Berlibur di Pacitan, Jangan Lupa Mencicipi Kuliner Terbaiknya!

Membicarakan Pacitan memang tidak ada habisnya mengingat keindahan alam kota ini yang tidak kalah dengan kota lainnya di Indonesia. Pacitan juga salah satu kota di Jawa Timur yang selalu ramai akan wisatawan, terlebih ketika musim liburan tiba.

Apabila kita ingin berlibur ke Pacitan, tentunya kita juga tidak boleh melewatkan berbagai kuliner khas Pacitan yang dikenal akan kelezatannya.

Belum tentu bisa menikmati kuliner khas Pacitan ini di lain tempat kan? Yuk simak beberapa kuliner khas Pacitan berikut!

Kupat Tahu Pacitan

Kupat tahu memang lebih identik dengan Kota Magelang, namun kupat tahu dari Pacitan ini juga tidak kalah kelezatannya lho!

Keunikan Kupat Tahu Pacitan ini ada pada kuahnya, di mana kuahnya lebih terasa manis dan biasanya dicampur dengan kerupuk kuning ataupun kerupuk rambak.

Kita juga bisa menentukan sendiri tingkat kepedasannya, mau pedas, sedang, atau tawar alias tidak pedas sama sekali.

Sale Pacitan

Pernah melihat anggur bewarna-warni ketika melintasi jalanan Jawa Timur? ternyata itu bukan anggur biasa lho, itu sale pisang!

Yup, warga Pacitan punya cara yang untik untuk menjual sale pisangnya – yaitu dengan membentuknya menyerupai anggur.

Keunikan Sale Pacitan inilah yang membuat wisatawan tertarik untuk membelinya karena ingin merasakan nikmatnya anggur warna-warni.

Jenang Pacitan

Jenang adalah kuliner berikutnya yang tidak boleh dilupakan ketika kita berkunjung ke Pacitan. Berbeda dengan Jenang Kudus, Jenang Pacitan ini ditaburi wijen di atasnya.

Justru adanya wijen inilah yang membuat cita rasa Jenang Pacitan lebih lezat daripada jenang dari daerah lainnya.

Kita bisa membawa Jenang Pacitan sebagai oleh-oleh tanpa perlu takut busuk karena kandungan gulanya yang tinggi dan berfungsi sebagai pengawet alami.

Nasi Tiwul

Menu Nasi Tiwul adalah salah satu kuliner khas Pacitan yang sudah sulit untuk ditemukan namun memiliki tempat sendiri di hati warga Pacitan.

Diketahui, Nasi Tiwul sendiri sudah menjadi kuliner khas Pacitan sejak puluhan tahun lalu dan biasanya disantap bersama lauk pauk layaknya kita makan nasi putih biasa.

Nasi Tiwul ini terbuat dari tepung ubi kayu yang dibentuk bulat sebesar kacang hijau lalu dikukus selama 20 hingga 30 menit. Dijamin kita akan ketagihan akan kelezatan Nasi Tiwul!

Jadah Bakar

Pacitan memang terkenal akan berbagai kuliner tradisionalnya, termasuk jadah bakar. Jadah merupakan salah satu makanan yang terbuat dari ketan yang dibakar seperti layaknya sate.

Cara menyantap jadah bakar ini juga cukup unik karena biasanya dicampur bersama gula sehingga akan menghasilkan cita rasa asin-manis.

baca juga:

 

Sego Godhong Jati

Siapa sih yang tidak tahu daun jati? Daun jati memang dikenal sebagai salah satu daun yang memiliki banyak manfaat, bahkan warga Pacitan memanfaatkan daun jati sebagai alas makan.

Sego Godhong Jati ini dulunya hanya bisa ditemukan di acara hajatan ataupun syukuran lho! Isi dari Sego Godhong Jati ini juga unik, yaitu nasi, urap, kering tempe, serundeng, ikan asin dan juga peyek.

Aroma daun jati dari Sego Godhong Jati inilah yang akan membuat kita ketagihan untuk menyantapnya.

baca juga:

Rek.. ayo Rek.. Jalan dan Makan Enak di Surabaya

 

Soto Pacitan

Siapa di antara kita yang suka menyantap soto? Soto adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki cita rasa berbeda, termasuk dari Pacitan.

Soto Pacitan termasuk unik karena menggunakan seledri, kacang tanah goreng, dan tak lupa bawang goreng.

Kenikmatan Soto Pacitan ini tak perlu diragukan lagi karena ayamnya menggunakan ayam kampung. Soto Pacitan juga rendah lemak sehingga aman untuk disantap siapa saja.

Punten Pecel

Satu lagi kuliner khas Pacitan yang tidak boleh terlewat adalah Punten Pecel. Kuliner satu ini bisa disantap saat pagi ataupun malam hari mengingat banyaknya penjual Punten Pecel yang ada di Kota Pacitan.

Punten Pecel memang cocok untuk makan besar karena punten yang terbuat dari beras yang dimasak dengan santan lalu ditumbuk dengan halus.

Punten ini akan dipotong menjadi kecil-kecil yang akan disantap bersama pecel khas Pacitan. Terbayang kan betapa nikmatnya Punten Pecel ini?

Nah kuliner khas Pacitan mana nih yang kira-kira bakal kamu coba duluan? Perhatikan pula timbangan ya supaya berat badan tidak naik dratis sehabis pulang liburan dari Pacitan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.