6 Makanan Kaki Lima Populer di Korea Selatan

Makanan Kaki Lima Populer di Korea Selatan  – Bukan hanya kaya dengan inspirasi lagu – lagu Kpop atau drama Korea, ternyata kota Seoul di Korea Selatan juga memiliki keaneka ragaman dari segi kuliner.

Berbagai jenis makanan terutama jajanan untuk kudapan di saat santai bisa ditemui dengan mudah di pusat – pusat keramaian atau tepi jalan Seoul.

Anak – anak muda hingga orang dewasa di Seoul sangat menikmati cita rasa jajanan yang memiliki kekayaan rasa. Mulai dari kue yang bercita rasa manis dengan aneka variasi topping dan isian, hingga jajanan gurih yang menggoda selera.

Kapan saja Anda menyempatkan diri berlibur ke Korea Selatan, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencoba makanan kaki lima populer di Korea Selatan berikut:

Bbopki

Sejenis manisan atau gula – gula khas Korea Selatan ini memiliki keunikan bukan terletak pada rasanya. Tetapi, pada teksturnya yang rapuh serta cara memakannya yang unik. Tidak sulit menemukan Bbopki di pinggir jalan atau jajanan kaki lima karena makanan ini merupakan favorit anak – anak muda di Seoul.

Terbuat dari air gula dan baking soda yang menciptakan sensasi renyah dan lumer di mulut. Tekstur yang rapuh ketika digigit membuat siapa saja ketagihan untuk mencomot lagi. Tetapi, bukan begitu cara memakan Bbopki. Bentuk Bbopki yang berbentuk bulat pipih di bagian tengah dicap dengan bentuk hati atau daun waru.

Di Korea Selatan, ada sebuah tradisi unik masyarakat, semacam pertandingan memakan Bbopki dengan menyisakan bentuk daun waru utuh yang sempurna. Hal ini tentu tidak mudah karena tekstur yang rapuh dan gampang hancur tadi. Jika berhasil, sang pemenang akan mendapatkan ucapan selamat.

Odeng

Cita rasa odeng yang khas karena dibuat dari campuran ikan membuat siapa saja yang mencoba tidak tahan untuk mencomot lagi hingga puas. Adonan tepung terigu yang dicampur dengan bumbu, ditambah campuran ikan. Kemudian dibentuk, dan ditusuk dengan batang lidi. Hampir mirip seperti bakso ikan karena odeng juga direbus dalam kuah kaldu lobak atau rumput laut yang segar.

Untuk meningkatkan kualitas rasa, sejumlah pedagang juga menambahkan kepiting atau udang ke dalam kaldu. Sehingga rasanya makin mantap dan nendang. Odeng pun disajikan dalam berbagai bentuk. Selain bulat, ada juga yang memanjang bak sosis, atau pipih, ditusuk seperti sate hingga dibentuk bult – bulat kecil. Selagi musim dingin, menikmati odeng berkuah pedas akan menjadi pengalaman liburan yang berkesan saat salju turun di langit Korea Selatan. Kuah yang terbuat dari kaldu seafood dipercaya dapat meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit flu atau demam.

baca juga: 10 Makanan Kuliner Terbaik Korea Selatan, Lezatnya Bikin Nagih

Bungeoppang

Meski disebut juga dengan kue ikan, tapi jangan salah karena tidak ada bahan ikan yang dicampur di dalamnya. Kue terbuat dari tepung ini diisi dengan berbagai jenis rasa. Ada kacang merah, kacang hijau, coklat, kacang mete, serta ubi manis.

Bentuk kue yang unik seperti ikan, konon menjadi perlambang keberuntungan dan kesejahteraan siapa saja yang memakan. Tidak heran, jika kue waffle khas Korsel ini laris manis diborong oleh para pembeli yang kebanyakan turis asing untuk oleh – oleh keluarga di negara asal.

Tteokbokki

Jangan remehkan jajanan kaki lima yang satu ini. Tteokbokki terbuat dari bahan tepung beras yang direbus, kemudian dipotong – potong untuk ukuran sekali lahap. Dinikmati dengan dicocol ke dalam saus berbumbu pedas dan gurih. Dijamin, penyuka selera pedas bakal ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi.

Hotteok

Terbuat dari bahan tepung dan telur ini mirip seperti pancake. Namun, di dalamnya terdapat berbagai isian seperti madu, biji – bijian, kacang giling, hingga cokelat. Hotteok yang masih disajikan mengepul, akan terasa lebih nikmat disantap ketika musim dingin di Korsel tiba.

Aneka twigim

Gorengan semacam tempura ini sama – sama terbuat dari bahan tepung yang digoreng dalam minyak panas. Bahan yang paling sering digunakan sebagai adonan campuran adalah seafood seperti udang, cumi, serta pangsit dan ubi manis. Ada juga bubuk cabai untuk selera pedas. Semakin mantap, jika twigim dicocol dalam saus.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.