Batagor Bandung, Jajanan Khas Bandung, Jawa Barat yang Enaknya Kebangetan

Batagor Bandung  – Selain menjadi ibukota provinsi, Bandung juga merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat. Bila Anda berjalan-jalan ke kota ini, rugi sekali bila Anda tidak mencoba beragam jajanan yang ditawarkan. Jajanan Bandung memang terkenal enak dan banyak disukai oleh pecinta kuliner dari seluruh Indonesia. Salah satu jajanan khas “Kota Kembang” yang patut untuk dicicipi adalah Batagor Bandung. Sudah pernah mencoba Batagor Bandung? Jika belum, Anda dapat mengenal jajanan yang menjadi salah satu menu tradisional paling populer di Nusantara dalam artikel berikut ini!

Bagi orang Bandung sendiri, Batagor Bandung sudah tidak asing lagi di telinga. Jajanan ini pun sangat disuka ,ulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Nama Batagor sebenarnya diambil dari singkatan “bakso tahu goreng”. Meski merupakan jajanan khas Kota Bandung, Batagor ternyata juga dijumpai di berbagai tempat di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu pertanda jika Batagor Bandung memang sangat digemari oleh masyarakat luas.

Berbahan dasar tahu

Batagor Bandung dibuat dengan bahan dasar tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan daging ikan tengiri, telur dan tepung tapioka atau tepung sagu. Untuk bumbu yang digunakan adalah merica, garam, gula dan bawang putih. Dalam proses pembuatannya, bumbu seperti bawang putih, garam, gula dan kecap manis ditumis sampai harum sebelum dicampurkan ke dalam adonan ikan tengiri yang telah dihaluskan. Setelah itu baru ditambahkan telur, sedikit mintak dan santan secukupnya serta tepung sagu atau tapioka. Aduk semua adonan hingga rata setelah itu masukkan ke dalam kulit pangsit atau bentuk bulat seperti bola dan goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan. Setelah diangkat dari penggorengan, Batagor pun siap disajikan.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Pelengkap dan Cara Penyajian Batagor Bandung

Jajanan khas Bandung ini biasanya dilengkapi dengan saus yang berupa bumbu kacang. Bumbu kacang ini dibuat dari kacang yang dihaluskan kemudian dicampur dengan cabai, bawang putih, gula, garam dan juga kecap. Cara membuat sambal batagor atau bumbu kacang ini adalah pertama tumis bawang putih beserta cabai hingga harum setelah itu haluskan tumisan dan tambahkan garam, gula dan kacang halus dan juga air secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan kacang tercampur rata dan memiliki kekentalan sesuai dengan yang diinginkan. Lebih nikmat lagi bila bumbu kacang ini ditambahi jeruk nipis.

cara penyajian

Untuk penyajiannya, Batagor Bandung yang sudah digoreng kemudian dipotong-potong dan dicampur dengan kentang dan juga telur rebus yang juga telah diiris-iris. Setelah itu, batagor disiram dengan bumbu kacang yang sedap. Untuk menambah rasa greget jajanan ini biasanya ditambahkan rasa asam yang berasal dari perasaan jeruk limau maupun jeruk nipis atau bisa juga menggunakan cuka. Bagi penggemar pedas, Anda juga dapat menambahkan saus cabe atau sambal. Jangan lupa, tambahkan juga kecap manis diakhir sentuhan. Perpaduan antara rasa ikan tengiri dan rasa asam, pedas, manis dan gurih membuat Batagor Bandung ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat menggugah selera siapa saja yang ingin mencicipinya. Jajanan khas ini juga menawarkan sensasi lain yang berupa rasa kriuk dan kenyal ketika batagor berada di dalam mulut penyantapnya. Bila sudah merasakan nikmatnya, siapapun pasti ingin kembali menikmatinya.

Hidangan khas Batagor ini sangat populer dan digemari oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kelezatan dan juga kekhasan rasanya. Selain itu, harga Batagor Bandung pun sangat bersahabat hingga bisa dijangkau oleh semua kalangan baik yang berada maupun kurang mampu. Dulunya, Batagor Bandung hanya dijual dengan cara berkeliling atau di warung pinggir-pinggir jalan saja. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Batagor Bandung juga dapat dijumpai di tempat nongkrong anak-anak muda, cafe-cafe dan juga restoran ternama.

Wisata kuliner Batagor Bandung

Bila Anda sedang berwisata ke Bandung, belum lengkap rasanya bila belum merasakan jajanan khas Bandung yang benar-benar asli dibuat di Bandung. Rasanya tentu lebih nikmat karena masih asli. Apalagi bila Batagor ini dinikmati selagi hangat ditengah suasana Kota Bandung yang dingin pasti nikmatnya tiada tara. Beberapa tempat di Bandung yang menyajikan Batagor enak adalah warung Batagor Kingsley yang berada di Jalan Veteran, Batagor Riri di Jalan Burangrang, Batagor Abuy di Jalan Lengkong Besar (Foodcourt Lengkong Besar), Batagor H. Isan di  Bojongloa, serta Batagor Burangrang di Jalan Burangrang, dan masih banyak lagi. Jadi, begitu tiba di Bandung, Anda tak perlu bingung lagi mencari jajanan khas yang satu ini. Anda bisa mencoba di tempat-tempat yang telah penulis rekomendasikan untuk Anda. Untuk harga, Batagor dipatok dengan harga yang berbeda-beda di masing-masing tempat tergantung dari kualitas rasa dan juga tempat.

