7 Jenis Susu yang Perlu Kamu Tahu, Kaya Nutrisi dan Manfaat

Susu merupakan salah satu minuma yang dikonsumsi oleh setiap orang mulai dari masih bayi hingga beranjak dewasa.

Tak sedikit orang dewasa dan lansia yang masih mengonsumsi susu setiap harinya. Rasa yang segar dari susu tentu membuat setiap orang menyukai susu.

Susu juga menganduk nutrisi yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Selain itu, susu juga sering menjadi kombinasi dari berbagai minuman dan makanan.

Ternyata, susu memiliki banyak jenis. Apa saja jenis-jenis susu yang harus Anda ketahui? Simak berikut ini.

1.    Susu Murni

Yang pertama adalah susu murni dengan persentase lemak antara 3,25 hingga 3,5 persen. Sesuai Namanya, susu murni merupakan susu yang bisa diminum langsung setelah diperas dari sapi dan sebelum dilakukan pengolahan.

Susu murni mungkin dapat dihomogenisasi dan dipasteurisasi, namun susu murni memiliki rasio lemak yang sama jika dibandingkan dengan susu mentah.

Kandungan kalori dan lemak dalam susu murni ternyata tergolong tinggi daripada semua jensi susu. Kandungan kolestrol dalam susu murni juga cukup tinggi sehingga Anda harus tetap menjaga jumlah asupan setiap harinya.

2.    Susu Rendah Lemak

Jenis susu yang satu ini mungkin sangat popular apalagi bagi kalangan yang sedang diet. Susu rendah lemak menganduk persentase lemak 1 sampai 2 persen saja.

Susu ini juga mengandung nilai gizi rendah akibar dari kandungan lemaknya yang sedikit. Apalagi kandungan vitamin D, A, E, dan K larut dalam lemak.

Namun, kini beberapa perusahaan telah menemukan cara agar vitamin di dalamnya tidak hilang. Dengan begitu, susu rendah lemak buatan mereka menagndung nutrisi yang cukup serta menyehatkan.

3.    Susu Skim

Berbeda dari yang lain, susu Skim adalah jenis susu tanpa kandungan lemak. Karena kurangnya kandungan lemak, susu skim memiliki rasa lebih tipis dibandingkan susu lainnya. Di beberapa perusahaan, susu ini diberi tambahan susu bubuk yang dapat mengandung karsinogen seperti kolesterol teroksidasi.

Namun ingat, tidak semua susu skim mengandung zat tambahan. Pastikan untuk mengecek daftar bahan sebelum membeli susu skim.

4.    Susu UHT

Minuman Susu UHT bisa dengan mudah Anda temukan di supermarket terdekat. Jenis Susu UHT merupakan susu yang dipasteurisasi di suhu yang jauh lebih tinggi dibandingkan susu biasa.

Biasanya, susu ini dipanaskan hingga di atas 135 derajat celcius selama 1-2 detik saja. Susu biasa biasanya dipanaskan hingga lebih dari 70 derajat celcius selama 15 detik.

Susu UHT menggunakan proses dipasteurisasi sehingga memberikan masa simpan yang jauh lebih lama dari susu biasa yaitu 6 hingga 9 bulan.

5.    Susu Kedelai

Salah satu alternative jika Anda tidak ingin atau tidak suka minum susu sapi adalah susu kedelai. Sesuai Namanya, susu ini terbuat dari kacang kedelai yang direndam dalam air yang kemudian ditumbuk.

Susu kedelai mengandung protein lengkap dengan jumlah protein yang kira-kira sama dengan kandungan dalam susu murni.

Bedanya, susu kedelai memiliki kalsium yang sedikit, itu karena kalsium dalam kacang kedelai tidak dapat dicerna oleh pencernaan manusia. Susu lemak juga tidak mengandung kolestrol dan sedikit lemak jenuh.

6.    Susu dari Kacang dan Biji-bijian

Pernah mencoba susu almond? Kini telah banyak perusahaan susu yang menjual susu yang berasal dari kacang dan biji-bijian seperti kacang almond.

Susu ini menjadi alternatif karena bebas dari kolesterol dan lemak jenuh. Di dalamnya hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi tubuh

Susu dari kacang dan biji-bijian mengandung kalori yang rendah. Penelitian menunjukkan bahwa susu almond terbukti dapat menekan sel-sel kanker prostat. Cukup besar khasiatnya, bukan?

7.    Susu Kambing

Susu kambing mengandung gula yang rendah namun kalsium dan magnesium yang tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya sebesar 5% dari yang dibutuhkan tubuh.

Susu kambing juga lebih kaya protein dan kalium serta vitamin A. Selain itu, susu kambing mengandung kandungan selenium dan B12 yang tinggi dan lebih banyak daripada susu sapi.

Dari ke-7 jenis susu yang ada, jenis susu mana yang Anda pilih?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.