Bikin Status Viral di Medsos, 6 Kuliner Kekinian Jogja untuk Menu Berbuka Puasa

Selain terkenal dengan wisatanya yang ikonik, Jogja ternyata memiliki beragam wisata kuliner yang wajib Anda coba.

isa dibilang, semua jenis kuliner bisa Anda temukan di Jogja. Mulai dari yang bercita rasa manis, gurih, hingga pedas.

Apalagi ini adalah bulan Ramadhan, bulan dimana umat muslim berpuasa. Tentu saja akan ada banyak menu berbuka yang dijual di sana sini, termasuk Jogja.

Berbukalah dengan yang manis, begitu katanya. Namun, menu berbuka yang akan Anda makan harus  semuanya bercita rasa manis.

Anda bisa memilih menu berbuka yang rasanya gurih serta menggugah selera. Jika Anda berada di kawasan Jogja, tidak ada salahnya jika berbuka sambil berwisata kuliner.

Oleh karena itu, simak beberapa kuliner kekinian Jogja yang cocok untuk menu berbuka. Check this out!

1.    Bakso Klenger

 

Dari Namanya saja sudah bisa dibayankan betapa nikmatnya bakso yang satu ini. Bakso memiliki kuah yang hangat dan gurih, cocok untuk menu berbuka apalagi ditemani dengan es teh atau teh hangat.

Bakso Klenger versi Jogja berbeda dengan bakso pada umumnya, yaitu terletak pada ukurannya yang beragam.

Mulai dari ukuran normal, hingga yang besar dengan berat 20 kg! Berbuka di Bakso Klenger bisa menjadi ajang berbuka Bersama teman-teman karena porsinya yang besar.

Harganya cukup terjangkau. Bakso porsi biasa dibandrol seharga 15 ribu rupiah, ukuran 5XL seharga 600 ribu rupiah, serta 20XL dengan berat 20 kg seharga 2,8 juta rupiah. Waw!

Bakso Klenger bisa Anda temukan di Jl. Wahid Hasyim No. 296 Nologaten, Yogyakarta atau di Jl. Perumnas, Mundusaren, Sleman, Yogyakarta.

2.    Mie Kepang

Menu Mie Kepang adalah salah satu kuliner kekinian yang sedang hits di Jogja. Mie kepang adalah sebutan dari mie keju panggang.

Hidangan ini dibandrol dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai dari 2 ribu hingga 28 ribu rupiah. Murah, bukan? Mie Kepang bisa Anda temukan di Jl. Kusumanegara, Jogja.

3.    Dah Makan Eat Fresh Everyday

Kuliner yang satu ini pasti sudah pernah Anda dengar, bukan? Dah Makan Eat Fresh Everyday adalah restaurant kekinian yang menyediakan beragam macam menu yang nikmat dan menggugah selera.

Salah satu menu paling hitsnya adalah menu Rainbow Rolling Cheese. Menu ini berisi nasi, ayam serta keju yang berwarna warni.

Bayangkan saja, Anda akan berbuka dengan ayam serta lelehan keju pelangi yang memanjakan mata.

Menu di restoran ini dibandrol dengan harga mulai dari 30 ribu hingga 65 ribu rupiah. Bagi yang porsi besar, tentu bisa sharing bersama teman. Dah Makan Eat Fresh Everyday berada di Jl. Perumnas Seturan No. 141c Mundu Saren, Jogja.

4.    Es Kepal Meler

Es Kepal memang sempat ngehits beberapa saat lalu, namun popularitasnya masih tetap tinggi di kalangan kuliner es.

Sembari menunggu menu utama, nikmati saja dulu es kepal meler yang manis. Menu ini dapat mengembalikan energi setelah puasa seharian untuk menahan dahaga dan lapar.

Topping saus dari es ini adalah greentea hijau yang menggoda.

Soal harga tidak perlu khawatir. Satu mangkuk es kepal dibandrol dengan harga 12 ribu hingga 20 ribu rupiah. Lokasinya berada di Jl. Kaliurang Km 6, Jogja.

5.    Kedainya Pak Sholeh

Ingin mencoba menu yang anti mainstream? Coba saja ke Kedainya Pak Sholeh. Kedai ini dikenal dengan bumbu pedas pada ayamya yang banyak dan tidak pelit.

Anda bisa memilih ayam utuh, dada, atau bisa paha dengan bumbu rujak khasnya.

Harganya cukup terjangkau, yaitu 15 ribu rupiah untuk dada, serta 60 ribu rupiah untuk ayam utuh. Kedainya Pak Sholeh berada di Jl. Kadisoka, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Baca juga:

6.    Leker Baper

Jajanan yang satu ini memang sudah mainstream dan mudah ditemukan. Namun, Leker Baper memberikam menu leker yang cukup berbeda dan anti mainstream.

Anda bisa memilih topping sesuka hati mulai dari yang manis, hingga yang gurih. Leker Baper sama sekali tidak pelit topping, lho!

Lokasinya berada di Jl. Manggis, Klebengan, CT 8 A / 1. Ada juga di Jl. Babarsari Jogjakarta serta Jl. Prawirokuat No 172 Jogjakarta.

Tidak ada penghalang untuk berwisata di bulan puasa, termasuk wisata kuliner. Anda bisa berbuka sambil mengeksplore kuliner yang ada di tempat Anda berada. Dari beberapa menu di atas, menu mana dulu yang akan Anda coba?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.