Cepat Dibuat dan Lezat! 5 Sajian Mie Goreng untuk Berbuka Puasa

Siapa sih yang tidak suka dengan mie? Mie adalah makanan yang sangat praktis untuk dimasak. Tentu saja juga praktis untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Mie goreng yang dipadukan dengan bumbu gurih tentuu akan membuat menu berbuka menjadi lebih nikmat.

Mie terdiri atas banyak macam. Dari segi bahan, ada mie yang terbuat dari tepung terigu hingga ada yang terbuat dari shirataki yang sehat.

Untuk menu olahan mie goreng di bawah ini tentu dalam versi yang lebih sehat dan bisa dibuat di rumah.

Anda bisa berkreasi dengan mie olahan Anda seperti menambahkan udang, telur, atau potongan daging ayam yang menggugah selera.

Apa saja mie goreng favorit keluarga yang cocok untuk berbuka? Simak berikut ini

1.    Mee Goreng Mamak

Pernah mendengar varian mie yang satu ini? Mie ini merupakan mie goreng dari Malaysia yang bisa membuat perut lebih kenyang. Bagaimana bisa?

Mie yang digunakan adalah mie hokkian lalu dipadukan dengan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan rasa gurih serta pedas. Tambahkan pula acar timun dan cabai rawit untuk menambah rasa segar dan pedas.

Agar lebih bervariasi, tambahkan potongan bakso ikan, telur, dan bakso udang. Selain nikmat, topping yang bervariasi akan membuat porsi menjadi lebih banyak dan mengenyangkan.

Bahan yang dibutuhkan yaitu mie hokkian, minyak sayur, bawang merah dan putih, bakso ikan, bakso udang, serta sawi hijau dan telur. Sedangkan untuk saus, campurkan cabai giling, saus tomat, terasi goreng, gula pasir, merica bubuk dan garam. Cukup mudah didapat, bukan?

2.    Oseng Mie Rawit

Selanjutnya ada Oseng Mie Rawit. Sesuai Namanya, mie goreng ini dipadukan dengan rawit yang pedas. Cocok untuk Anda yang suka dengan makanan pedas.

Selain itu, mie diberi tambahan potongan sawi. Bisa juga tambahkan dengan bakso sapi dan taburan bawang goreng agar lebih gurih dan mantap.

Apalagi mie telur ini dipadukan dengan bumbu-bumbu yang membuat rasanya semakin gurih.

Untuk membuat Oseng Mie Rawit, cukup tumis semua bumbu hingga halus. Jangan lupa masukkan cabai, sawi, dan daun bawang secukupnya hingga layu.

Tambahkan bakso dan tambahan lainnya. Masukkan kecap manis, saus tiram, serta kaldu. Terakhir adalah mie lalu aduk merata dan angkat.

Taburkan bawang merah goreng, Oseng Mie Rawit siap disajikan.

3.    Tumis Shirataki

Mie Jepang yang satu ini kaya akan serat sehingga cocok untuk Anda yang sedang mengikuti pola hidup sehat dan sedang menghindari konsumsi gluten.

Apalagi mie ini tidak menggunakan tepung terigu, tentu saja akan menjadi lebih sehat. Di dalamnya terdapat jamur shirataki yang nikmat.

Mie ini ditumis dengan pelengkap lainnya mulai dari daging sapi shabu-shabu, telur, dan juga sayuran sesuai dengan selera Anda.

Gunting shirataki yang sudah direbus agar lebih mudah dimakan. Masukkan daging dan telur kocok. Lalu, masukkan saus tiram, merica, kecap manis, dan garam agar rasa semakin sedap.

Lalu masukkan shirataki, sawi, wortel dan aduk hingga layu. Setelah matang, tambahkan daun bawang dan seledri serta minyak wijen secukupnya. Tumis Shirataki siap disajikan dalam keadaan hangat.

4.    Pad Thai

Masakan Thailand memang memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya Pad Thai. Tidak perlu jauh-jauh ke restoran, Anda bisa membuat Pad Thai ala rumahan sendiri. Manfaatkan saja bahan-bahan yang ada di rumah.

Mie khas Thailand ini menggunakan racikan yang khas dengan bumbu pedas serta paduan udang dan tahu goreng sehingga lebih mantap.

Mie yang digunakan adalah mie beras kering. Setelah mie diseduh, tiriskan dan mulai membuat bumbunya. Anda perlu menumis bawang putih dan merah hingga wangi.

Setelah itu, masukkan udang hingga berubah warna. Tambahkan pula cabai kering, air jeruk, saus tiram, merica, air asam serta garam dan aduk hingga rata.

Setelah ditambahkan air hingga mendidih, masukkan mie beras, telur, serta tahu lalu sajikan dengan tambahan bahan taburan.

baca juga:

Bukan Foto Editan, Pantai Berpasir Pink dan 7 Destinasi Keren di Kepulauan Nias

 

5.    Mie Goreng Instant Crunchy Chilli

Mie instant ternyata bisa dibuat sajian special ala restoran, lho! Tambahkan udang, bumbu racikan, telur ayam dan beberapa sayuran kesukaan Anda ke dalam mie goreng ini. Dijamin, keluarga  Anda pasti suka!

Untuk menu yang satu ini, cara membuatnya cukup mudah. Masukkan mie instant dan bawang putih hingga hampir lunak.

Masukkan sawi lalu angkat dan tiriskan. Aduk bumbu mie instant dengantambahan gohcugaru (cabai bubuk) dengan kecap manis.

Masukkan mie yang sudah ditiriskan sebelumnya bersama bawang putih cincang. Selagi panas, aduk hingga rata. Sajikan dengan taburan serundeng pedas, udang, dan telur.

Bagaimana? Beberapa menu mie di atas bisa Anda jadikan referensi untuk menu berbuka maupun sahur praktis ketika berpuasa.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi mie terlalu banyak tentu saja tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, tetap bijak setiap mengonsumsi mie. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.