Bosan Jajan Itu-itu Saja! Cobain 5 Jajanan khas Jepang yang Mudah Dibuat

Selain kuliner khas Indonesia, kebanyakan masyarakat Indonesia juga cocok dengan kuliner khas Jepang. Buktinya, ada banyak restoran bahkan warung makan yang menyediakan masakan Jepang sebagai menu andalannya.

Memang, kuliner Jepang memiliki sisi yang menarik di mata tiap pecinta kuliner. Apalagi dengan rasa yang segar dan juga bumbu masakannya yang menggugah selera sehingga tidak dapat ditolak oleh siapapun.

Makanan asal Negeri Sakura ini ternyaa tak hanya bisa Anda temukan di restoran, lho! Daripada keluar masuk restoran setiap ingin masakan Jepang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apa saja hidangan khas Jepang yang mudah dibuat sendiri di rumah? Mari kita simak berikut ini.

1. Okonomiyaki

Masakan pertama yang wajib Anda coba di rumah adalah Okonomiyaki. Seperti yang bisa dijumpai di beberapa restoran, Okonomiyaki berbentuk seperti panekuk yang sangat gurih.

Masakan ini terbuat dari kubis dan protein yang berasal dari daging dan boga bahari. Lengkap dengan topping mulai dari biji wijen dan daun bawang.

Varian okonomiyaki yang paling popular di Jepang adalah versi Osaka dan Hiroshima. Jika versi Osaka menggunakan topping yang dicampur, berbeda lagi dengan versi Hiroshima yang ditambah dengan mie serta Teknik memasak yang dimasak tiap lapisannya.

2. Dorayaki

Dorayaki pasti sudah banyak diketahui oleh orang-orang, apalagi dari film Doraemon karena makanan ini menjadi favorit dari robot kucing tersebut.

Panekuk yang satu ini bisa dibuat dengan mudah di rumah Anda. Isiannya berupa selai kacang merah sehingga cita rasanya menjadi manis. Teksturnya sendiri sangat lembut. Jika Anda tahu kue spons castella, maka teksturnya mirip seperti itu.

3. Onigiri

Siapa pecinta onigiri? Masakan khas Jepang ini sangat mudah ditemukan di mana-mana dalam versi cepat saji. Jika belum pernah, Anda bisa melihatnya di internet atau di komik-komik Jepang.

Onigiri adalah kuliner tradisional Jepang yang terbuat dari nasi kepal yang dibentuk segitiga. Pembuatannya menggunakan tangan, lho!

Lalu kemudian dibungkus dengan rumput laut kering yang sering disukai banyak orang. Bentuknya yang pas dan mudah dibawa ke mana-mana membuat onigiri menjadi pilihan dikala perut lapar. Pantas saja onigiri laris manis di pasaran. Kini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

4. Tempura

Siapa sih yang belum pernah merasakan sajian lezat yang satu ini? Rata-rata semua restoran Jepang memiliki menu tempura sebagai menu yang sering dipesan.

Kini, daripada Anda membeli dengan harga yang lumayan di restoran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup mudah, lho! Siapkan saja sayuran yang beragam jenis beserta boga bahari.

Lalu baluri dengan tepung dan goreng hingga matang berwarna coklat keemasan. Rasanya sangat gurih saat hangat apalgi ditambah dengan saus cocolan yang manis. Cocok sekali untuk cemilan di rumah saat bersantai.

5. Ramen

Ramen adalah masakan yang pasti disukai oleh para pecinta kuliner Jepang. Bahkan, ramen sudah ada dalam versi instantnya, lho! Memang akan mempermudah Anda ketika ingin ramen dalam versi lebih murah dan tidak perlu pergi ke restoran.

Namun, daripada menyantap yang instant karena kurang sehat, Anda bisa membuatnya langsung di rumah. Mie yang dipakai adalah mie gandum sedangkan kuahnya kaldu daging.

Setelah siap, taburi dengan daun bawang dan topping yang Anda sukai seperti daging, telur, rumput laut, dan topping favorit Anda lainnya.

Baca juga:

Melancong ke Jerman, Cicipi Makanan Otentik yang Cocok Lidah Nusantara

 

6. Sup Miso

Sebagai masakan yang sering disajikan sebagai hidangan pembuka, Sup Miso sering menjadi hidangan terlaris di restoran Jepang.

Sup ini dibuat dari kacang kedelai fermentasi yang bernama Miso. Anda bisa membuatnya dengan tambahan rumput laut dan tahu agar lebih mengenyangkan.

Ada masih banyak lagi masaka Jepang yang bisa Anda kreasikan di rumah Bersama saudara dan kerabat tersayang. Memasak masakan Jepang di rumah juga dapat menghemat pengeluaran Anda karena rata-rata restoran Jepang lebih mahal dari restoran khas Indonesia.

Selain itu, masakan Jepang juga kebanyakan cocok dengan lidah Indonesia. Jadi, jangan lupa untuk ajak sanak saudara saat mencobanya. Selamat memasak!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.