5 Kuliner Halal Khas Manado Untuk Traveller Muslim

Kuliner Halal Khas Manado  – Manado memang terkenal akan kuliner khasnya yang unik dan beragam, namun sayangnya beberapa diantaranya yang tidak halal karena menggunakan bahan seperti daging babi, ular atau lain – lainnya. Tetapi jangan khawatir, masih banyak makanan khas Manado yang nikmat dan pastinya halal untuk dikonsumsi ya, yuk intip apa saja?

Cakalang Fufu

Ikan cakalang seakan menjadi primadona masyarakat Manado, hampir di beberapa hidangan ikan cakalang selalu digunakan sebagai lauknya. Ikan cakalang sendiri adalah tongkol putih, salah satu cara memasaknya yang berhasil menggoda lidah adalah dengan diasap. Setelah diasapi, ikan cakalang bisa ditambahkan saus atau ada yang diolah kembali menjadi cakalang fufu santan. Harga untuk satu ikan cukup bervariasi, tentunya tergantung dari ukuran ikan tersebut. Biasanya cakalang dibanderol dengan kisaran harga Rp 35.000 – Rp 65.000.

Pada umumnya, cakalang fufu bisa disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan, karena telah melewati proses pengawetan berupa pengasapan. Cara menyajikan cukup mudah, hanya dengan digoreng sebentar dalam minyak panas lalu ditambahkan sambal dabu – dabu khas Minahasa. Pastinya paling enak kalau disantap bersama nasi hangat. Di Manado, banyak warung atau rumah makan yang menyajikan menu cakalang fufu ini. Jadi tak perlu khawatir akan kesulitan mencarinya!

Woku

Bagi penyuka aneka olahan laut, mungkin bisa mencoba menu yang satu ini. Diolah dengan berbagai bumbu, membuat woku memiliki aroma dan rasa khas tersendiri. Woku memiliki dua jenis, yakni woku balanga alias woku yang dimasak dengan belangga, dan ada woku daun karena dimasak di dalam daun. Cita rasa yang khas tersebut tentunya berasal dari beragam rempah yang digunakan, seperti daun jeruk, jahe, daun pandan, sehingga menciptakan aroma yang wangi.

Biasanya yang dapat diolah menjadi woku ialah ikan mas, kepiting, udang, ikan nila dan ikan kerapu. Namun, tak semua orang akan menyukai hidangan yang satu ini karena beberapa orang menganggapnya amis karena daging ikan hanya diolah dengan dimasak bersama kuahnya langsung, tanpa mengalami proses penggorengan atau dikukus sebelumnya. Tapi daripada penasaran, lebih baik dicoba dulu ya siapa tahu enak.

Nasi Kuning

Berbeda dengan nasi kuning dari daerah lain, nasi Manado menjadikan ikan cakalang dan sambal sebagai pelengkapnya. Yang membuatnya khas adalah sambalnya yang bercita rada pedas manis karena ditambahkan gula merah. Tak hanya itu, yang membedakan nasi kuning Manado dengan lainnya adalah penggunaan daun lontar atau daun woka sebagai pembungkusnya, sehingga memberikan aroma sedap pada nasi. Rumah makan nasi kuning yang cukup populer di Manado adalah Nasi Kuning Saroja dan Nasi Kuning Selamat Pagi, yang katanya menjadi pelopor nasi kuning dan penjual nasi kuning tertua di Manado. Rumah Makan Nasi Kuning Saroja terletak di Jl. Diponegoro No 9, Teling, Manado, sementara Rumah Makan Nasi Kuning Selamat Pagi berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Kampung Sodo, Manado, Sulawesi Utara.

Baca juga: Gurih & Nikmat, Kuliner Udon Khas Jepang

Klapertaart

Kalau makanan yang satu ini adalah pengaruh dari kedatangan orang – orang Belanda yang kala itu menetap di Manado. Klapertaart, mungkin anda pernah mendengar namanya karena memang terkenal menjadi oleh – oleh khas asal Manado. Bahan dasarnya adalah tepung, susu, telur, mentega dan kelapa. Klapertaart paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin, sehingga lebih baik disimpan di dalam kulkas setelah diolah.

Inovasi terus dikembangkan dengan membuat varian rasa klapertaart menjadi beragam, seperti rasa keju, cokelat atau durian. Eits, tapi hati – hati ya jangan menyantapnya terlalu banyak karena termasuk tinggi kalori lho.

Gohu

Gohu memang mirip dengan asinan, berbahan dasar air asam cuka, garam, gula, jahe dan cabai membuatnya memiliki perpaduan rasa pedas, manis hingga asam bercampur menjadi satu. Sebagai pelengkap, gohu terdiri pula dari irisan daging buah pepaya mangkal. Membayangkan saja sudah membuat lidah bergoyang ya?

***

Semoga perjalanan ke manado, Sulawesi Tenggara menjadi impian liburan seumur hidup yang tak akan terlupakan. Pastikan untuk menggandeng agen travel wisata Jari Adventure sebagai mitra profesional dan kredibel yang mengatur perjalanan wisata Manado dengan paket liburan yang lengkap dan hemat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *