5 Makanan khas Turki Untuk Yang Hobi Mencicipi Appetizer (Hidangan Pembuka)

Makanan khas Turki – Berada di benua Eropa, tetapi masih berbatasan dengan Timur Tengah. Masyarakat Turki kebanyakan mendapatkan pengaruh dari dua kebudayaan. Termasuk soal menu atau kuliner. Ada kombinasi antara menu Eropa seperti Pizza, dan hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari daging  seperti kebab. Ingin menengok seperti apa uniknya kuliner khas Turki? Yuk, icip –icip menu pembuka dulu berikut:

Pide Si Pizza Turki

Sekilas pide memang mirip dengan pizza, namun siapa sangka kuliner asal Turki yang satu ini tak kalah lezat lho. Secara tampilan dan teknik pengolahan memang sama, sama – sama diolesi saos, ditaburi topping dan dipanggang. Letak perbedaannya adalah pide hanya beredar ketika bulan Ramadhan.

Bahan yang digunakan adalah ragi instan, susu, terigu murni, air dan minyak zaitun. Setelah matang, barulah pide ditaburi biji nigela khas Turki dan yogurt, barulah setelah itu diberi topping. Biasanya pizza Turki ini dijadikan sebagai makanan pembuka alias appetizer karena porsinya yang pas sehingga tidak terlalu mengenyangkan.

Meze

Kuliner Turki memang tak ada habisnya menggoda, termasuk makanan pembuka bernama Meze ini. Meze biasanya disajikan bersama secangkir minuman hangat yang memiliki aroma manis, misalnya raki atau ouzo. Meze memiliki beragam varian hingga jumlahnya mencapai raturan jenis, salah satunya yang populer adalah dolma. Tak hanya bercita rasa manis, namun juga tersedia dalam rasa asam, gurih bahkan pedas.

Terkadang Meze disajikan dala sebuah piring besar, karena porsinya yang tak sedikit maka sangat cocok untuk dimakan ramai – ramai. Beberapa rekomendasi tempat makan meze yang populer ada di Munferit, Meyhanesi, KOR AGOP Meyhanesi, Refik Meyhanesi dan Giritli Restoran.

Baca juga: 10 Makanan khas Turki Fenomenal dan Wajib Dicicipi Turis

Baklava

Beralih ke yang manis – manis, Baklava adalah salah satu makanan ringan khas Turki yang pas disantap ketika bersantai. Baklava terbuat dari roti dan kacang sebagai toppingnya, rasa yang manis akan berhasil membuat anda ketagihan.Camilan ini tak hanya populer di negara asalnya, namun juga di daerah – daerah yang pernah dikuasai Kerajaan Ottoman, seperti Asia Barat, Tanduk Afrika, Afrika Utara dan Eropa Tenggara. Tipisnya lapisan adonan juga sangat diperhatikan. Tumpukan adonan lalu dilengkapi dengan mentega, dipanggang dan direndam dalam sirup. Tempat yang bisa anda kunjungi untuk mencicipi baklava ketika datang ke Turki adalah Koskeroglu atau Gulluoglu.

Kebab

Siapa yang tidak kenal kebab? Daging dan beraneka macam sayur yang dibalut dengan   roti bernama syawarma. dan ditambahkan saos atau mayonise seperti burger. Rasanya yang lezat dan membuatnya cocok di lidah masyarakat mana pun, termasuk Indonesia. Kebab di Turki bentuknya tak hanya dibentuk balutan memanjang namun ada pula yang bentuk bundar layaknya burger hingga yang berbentuk sate pun ada. Unik – unik ya ternyata. Bila jalan – jalan ke Turki dan membeli kebab, jangan harap terdapat saos sambal karena cabai disana menjadi barang yang jarang dijumpai. Masyarakat Turki sendiri justru lebih senang menyantap tomat segar daripada saos tomat. Rasa pedas masakan – masakan Turki biasanya berasal dari paprika atau lada.

Lokum/Turkish Delight

Jika Jepang punya mochi, Turki punya Lokum sebagai makanan ringan bertesktur legit dan memiliki rasa yang manis. Saking legitnya, ada sensasi kenyal seperti jelly jetika pertama kali menggigitnya. Camilan ini terbuat dari tepung dan gula atau madu. Rasa yang ditawarkan juga beraneka ragam, ada jeruk, mint, lemon, air mawar atau kayu manis. Di negara asalnya, lokum lebih populer dengan sebutan turkish delight dan telah ada sejak tahun 1700 – an.

Biasanya disajikan berupa potongan – potongan kecil berbentuk kubus, ada pula yang bundar. Inovasi terus dikembangkan termasuk dengan cara menambahkan bahan – bahan lain seperti potongan kurma dan jenis kacang – kacangan seperti  hazelnut, pistachio dan walnut.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *