6 Kuliner Khas Bali Dengan Citarasa Manis, Asam, Pedas, dan Gurih Untuk Wisata Kuliner Asyik

Menjelajah Bali seakan tak ada habisnya, begitu pula untuk urusan kulinernya. Tak hanya populer dengan destinasi wisatanya, beberapa makanan Bali di bawah ini juga tak kalah populer lho.

Jika umumnya kamu cuma mencoba ayam betutu khas Bali, tidak ada salahnya berani mencoba menu – menu kuliner yang menendang lidah seperti menu di bawah ini.

Yuk simak apa saja masakan khas Bali yang siap menggoyang lidah anda!

Rujak Kuah Pindang

Jika di Surabaya ada rujak cingur, Bali punya kuliner yang tak kalah unik yakni rujak kuah pindang. Berhubung rujak kuah, maka bahan yang digunakan pun adalah buah – buahan yang bercita rasa manis dan masam , seperti kedondong, belimbing, mentimun, pepaya dan beberapa buah lainnya yang dipotong kecil – kecil.

Sementara untuk kuahnya, rujak pindang menggunakan bumbu rujak manis biasa lalu ditambahkan kuah kaldu yang terbuat dari ikan, cabai, garam dan terasi. Perpaduan rasa asam dan manis akan siap menggoyang lidah anda, jadi jangan lupa untuk mencicipinya jika berkunjung ke Bali!

Nasi Yasa

Nasi Yasa mirip dengan nasi kuning yang disajikan dengan telur, daging ayam dan beberapa sayur mentah. Tak hanya itu, ditambahkan pula mentimun, kecicang, lobak, sayur terong, ikan teri, sambal, pare dan sayur (mirip seperti serundeng) agar lebih terasa nikmat.

Seperti makanan khas Bali lainnya, nasi yasa dikemas dengan wadah yang terbuat dari janur melingkar. Nasi yang satu ini identik dengan upacara keagamaan di Bali, salah satunya adalah Hari Raya Saraswati dan dimakan setelah umat Hindu melakukan sembahyang di Pura.

Jukut Urap

Sejenis makanan urap asal Bali, seperti urap pada umumnya yang membedakan hanyalah perasan jeruk nipis pada bumbu kelapa dan kacang goreng untuk menambahkan rasa gurih. Jukut Urap biasanya dimakan bersama Ayam Betutu atau nasi bali.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tinggal menggiling dan menumis semua bahan menggunakan sedikit minyak kelapa. Setelah itu, tambahkan kelapa yang telah diparut, sebelum diparut jangan lupa dibakar terlebih dahulu. Campuran tersebut ditaburkan pada sayuran yang direbus, lalu ditambahkan kacang tanah goreng, sate lilit, irisan telur rebus, ayam suwir dan betutu.

Baca juga:

Serombotan

Sama – sama menggunakan sayur sebagai bahan utamanya, Serombotan merupakan makanan asal Kabupaten Klungkung, Bali. Serombotan memiliki tiga jenis bumbu khas, yakni sambal kelapa parut alias “Sambal Nyuh”, bumbu kacang dan bumbu “Unyah Sere Limo”.

Ketiganya memiliki bahan dan proses memasak yang berbeda, sehingga memiliki ciri khas masing – masing. Untuk satu porsi serembotan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, hanya sekitar Rp 5.000 saja. Disajikan menggunakan daun pisang, membuat serombotan memiliki aroma wangi yang akan membuat nafsu makan bertambah.

Sate Plecing

Bila sate pada umumnya disajikan dengan kecap atau saos kacang, sate yang satu ini justru disajikan bersama sambal khas Bali. Bahan dasar sambal Bali adalah bawang putih, terasi dan kemiri yang disiram dengan jeruk limau dan minyak. Salah satu rumah makan sate plecing yang populer di Bali adalah Sate Plecing Arjuna.

Terletak di Jalan Arjuna, Denpasar, Bali, tempat ini tak pernah sepi oleh pengunjung. Buka pukul 9 pagi hingga 7 malam. Tak perlu khawatir akan kehabisan karena meski ramai pengunjung, Sate Plecing Arjuna menyiapkan banyak porsi setiap harinya.

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng ialah makanan asal Gianyar, Bali. Kaya akan rempah dan memiliki cita rasa pedas. Disajikan dengan beraneka sayuran seperti kacang merah, nangka muda, kacang panjang, daun kelor, terong dan kelapa parut dijamin akan membuat anda kenyang.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni hanya Rp 10.000 per – porsinya. Nasi tepeng disajikan dengan cara yang masih tradisional yakni menggunakan daun pisang. Kuliner ini cocok untuk anda penggemar masakan bercita rasa pedas.  Yuk jangan lupa mampir ke warung atau rumah makan yang menjajakan nasi tepeng khususnya di daerah asalnya, Gianyar.  

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.