-oleh Kekinian, Yuk Borong 5 Produk Khas Bali yang Sedang Hits

 

6.Kek Lapis Sarawak

Malaysia juga memiliki kue lapis layaknya di Indonesia yang bernama kek lapis Sarawak. Kue lapis ini merupakan kue khas Malaysia yang berasal dari Sarawak. Dari segi visual, kue ini memiliki tampak dengan warna unik dan kreatif sehingga dapat menarik mata.

Kek lapis Sarawak membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra dalam proses pembuatannya. Pewarnaan kue yang sangat indah juga dibutuhkan keahlian khusus agar terlihat rapi.

Biasanya, kue ini menjadi sajian saat acara penting seperti acara syukuran, ulang tahun, dan hari raya keagamaan. Anda juga bisa menjadikan kue lapis ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Malaysia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.