Buka Bersama ke Restoran Jepang, Apa saja Menu Halalnya?

Di bulan puasa ini, tentu setiap orang muslim akan berpuasa sebulan lamanya. Maka makanan halal adalah makanan yang paling banyak dicari.

Jika di Indonesia, pasti mudah menemukan makanan halal. Namun, bagaimana dengan Jepang?

Ketika Anda berwisata sekaligus menyambut bulan puasa di luar negeri, maka makanan bisa menjadi salah satu tantangan.

Apalagi gizi tubuh harus selalu seimbang agar puasa lancar dan tidak mudah kelelahan. Sebagai wisatawan asing, tentu cukup sulit mencari makanan halal terutama di negara yang mayoritas non muslim seperti Jepang.

Meskipun begitu, ternyata Jepang memiliki beberapa jenis makanan halal yang mudah Anda temukan. Apa saja? Simak berikut ini

1.    Onigiri

Makanan yang satu ini pasti sudah Anda ketahui. Onigiri juga mudah ditemukan di Indonesia. Makanan ini sering muncul di anime atau film Jepang, hingga supermarket.

Jika Anda ingin mencari onigiri asli Jepang, maka carilah yang berkomposisi dari bahan halal seperti nasi, umeboshi atau buah plum, salmon panggang, dan rumput laut.

Sebelum membeli, perhatikan dulu bahan yang ada dalam Onigiri tersebut.

2.    Soba

Mie soba merupakan mie khas Jepang yang terbuat dari gandum hitam dengan tekstur cukup kasar serta tebal. Mie ini juga bisa disajikan dengan cara dingin.

Biasanya, mie soba disajikan dengan saus Wasabi serta Tsuyu. Anda bisa membeli mie soba halal di restoran Narita-Ya (Halal Ramen) yang berada di Tokyo.

Restoran ini tak hanya menyajikan mie soba, namun juga menu khas Jepang lainnya. Bahkan ada tempat khusus untuk sholat, lho!

3.    Udon

Udon juga makanan berbentuk mie yang terbuat dari tepung gandum dengan campuran bahan lainnya.

Bahan campuran dari Udon adalah garam, jahe, air, rumput laut atau Nori serta Sup Dashi (dari kaldu ikan).

Makanan ini cukup popular di daerah-daerah Jepang, sehingga Anda akan dengan mudah menemukan makanan ini.

4.    Yakiniku

Yakiniku juga cukup popular di Indonesia. Namun, cita rasanya akan lebih otentik jika langsung dicicipi dari negara asalnya.

Lazimnya, makanan ini menggunakan bahan dasar daging ayam dan sapi dengan tambahan bumbu. Salah satu restoran yang bisa Anda kunjungi adalah Zerohachi Matsuyamachi Yakiniku.

Di sini menyediakan hidangan Yakiniku berbahan daging sapi segar lalu dilumuri bumbu super lezat. Lokasinya berada di Osaka, Jepang.

baca juga:

Puas Belanja Barang Branded? Yuk, Melipir ke 10 Pantai Tercantik di Kota Batam

 

5.    Yakizakana

Bosan dengan Yakiniku? Anda bisa mencicipi makanan halal yang satu ini. Yakizakana merupakan versi lain dari Yakiniku, yakni menggunaka bahan dasar ikan.

Ikan akan dibakar lalu diberi bumbu saus yang lezat. Saus bisa bervariasi mulai dari Shioyaki, Teriyaki, dan Kushiyaki.

Makanan ini tidak sulit untuk ditemukan. Anda dapat menemukan Yakizakana di supermarket serta restoran Jepang.

6.    Shabu

Shabu menggunakan bahan dasar daging sapi yang diolah dengan cara direbus dalam air kaldu mendidih dengan tambahan sayuran atau telur.

Salah satu restoran Jepang yang menyediakan makanan halal ini adalah Matsugen Ebisu. Restoran ini menyajikan shabu yang tidak biasa, melainkan dengan menggunakan daging sapi sirloin berkualitas sehingga wajib Ada coba.

7.    Sukiyaki

Masakan halal selanjutnya adalah Sukiyaki. Sukiyaki menggunakan bahan halal yang direbus dalam panci hingga matang.

Menu ini tak sulit untuk Anda temukan di Jepang. Salah satu restoran yang menyediakan hidangan ini adalah Asakusa Imahan. Sukiyaki di restoran ini memiliki rasa yang enak dan khas.

8.    Yakitori

Jika dilihat dari bentuknya, Yakitori bisa dibilang sebagai sate ayamnya Jepang. Bahan dasarnya adalah daging ayam yang ditusukkan ke tusukan kayu bersamaan dengan sayuran serta dimasak dan dilumuri bumbu.

Anda dapat menikmati Yakitori di berbagai restoran, salah satunya Birdland. Restoran ini memiliki Yakitori yang lezat dengan sajian yang berbeda yaitu daging ayam fillet dan lumuran saus kemangi.

9.    Tempura

Salah satu restoran yang menyediakan makanan halal adalah Matsugen Ebisu. Di sini Anda harus mencoba tempura.

Tempura merupakan makanan bahan dasar daging atau udang yang digoreng tepung dengan cita rasa yang krispi.

Bedanya, tempura di sini diolah dengan cara unik karena menggunakan minyak wijen yang berkualitas untuk proses penggorengan.

10.  Chanko Nabe

Pernah mendengar Chanko Nabe? Makanan ini versi laindari Sukiyaki karena bahan hingga cara makannya pun hampir sama dengan hidangan Sukiyaki.

Chanko Nabe dimasak dengan kuantitas bahan yang cenderung lebih banyak dari Sukiyaki. Bahkan, Chanko Nabe menjadi makanan wajib pesumo untuk menggemukkan badan.

Salah satu restoran yang menyediakan hidangan ini adalah Chanko Tomoegata.

Semoga dari rekomendasi di atas akan mempermudah Anda untuk makan ketika berada di Jepang di bulan puasa maupun tidak. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.