Bingung Kuliner Apa di Solo? Yuk Intip Restoran Langganan Presiden Jokowi!

Siapa di antara kita yang suka travelling? Peminat travelling mengalami peningkatan dari waktu ke waktu mengingat liburan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Berbagai kota pun menjadi destinasi favorit ketika liburan tiba, contohnya adalah Solo.

Nama Kota Solo memang semakin sering dibicarakan akhir-akhir ini karena kehadiran Presiden kita yang berasal dari kota ini.

Keunikan Solo pun bukan hanya dari budaya Jawa-nya yang kental namun juga kulinernya. Ternyata banyak restoran di Solo yang sempat menjadi langganan Pak Joko Widodo lho!

Berikut adalah beberapa restoran langganan Jokowi di Solo yang harus kita kunjungi:

1.    Timlo Sastro

Bukan berlibur ke Solo namanya kalau belum menikmati nikmatnya Timlo. Timlo merupakan kuliner khas Solo, di mana isian dari timlo adalah irisan telur, ati ampela, sosis, serta irisan daging ayam.

Kuah hangat dari timlo inilah salah satu alasan kenapa banyak warga Solo ataupun wisatawan menyukai kuliner satu ini. Harga dari Timlo Sastro ini juga bersahabat, yaitu mulai dari Rp.7.000,- saja.

2.    Soto Gading

Soto adalah salah satu kuliner yang bisa kita temui di mana saja, termasuk di Kota Solo. Ketika kita akan memilih soto pun sebaiknya tidak sembarangan.

Soto ini sudah berdiri sejak tahun pada 1974 silam oleh Siswo Martono dan diteruskan oleh anak cucunya hingga sekarang. Salah satu ciir khas dari Soto Gading adalah kuahnya yang kental dan banyak taburan bawang putih serta bawang merah goreng.

Dijamin kita sudah kenyang menyantap soto satu ini karena sudah dilengkapi dengan soun yang membuat soto ini juga terlihat lebih lezat.

3.    Ayam Goreng Mbah Karto

Bukan rahasia lagi pastinya jika ayam goreng menjadi salah satu makanan favorit untuk banyak orang, termasuk untuk keluarga Jokowi.

Restoran ayamgoreng satu ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an sehingga tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

Ayam kampung yang dipilih pun tidak sembarangan karena Ayam Goreng Mbah Karto ini selalu menggunakan ayam kampung muda sehingga dagingnya tidak terasa alot.

4.    Rujak Cingur Prabu

Meskipun rujak cingur adalah salah satu kuliner khas Jawa Timur, kita juga bisa mendapatkannya di Solo. Kelezatan rujak cingur Prabu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena bumbu kacangnya yang terasa gurih. Irisan cingur pada rujak ini pun jumlahnya cukup banyak dan dijamin kita akan puas ketika menyantapnya. Kita bisa mendapatkan Rujak Cingur Prabu ini hanya seharga Rp.14.000,- saja.

5.    Nasi Liwet Bu Sarmi

Siapa yang tidak kenal dengan nasi liwet? Nasi liwet juga merupakan salah satu kuliner khas Solo yang dikenal aan rasa gurihnya.

Menyantap nasi liwet ini memang seru karena kita bisa mendapatkan lauk dan sayur secara bersamaan. Lokasi Nasi Liwet Bu Sarmi ini cukup mudah untuk ditemukan karena berada di Pasar Kliwon yang memang sering dikunjungi para wisatawan.

Seporsi Nasi Liwet Bu Sarmi ini bisa kita dapatkan mulai daari harga Rp.8.000,- hingga Rp.15.000,- saja.

baca juga:

6 Agenda Liburan Natal di Singapura yang Sayang Jika Dilewatkan

 

6.    Gudeg Ceker Mbak Yus

Gudeg memang salah satu kuliner khas Yogayakarta, namun Kota Solo juga tidak mau ketinggalan dalam mengenalkan gudeg terbaiknya.

Berbeda dengan gudeg lainnya, lauk utama dari Gudeg Ceker Mbak Yus ini adalah ceker dan kita bisa minta berapa banyak ceker yang dimau.

Perlu diingat kalau Gudeg Ceker Mbak Yus ini buka pada malam hari saja, tepatnya mulai pukul 21.00.

7.    Bakmi Djawa Radjiman

Siapa di antara kita yang suka makan Mie Jawa? Seperti namanya, kuliner yang satu ini memang kuliner khas Jawa dan juga bisa kita temukan di Solo.

Berbeda dengan mie Jawa di restoran lain, Bakmi Djawa Radjiman ini menggunakan anglo sehingga cita rasanya lebih terasa.

Tentunya Mie Jawa ini akan lebih nikmat ketika kita menyantapnya selagi hangat. Untuk mendapatkan seporsi Mie Jawa Radjiman ini kita hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp.22.000,-.

Menarik bukan beberapa restoran terbaik di Solo yang disebutkan barusan? Liburan di Solo tentunya tidak akan afdol sebelum kita menikmati berbagai kuliner Solo yang sulit ditemukan di kota lain, Yuk berlibur ke Solo!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.