Bakso Kabut, Kuliner Unik Asal Jember

Siapa yang tak kenal bakso? Makanan berbahan dasar daging ini telah menjadi favorit di kalangan masyarakat baik tua maupun muda bahkan anak-anak pun sangat menggemarinya.

Meski bakso bisa ditemukan dengan mudah hampir di semua tempat di Indonesia, citarasa kuliner bakso di Jember ini tak pernah sama antara warung satu dengan warung yang lainnya.

Kekhasan rasa yang ditonjolkan kuliner bakso di Jember dipadu dengan tampilan yang unik tentu saja bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta bakso. Seperti kuliner bakso di Jember yang satu ini. Ya, bakso kabut adalah kuliner unik yang bisa Anda jumpai bila berkunjung ke kota Jember, Jawa Timur.    

Apa itu bakso kabut?

Jika mendengar namanya, mungkin Anda berasumsi makan bakso ini di tempat yang pekat tertutup kabut. Trus bagaimana cara makannya ya? Ternyata tidak seperti itu.

kuliner bakso di Jember, bakso kabut ini merupakan hasil kreasi penjual bakso yang bernama Juhairiyah. Jika pada umumnya telur ada di dalam bakso, nah dengan ide kreatifnya ibu ini mencoba membalik dengan membungkus bulatan bakso dengan balutan telur.

Itulah sebabnya kuliner bakso di Jember ini dinamai bakso kabut. Dan karena kesannya yang misterius ini bakso kabut bu Juhairiyah banyak membuat orang penasaran dan akhirnya tertarik untuk mencoba. 

Padahal dahulunya, Juhariyah sempat mandeg berjualan bakso karena sepi pembeli. Dengan menciptakan tampilan bakso yang berbeda dan unik ini, kini warung baksonya selalu ramai dikunjungi pembeli. 

Karena usaha bakso kabutnya yang maju pesat, kini bu Juhairiyah pun bisa mempekerjakan sanak-saudaranya. Hebat sekali, bukan?

Bakso kabut asli Jember

Bakso Kabut milik Bu Juhairiyah ini merupakan satu-satunya yang menjual bakso kabut asli yang ada di Jember. Warung ini berlokasi di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember.

Perjalanan menuju lokasi warung bakso kabut ini cukup mengesankan. Untuk sampai kesana, Anda harus melewati  jalan desa yang sempit serta rumah-rumah penduduk yang sederhana. Anda juga bisa menyaksikan perkebunan cokelat di salah satu sisi jalan. 

Lokasi Bakso kabut

Meski lokasinya agak ke pinggir kota yang sulit ditempuh dengan transportasi umum, warung bakso kabut bu Juhairiyah ini tak pernah sepi pengunjung.

Terkadang, saat musim liburan tiba banyak pengunjung dari luar Jember yang khusus berkunjung ke kota ini untuk merasakan nikmatnya kuliner bakso di Jember, bakso kabut. Untuk menghindari padatan antrian, sebaiknya Anda berkunjung saat hari-hari biasa ya.

 

Baca juga : Berkelana Ke Wisata Kampung Durian di Wonosalam, Jombang

 

Harga bakso kabut terjangkau

Rupanya, bakso kabut ini menarik minat pembeli bukan karena rasanya saja yang nikmat serta memiliki tampilan yang unik.

Harga yang dibandrolpun ternyata cukup terjangkau. Untuk mendapatkan seporsi bakso kabut Anda hanya perlu membayar kisaran 5 ribu hingga 15 ribu rupiah saja tergantung dari besar kecilnya bakso. Relatif murah, bukan?

Dari hasil jualan bakso bu Juhairiyah bisa meraup keuntungan hingga 8 juta per hari. Fantastis sekali ya.  

Hati-hati, bakso kabut asli banyak ditiru

Keberhasilan ibu Juhairiyah dengan kuliner uniknya yang berupa bakso kabut rupanya menarik penjual lain untuk meniru tampilannya.

Mereka mendirikan warung serupa di sepanjang jalan Rasamala tempat warung bu Juhairiyah beroperasi. Namun citarasa bakso kabut bu Juhairiyah tetap yang paling jawara.

Jadi , jika ingin menikmati bakso kabut asli, Anda harus jeli mencarinya agar tidak terjebak dengan yang palsu.

Salah satu ancar-ancarnya adalah warung bu Juhairiyah yang sederhana ini berada dekat dengan hamparan sawah yang luas serta bertuliskan nama pemiliknya yaitu Juhairiyah. Perjalanan mencari warung bakso ini juga bisa Anda jadikan sebagai petualangan yang menarik.

Nikmati bakso kabut Jember

Rasanya yang nikmat dijamin akan membuat Anda ketagihan. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh para pengunjung yang semula hanya penasaran saja ingin mencoba dan setelah menikmati bakso kabut mereka menjadi ketagihan dan akhirnya menjadi pelanggan tetap warung bu Juhairiyah.

Jember Fashion Carnival

Kunjungan Anda ke Jember akan semakin seru jika berbarengan dengan even Jember Fashion Carnival (JFC) yang digelar setiap tahun sekali. 

Di JFC Anda bisa menyaksikan karnaval busana dari berbagai daerah di Indonesia juga  fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa global lainnya.

Yang pasti, busana yang ditampilkan sangat indah dan memukau. Seteah lelah melihat JFC, Anda bisa melepas rasa lapar dengan menikmati kuliner bakso di Jember, bakso selimut kabut bu Juhairiyah. 

Enjoy… (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.