7 Makanan Unik khas Melayu Riau, Awas Ada Es Laksamana Mengamuk!

Riau adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia, tepatnya berada di tengah bagian pulau Sumatera. Riau memiliki sejuta pesona di sisi alamnya.

Jika Anda mengunjungi Riau, selain mengunjungi alamnya, pastikan untuk mengeksplore kulinernya juga. Riau memiliki banyak makanan khas yang bisa Anda coba. Kuliner di Riau umumnya dikenal sebagai kuliner Melayu.

Makanan melayu memang sudah banyak yang tersebar di Indonesia. Namun, dengan mencoba makanan melayu asli akan memberikan rasa yang berbeda dengan yang tersebar di pasaran. Apa saja contoh makanan khas melayu Riau yang bisa Anda coba?

1.Bolu Kemojo

ohayo.co.id

Bolu telah lama menjadi favorit banyak orang yang ada di Indonesia. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut menjadi kesukaan semua kalangan.

Bagaimana dengan bolu yang satu ini? Bolu Kemojo termasuk salah satu makanan khas Pekanbaru. Makanan ini sempat hilang popularitas, lalu di naikkan kembali oleh Ibu Dinawati tahun 1998.

Kue ini biasanya dikonsumsi dalam keluarga sebagai camilan. Bahkan, kue yang satu ini tidak diproduksi secara komersial dan tidak juga menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru.

Mungkin karena itu dahulu sempat jarang yang mengenal kue Bolu Kemojo. Oleh karena itu, Ibu Dinawati membangun sebuah gerai pertamanya yang letakknya ada di Jalan Pelajar untuk menjual bolu ini.

2.Roti Jala

cpcdn.com

Roti Jala sering diminati oleh semua orang yang berkunjung ke Riau. Makanan ini makanan yang berasal dari Melayu. Roti ini berbentuk kotak dan seperti jala-jala. Anda bisa menyantap roti ini dengan kuah kari Melayu.

Beda lagi untuk di Deli. Roti ini akan disajikan dengan kari kambing serta acar nanas oleh masyarakat di sana. Roti Jala menjadi makanan melayu yang mungkin diadaptasi dari unsur-unsur makanan india.

3.Roti Canai

sbs.com.au

Sejenis roti yang satu ini sangat populer hingga ke seluruh Indonesia. Berbentuk bulat dan sering digemari oleh banyak orang, bahkan Malaysia.

Selain itu, Roti canai juga fleksibel di makan kapan saja sebagai makanan pagi, siang, hingga malam. Biasanya, roti canai disajikan dengan teh tarik serta dihidangkan dengan tambahan kuah dal atau parpu, bisa juga dengan sambal ikan bilis.

Popularitas Roti canai bahkan sudah tersebar di beberapa negara. Di India dan Singapura, roti ini dikenal dengan nama roti pratha.

4.Asidah

blogspot.com

Apa Anda mengenal jenis kue yang satu ini? kue bernama Asidah ini memiliki tekstur yang tembut dengan rasa yang manis. Asidah dibuat dari perpaduan rempah cengkeh, kayu manis, serta daun pandan.

Kue ini sangat unik karena terlihat aneh dengan taburan bawang goreng. Yang asik dari kue ini adalah Anda bisa menemukan kue ini dengan berbagai bentuk.

5.Kue Bangkit

simomot.com

Kenapa namanya kue bangkit? Itu karena ketika kue ini sudah di angkat dari oven, bentuk dari kue akan menjadi dua kali lipat dari ukuran adonan sebelumnya.

Warna dari kue bangkit adalah putih kekuningan yang biasanya diberi noktah merah di atasnya agar terlihat lebih cantik.

Tekstur dari kue ini sangat lembut dan mudah remuk. Kue ini akan lumer dalam mulut dan renyah saat dikunyah.

6.Lempuk Durian

santhiserad.com

Sesuai namanya, makanan khas Riau yang satu ini terbuat dari buah durian yang bentuknya seperti dodol. Selain Riau, Anda bisa menemukan lempuk durian di daerah lain di Sumatera.

Lempuk durian sekarang sudah menjadi ikon dari daerah asalnya yaitu Kabupaten Bengkalis.

Baca juga:

3 Destinasi Wisata di Solo Untuk Menghindari Keramaian Wisatawan Saat Musim Liburan Akhir Tahun

7.Es Laksamana Mengamuk

Nama dari hidangan yang satu ini sangat menarik perhatian, bukan? Es laksamana mengamuk adalah hidangan dingin dengan menggunakan es dan buah kuini sebagai bahan utamanya.

Kata orang, dahulu ada seseorang laksamana di kebun kuini yang mengamuk karena sang istri yang dibawa lari oleh si pemilik kebun kuini itu.

Ia pun menebaskan pedang ke seluruh penjuru hingga semua buah hancur. Orang-orang pun mengambil beberapa buah yang hancur di kebun itu.

Akhirnya, buah itu pun dijadkan hidangan dengan campuran air santan dan gula merah. Minuman itu pun dinikmati oleh semua orang di kampung itu.

***

Nikmati perjalanan wisata kuliner di Indonesia dengan agen travel wisata Jari Adventure. Hubungi nomor berikut untuk info lebih lengkap dan pemesanan: HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.