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner di Bandung seolah tidak ada habisnya. Bagi para pecinta kuliner, kota Kembang ini adalah surganya wisata kuliner. Makanan dan minuman disajikan secara unik dan selalu ada saja kreatifitas-kreatifitas baru yang muncul dari para pengusaha kuliner.

Tidak hanya dari segi pengolahan rasa, tetapi juga dari desain interior suasana tempat makan, bahan-bahan yang dipakai hingga tema-tema unik yang membuat selera para pelaku wisata kuliner makin terbit. Nah, apa saja tips wisata kuliner di Bandung yang patut Anda simak? Berikut ini adalah tips wisata kuliner di Bandung:

Pilih jenis makanan yang diinginkan

Di Bandung sendiri ada berbagai jenis wisata kuliner, mau jenis camilan atau makanan selingan ada, mau yang makanan lebih berat, banyak. Apalagi jenis minuman yang bermacam-macam jenis. Tentukan pilihan kuliner apa yang Anda inginkan. Bisa dengan mencari tahu dari berbagai referensi kuliner atau info di situs-situs atau blog. Di Bandung terdapat banyak inovasi kuliner yang sangat menggugah cita rasa. Resep yang tersaji konon bahkan ada yang warisan keluarga turun-temurun. Kuliner khas Bandung selain batagor, masih ada mie kocok, bubur ayam, cireng dan sebagainya.

Pilih tempat wisata kuliner

Setelah menentukan menu wisata kuliner yang diinginkan, sekarang saatnya memilih tempat atau lokasi yang dituju. Umumnya, para pelaku wisata kuliner juga tidak ingin hanya sekadar makan-makan. Di tempat kuliner yang paling utama dilakukan adalah berfoto-foto ria bersama teman-teman. Otomatis, interior ruangan juga sangat mendukung. Jadi, wisata kuliner di kota Bandung tidak bisa melewatkan suasana interior ruangan tempat makan. Di pusat kota ada berbagai jenis kedai makan, kafe hingga restoran yang bertema unik. Misalnya ada yang bertema nuansa alam pedesaan, bertema musik, bertema olahraga dan masih banyak lagi. Anda mau pilih yang mana?

Pergi ke Pusat Kuliner

Atau daripada bingung memilih tempat, kenapa tidak datang saja ke pusat-pusat kuliner yang ada di Bandung. Mengunjungi pusat kuliner akan memberikan keuntungan berlipat. Di antaranya Anda tidak akan kebingungan memilih menu atau penjual makanan. Tidak perlu membuang biaya transportasi yang jauh hanya untuk menikmati suatu kuliner khas, dan tentu bisa menghemat bujet liburan. Di akhir pekan, pusat wisata kuliner yang populer dan ramai dikunjungi para pelancong seperti Pusat Kuliner Braga, Pasar Paskal atau Paris Van Java.

Enak untuk nongkrong/berkumpul

Wisata kuliner paling seru jika mengajak serta teman-teman atau keluarga. Nah, di Bandung juga banyak lokasi yang tepat dijadikan ajang nongkrong atau berkumpul. Hampir di sepanjang jalan protokol terdapat banyak kafe yang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda. Tentu saja, hari yang paling ramai adalah hari libur akhir pekan.

Di antara lokasi yang bisa Anda pilih sebagai berikut:

Paskal Market

Pasar modern yang satu ini menyajikan beragam menu-menu kuliner. Baik itu dari dalam daerah Bandung maupun dari luar negeri seperti Korea dan Jepang. Menu-menu Korea dan Jepang memang cukup populer di kalangan anak muda Bandung yang notabene adalah pelajar atau mahasiswa dari luar daerah yang menetap sementara selama menyelesaikan studi mereka. Suasana yang terbuka dan food court dengan tempat duduk yang banyak, membuat tempat ini sering menjadi favorit para anak muda saat nongkrong ketika malam minggu.

Kampung Daun

Siapa yang tidak tahu Kampung Daun? Tempat wisata kuliner yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Bandung. Jangan mengaku sebagai pecinta wisata kuliner Bandung jika belum mampir ke sini. Suasana alam pedesaan dengan telaga buatan di tengah-tengah kemudian dikelilingi dengan gazebo-gazebo lesehan tempat makan, menjadikan suasana makan di Kampung Daun favorit sebagian besar pengunjung. Seolah-olah tidak akan pernah jemu untuk datang kembali.

Jadi, untuk apa ragu-ragu berwisata kuliner di Bandung? Dijamin akan puas dan ketagihan. Sudah punya rencana ingin mencicipi panganan apa dan menginap di mana? Hubungi agen travel wisata kami untuk mengakomodir semua kebutuhan perjalanan wisata Anda seperti hotel/penginapan, transportasi, dan tur keliling Bandung. Don’t forget to call us right now… (jari adventure-det img:Resepkuekeringku.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *