5 Wisata Kuliner Klaten yang Enak dan Wajib Coba

Diapit kota besar Solo dan Yogyakarta, Klaten bisa jadi hanya dipandang sebelah mata oleh para wisatawan. Namun faktanya, kabupaten kecil yang memiliki pusat pemerintahan di kota Klaten ini menyimpan potensi wisata kuliner Klaten yang istimewa. Jika Anda kebetulan berada di Kota Bersinar Klaten baik itu mengunjungi sanak saudara ataupun pulang kampung, atau sekedar mampir selepas berwisata ke Jogja, tak ada salahnya blusukan ke sudut-sudut kota untuk mencicipi makanan enak khas daerah ini. Siapa tahu ada yang bakal menjadi favorit Anda. Kira-kira wisata kuliner Klaten apa saja yang patut dicoba? Berikut deretan wisata kuliner Klaten yang  wajib untuk dicoba:

Ayam Panggang Khas Klaten

Pecinta olahan ayam bisa langsung mengunjungi tempat makan yang berada di  Jl. Rajawali no.113 dan Toko Florida di Jl. Pemuda no 61. Ayam panggang Ny. Anggraini ini sudah terkenal seantero Klaten karena memiliki rasa gurih manis yang unik.

Ayam di sini memang berbeda dengan di tempat lain karena adanya bumbu areh yang dibuat dari rempah – rempah Jawa dan Santan. Sebelum dipanggang, ayam diugkep terlebih dahulu hingga bumbu meresap dan kemudian disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal yang pedas. Sekali Anda berkunjung ke wisata kuliner Klaten ini, dijamin pasti ketagihan karena rasanya yang maknyus di lidah.

Sop Ayam Pecok

Lagi-lagi wisata kuliner Klaten berbahan dasar ayam menjadi primadona di Klaten. Kali ini wisata kuliner Klaten yang wajib dicoba adalah Sop Ayam Pecok Pak Min yang legendaris.  Sop Pak Min memiliki citarasa yang begitu gurih dan segar sehingga menjadi buruan pecinta wisata kuliner Klaten dari berbagai penjuru tak hanya warga lokal Klaten.

Tak heran jika saat ini Pak Min sudah membuka cabang warung makannya di berbagai kota besar di Indonesia. Jika Anda mampir ke Sop Ayam Pak Min, Anda bisa memilih aneka sop campur ataupun pisah mulai dari kulit, daging, jeroan bahkan cakar ayam.

Ciri khas sop di sini adalah kuah yang bening dan menggunakan ayam kampung sebagai kaldu untuk kuahnya. Tambahan kecrutan jeruk nipis dan sambal yang pedas semakin menambah kelezatan Sop Ayam Pecok ini.

 

Baca Juga : Berburu Kuliner Boyolali Yang Murah Dan Enak

 

Soto Bebek dan Bebek Bacem

Jika Anda mulai bosan dengan menu ayam, ada baiknya mencoba wisata kuliner Klaten yang tak kalah nikmat ini. Ya, soto bebek dan bebek bacem. Anda bisa menjumpai banyak warung soto bebek di daerah Karanglo, Gondang sepanjang jalan raya Yogyakarta – Solo. Salah satu warung bebek yang patut dicoba adalah warung milik Bu Siswo yang sudah ada sejak 1953.

Warung ini berada tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun dan dikenal sebagai pelopor wisata kuliner Klaten Bebek Bacem. Selain soto bebek dan bacem bebek, warung ini juga menyediakan menu bebek bakar.  Sudah terbayang bukan, wisata kuliner Klaten bebek apakah yang bakalan Anda coba di sana? Pasti semuanya lezat-lezat ya…

Nasi Lethok

Setelah ayam dan bebek, kini saatnya Anda mencoba wisata kuliner Klaten berupa nasi lethok atau nasi tumpang lethok. Anda bisa berburu wisata kuliner Klaten klasik ini di kala pagi dari Jalan Mayor Kusmanton sampai daerah perlimaan Bramen. Salah satu rekomendasi warung nasi lethok yang enak ya warung Mbak Riyanti.

Di warung ini Anda bisa memuaskan rasa penasaran akan nasi letkok atau mungkin melepas rindu akan penganan yang satu ini. Biasanya, nasi lethok dihidangkan lengkap dengan kurapan gudangan. Bumbu racikan yang khas dan pas akan membuat lidah Anda bergoyang-goyang saat menikmati wisata kuliner Klaten ini.

Kepel Khas Pedan

Klaten tak melulu punya wisata kuliner Klaten kelas berat, Kepel Khas Peden ini salah satu contohnya. Makanan ringan ini berasal dari Desa Keden, Pedan dan dibuat dari tepung gandum yang dibumbui bawang merah, bawang putih dan garam.

Kepel yang berbentuk bulat ini biasa dimakan selagi hangat dengan cocolan saus. Untuk mendapatkan jajanan ini, Anda kini tak perlu jauh-jauh ke desa asalnya karena kepel sudah banyak dijual di seputaran alun-alun Klaten.

Pasti asyik sekali, menikmati aneka wisata kuliner Klaten sembari liburan di kota Klaten jika mungkin Anda bosan berkeliling di seputaran Solo Raya. Selamat plesiran sambil wisata kuliner Klaten (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *