Bukan Cuma Sushi dan Ramen, 8 Makanan Jepang Ini Wajib Kamu Cicipi

Saat berkunjung ke Jepang, seseorang merasa kurang lengkap tanpa menyantap hidangan sushi dan ramen dari negara asalnya.

Namun, pada kenyataanya, kuliner di Jepang sangatlah beragam dan kedua makanan tersebut tidak dapat sepenuhnya mewakili keunikan sajian Jepang yang khas.

Bila berencana liburan ke Jepang, persiapkan diri untuk menikmati makanan Jepang yang pilihannya tiada akhir. Jangan lupa kenakan baju longgarmu supaya acara makan-makan bisa lebih leluasa dan nyaman.

 

1. Sukiyaki dan Shabu Shabu

nhk.or.jp

 

Perbedaan utama dari dua makanan ini adalah sukiyaki biasanya dimasak dalam kaldu yang manis dan asin dengan rasa yang kuat sementara shabu shabu adalah daging yang direbus dalam kaldu berbasis rumput laut yang bening.

Keduanya termasuk makanan yang berkelas di Jepang karena jumlah daging yang banyak. Jadi, persiapkan dana dengan baik karena bisa jadi harganya sangat malah.

Sukiyaki yang khas bisa ditemukan di wilayah Kanto dan Kansai, sementara restoran shabu shabu pertama dapat ditemukan di Osaka dan untuk pilihan berbintang Michelin dapat dijumpai di Tokyo.

 

2. Katsudon

ryukoch.com

 

Dari segi estetika, katsudon mungkin bukan pilihan pertama tapi rasanya sangat enak. Dibuat dengan nasi serta bawang, potongan daging goreng dan telur yang dituang di atasnya.

Hidangan ini menjadi tradisi siswa Jepang yang disantap pada malam sebelum melaksanakan ujian.

Karena ‘katsu’ juga berarti menang. Katsudon bisa diperoleh di hampir semua restoran khas Tonkatsu dan rantai makanan cepat saji Katsuya.

 

3. Omurice

cookingwithdog

 

Omurice (versi singkat ‘omelet dan nasi’) biasanya dicampur dengan saus tomat, diisi dengan ayam, nasi dan sayuran dan dibalut dengan telur dadar sederhana.

Ada banyak restoran yang menyediakan omurice, dengan variasi favorit termasuk saos demi-glace, nasi taco atau hot dog goreng. Omurice menjadi menu sarapan populer di kafe retro Jepang atau kissaten.

 

4. Unagi (belut)

fun-japan.jp

 

Bagi yang bukan penggemar makanan laut tetapi tidak ingin melewatkan masakan ikan Jepang, unagi sangat sempurna karena tekstur dan baunya memiliki banyak kesamaan dengan daging daripada makanan laut.

Uadon adalah belut bakar dalam semacam saus teriyaki yang diletakkan di atas nasi yang mengepul.

Unagi yang enak dapat ditemukan di Omiya di Prefektur Saitama, and Hamamatsu di Prefektur Shizuoka.

 

5. Onigiri

resepkoki.id

Pelancong tidak dapat meninggalkan Jepang tanpa mencicipi onigiri. Bola nasi yang sederhana ini biasanya diberikan isian di dalamnya dan berbentuk segitiga.

Seringkali onigiri dibungkus dengan rumput laut yang menambah kerenyahan. Cobalah sajian onigiri di restoran khusus onigiri atau datang langsung ke toko serba ada dan pengunjung bisa langsung mengambil secara acak di rak.

baca juga:

Penampilan Trendi Saat Liburan Tanpa Bawa Banyak Tas dan Koper, Ini 8 Tipsnya

 

6. Melonpan

cookingwithdog

Roti Jepang yang unik, melonpan (‘Roti melon’) adalah roti manis yang dilapisi adonan kue berbentuk melon yang tidak benar-benar terasa seperti melon.

Varian melonpan yang sering ditemukan adalah karamel, cokelat atau isian custard. Melonpan bisa dibeli dimana saja mulai dari kafe-kafe mewah hingga toko serba ada.

 

7. Anko (pasta kacang merah)

justonecookbook

Seperti banyak bahan yang digunakan dalam membuat manisan tradisional Jepang, anko (pasta kacang merah / adzuki) tidak begitu manis dan teksturnya terkadang tidak sesuai dengan lidah pelancong dari luar Jepang.

Namun bagi yang tidak bermasalah pada pemesanan pertama, mereka dapat melanjutkan petualangan dengan mencoba berbagai hidangan terkait.

Seperti dorayaki yang diisi dengan anko, taiyaki dengan isi anko tradisional dan juga puding, coklat serta matcha, atau anmitsu yang terbuat dari agar-agar yang diberi topping anko dan buah-buahan.

Untuk pertama kalinya, pelancong bisa mencoba anko kalengan yang bisa ditemukan di banyak supermarket di Jepang.

 

8. Makanan musiman

minamirestaurant

 

Jepang memiliki empat musim dan masing-masing musim menawarkan sajian khas yang layak untuk dicoba.

Musim sakura, biasanya berlangsung mulai pertengahan Februari hingga awal April, menyajikan kuliner yang bertema sakura.

Sementara awal musim panas adalah waktu terbaik untuk menikmati mangga dan ceri. Untuk musim Natal, cobalah stroberi di setiap sajian kue natal.

Pada dasarnya, selalu ada makanan musiman yang bisa ditemukan di Jepang. Makanan tersebut akan menghilang saat musim berakir dan akan kembali lagi pada tahun berikutnya.

Jepang memang surga bagi pecinta kuliner. Jika kamu termasuk salah satunya, catat baik-baik semua daftarnya dan nkmati kuliner tanpa batas di Negeri Sakura yang indah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.