6 Makanan Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba di Seoul

Korea Selatan saat ini memang menarik sebagian besar masyarakat dunia. Terutama dengan menyebarnya aliran music K-pop yang digemari oleh fans K-pop.

Tak hanya virus K-pop yang menyebar di kalangan penggemar. Budaya yang ada di Korea Selatan ikut masuk dan disukai oleh penggemar K-pop di seluruh dunia. Salah satunya budaya yang juga digemari adalah masakan khas Korea Selatan.

Makanan Korea yang enak dapat ditemukan hampir di mana-mana di Seoul yang ramai. Mulai dari pedagang kaki lima di sepanjang gang sempit hingga restoran berkelas di hotel bintang 5.

Banyak dari makanan lezat ini telah ada selama lebih dari 2.000 tahun. Dulunya hanya dikonsumsi oleh keluarga kerajaan di Korea.

Oleh karenanya, simak dulu daftar makanan Korea terbaik di Seoul. Anda harus menyicipi selama tinggal di ibu kota Korea Selatan.

 

1.      Kimchi

Hidangan khas Korea ini telah ada selama lebih dari 2.000 tahun, sejak Dinasti Shilla. Kimchi terdiri dari kubis Korea, lobak, labu, bawang merah, jahe, dan daun bawang. Dengan bubuk cabai, bawang putih yang dihancurkan, dan makanan laut asin, yang kemudian dibiarkan berfermentasi.

Dengan lebih dari 200 variasi yang tersedia di Seoul. Masakan tradisional ini dimakan sendiri atau dengan nasi putih, dan ditambahkan ke dalam bubur, sup, dan kue beras.

Kimchi juga menjadi dasar dari banyak hidangan turunan seperti sup kimchi (kimchi jjigae), kimchi pancake (kimchijeon), dan nasi goreng kimchi.

 

2.      Tteokbokki

Tteokbokki adalah jajanan tradisional Korea yang dibuat dengan irisan tebal garaetteok (kue beras rebus).

Selain itu, ada tambahan kue ikan, bawang merah, bawang putih yang dipotong dadu, garam, gula, dan berbagai macam sayuran yang digoreng dengan saus cabai merah manis.

Dibedakan dengan ansambel oranye merah cerahnya, makanan ringan populer ini biasanya dijual di pedagang kaki lima dan kedai makanan ringan independen.

 

3.      Jajangmyeon

Hidangan perpaduan Korea-Cina, jajangmyeon menggunakan mie gandum buatan tangan yang tebal dengan irisan ketimun mentah dan campuran pasta kedelai hitam asin, daging babi dan sayuran potong dadu.

Dengan harga mulai 5.000 won dan seterusnya, hidangan mi yang lezat ini sangat cocok untuk Kamu yang membutuhkan makanan cepat saji yang tidak merusak dompet.

 

4.      Bibimbap

Hal lain yang harus dicoba selama kunjungan Kamu ke Seoul adalah bibimbap, hidangan mengenyangkan dan bergizi yang banyak tersedia di restoran, food court, dan pasar jalanan.

Tergantung wilayah dan bahan yang digunakan, bibimbap dapat disajikan sebagai hidangan berbahan dasar daging atau vegetarian.

Bibimbap yang paling umum terdiri dari nasi hangat dengan taburan sayuran, daging sapi atau ayam, dan telur mentah, serta kecap dan sesendok pasta cabai sebagai bumbu.

Ideal untuk pecinta seafood, ada variasi hidangan nasi campur Korea yang disebut hoedeopbap, yang menggantikan daging dengan seafood mentah seperti salmon, tuna, atau gurita.

baca juga:

Jelajah Rasa Asia, Temukan 5 Kuliner Kaki 5 Lezat Terpopuler Ini

Sebelum Pergi ke Korea Selatan, Catat Tradisi Tak Tertulis Ini

6 Tempat Wisata di Korea Selatan Terbaik Saat Musim Dingin

Bikin Kepingin Buru-buru ke Korea Selatan, 5 Panduan Wisata ke Seoul yang Menakjubkan

 

5.      Bulgogi

Bulgogi terdiri dari irisan tipis sirloin daging sapi yang dimasak bersama irisan bawang bombay, paprika hijau, dan bawang putih menggunakan pembakar arang, menghasilkan rasa berasap yang khas.

Sebelum dipanggang, daging direndam antara 2 dan 4 jam dalam campuran kecap, minyak wijen, lada hitam, bawang putih, bawang merah, jahe, dan gula untuk meningkatkan rasa dan kelembutannya.

Hidangan ini juga disajikan dengan sayuran berdaun seperti selada dan bayam, yang digunakan untuk membungkus sepotong daging matang, sering kali bersama dengan ssamjang (pasta pedas) dan kimchi.

 

6.      Bibim nengmyun

Bibim nengmyun disajikan dalam mangkuk stainless steel dengan kuah dingin, irisan mentimun, irisan pir Korea, telur rebus, dan irisan daging sapi rebus dingin.

Mi panjang dan tipis terbuat dari tepung dan soba atau ubi jalar, meskipun rumput laut dan teh hijau juga digunakan untuk variasi lainnya.

Melambangkan umur panjang dan kesehatan yang baik, mi disajikan secara tradisional tanpa dipotong, tetapi pengunjung dapat meminta pelayan untuk memotong mi sesuai dengan keinginan mereka.

 

Terlihat enak dan menggugah selera bukan? Jika kamu berkunjung ke Seoul, jangan lupa cobain makanan yang di daftar di atas ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.