Awas Bikin Lapar! Ini 7 Kuliner Indonesia Mirip dengan Kuliner Negara Barat

Setiap negara memiliki kuliner khasnya masing-masing. Citarasanya pun berbeda sehingga tidak semua lidah cocok dengan rasanya.

Contohnya, tidak semua lidah Indonesia suka saat mencicipi kuliner asal negara Barat, atau sebaliknya. Jangankan antar negara, dalam satu provinsi saja setiap kota memiliki kuliner yang jauh berbeda.

Ternyata tak semua kuliner barat jauh berbeda dengan masakan Indonesia. Jika lebih diteliti lagi, sebenarnya ada lho makanan barat yang mirip dengan kuliner Indonesia dengan kualitas yang mirip. Entah dari penampakannya hingga citarasanya. Apa saja? Mari kita buktikan!

1.    Risotto dengan Bubur Ayam

Semua orang di Indonesia pasti menyukai bubur ayam untuk sarapan pagi. Bubur nasi dengan tambahan ayam, kuah, seledri, kacang, hingga telur ini memiliki banyak penggemar.

Bahkan, ada yang menyebutkan “tim diaduk” dan “tim tidak diaduk” sebagai Teknik makan bubur ayam.

Tahukah Anda, ternyata bubur ayam ini mirip dengan risotto. Risotto adalah kuliner asal Italia yang berbahan baku dari beras dan diolah Bersama sayur dan daging.

Teksturnya yang lembek membuatnya semakin mirip dengan bubur ayam. Dengan bahan baku dan tekstur yang sama, apakah rasanya juga sama? Silahkan dicoba, ya!

2.    Chicken Wings BBQ dengan Sayap Ayam Bumbu Kecap

Siapa sih yang tidak tahu dengan chicken wings BBQ? Menu yang satu ini bisa Anda jumpai di berbagai restoran barat di Indonesia. Siapa sangka, salah satu kuliner Indonesia memiliki citarasa yang mirip dengan chicken wings BBQ.

Sayap ayam bumbu kecap memiliki testur dengan citarasa yang manis dan gurih seperti chicken wing bbq. Tentu saja dengan harga yang berbeda.

Jika ingin mencoba chicken wing BBQ tapi sudah akhir bulan, pilih saja sayap ayam bumbu kecap sebagai gantinya!

3.    Gelato dengan Es Puter

Es puter adalah jenis es krim yang sudah ada sejak masih kecil. Es tradisional ini ternyata mirip dengan gelato, es krim asal Italia. Perbedaannya terletak pada bahan baku es krim.

Jika gelato berbahan baku susu, lain

halnya dengan es puter yang terbuat dari santan kelapa. Namun, teksturnya yang lembut membuat keduanya mirip dengan harga yang jauh berbeda. Mana yang Anda suka?

4.    Steak vs Rendang

Halo para pecinta rendang! Dengan bahan baku yang serupa yaitu daging sapi yang berbumbu, rendang mirip dengan steak daging yang dijual di restoran barat.

Bedanya, rendang diolah dengan bumbu-bumbu dan rempah yang khas serta dimasak di waktu yang lama. Sedangkan, steak adalah daging sapi yang dibakar dan dibumbui garam serta tak lupa saus BBQ. Untuk kedua kuliner andalan dunia ini, mana yang Anda sukai?

5.    Pancake dengan Martabak Manis

Jika Anda suka dengan martabak manis, maka Anda perlu mencoba pancake. Itu karena kedua kuliner ini memiliki kemiripan dalam bahan dasarnya.

Mulai dari tepung terigu, susu, telur, garam, serta baking soda. Bedanya, topping kedua makanan ini berbeda.

Pancake lebih polosan dan disajikan dengan sirup maple, sedangkan martabak manis memiliki topping yang sangat banyak mulai dari coklat, keju, kacang, atau selai lainnya.

Baca juga:

6 Kuliner Khas Bali Dengan Citarasa Manis, Asam, Pedas, dan Gurih Untuk Wisata Kuliner Asyik

 

6.    Meatballs vs Bakso

Keduanya memiliki bentuk yang serupa, namun sedikit berbeda di bahannya. Bakso terbuat dari daging dengan tepung kanji, sedangkan meatballs asal Amerika dan Eropa terbuat dari daging, roti, susu, dan bahan lainnya.

Kesamaannya juga terlihat dari cara memakannya. Meatballs bisa dikonsumsi bersama hidangan spaghetti atau nasi, sedangkan bakso dihidangkan bersama kuah, mi bihun, mi kuning, dan bisa juga sebagai lauk nasi.

7.    Spaghetti dan Mie Jawa

Sudah pernah mencoba spaghetti? Maka Anda pasti tahu jika kuliner ini mirip banget dengan mie goreng asal Indonesia.

Memang, rasanya agak berbeda karena spaghetti menggunakan saus bolognaise, sedangkan mie goreng jawa memiliki citarasa manis dari kecapnya.

Namun dari sisi penampakan, hamper mirip, ya! Apalagi jika ditambah dengan sayuran dan topping lainnya. Jadi, mana yang akan Anda coba?

***

Masih banyak kuliner Indonesia yang sangat mirip dengan kuliner barat entah itu rasa atau penampilannya. Tak perlu jauh-jauh ke negara barat jika Indonesia juga punya kuliner yang serupa.

Untuk harga, kuliner barat memang jauh lebih mahal dari kuliner Indonesia. Namun soal rasa, kuliner Indonesia tak pernah kalah! Menurut Anda, kuliner mana lagi yang mirip dengan masakan barat?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.