4 Oleh-Oleh Mudik Lebaran Khas Dari Bandung

Sebagai pusat wisata belanja dan wisata kuliner, kota wisata Bandung hampir bisa dipastikan selalu ramai dikunjungi para pemudik di hari libur lebaran.

Selain warga masyarakat Bandung yang memang sedang mudik atau pulang kembali ke kampung halaman di  kota kembang, ada pula pemudik yang menyambi jadi wisatawan domestik untuk memanfaatkan liburan panjang di hari raya lebaran sebagai momen berkumpul dan berekreasi bersama keluarga besar.

Bandung adalah kota yang selalu hidup dan bisa dikatakan sangat ramah dengan wisatawan. Fasilitasnya lengkap dengan sarana-sarana umum yang memadai seperti kota-kota besar di luar negeri.

Taman-taman di kota Bandung sungguh cantik dan menawan, seolah memang sengaja didandani untuk menyambut para wisatawan dan membuat setiap orang yang berkunjung merasa betah berlama-lama rekreasi di kota Mojang Priangan ini.

Setiap kali arus balik menjelang, para pemudik melakukan satu hal yang tak boleh dilewatkan sebelum kembali ke kota masing-masing usai merayakan libur lebaran di kota Bandung. Apakah itu? Tentu saja, tidak lain adalah membeli oleh-oleh khas Bandung sebagai buah tangan atau pertanda jika baru saja menjejakkan kaki di kota yang penuh sejarah dan kaya budaya seni tersebut.

Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa menjadi referensi Anda para calon pemudik Lebaran di kawasan Jawa Barat:

Pisang Bolen Kartika Sari Bandung

Buah tangan yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Bandung yang sangat fenomenal. Mulai dibuka sejak 1970-an, toko oleh-oleh yang berpusat di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, Bandung ini benar-benar mampu menancapkan kuku bisnis yang sangat kuat di dunia bisnis oleh-oleh dari Bandung.

Hampir bisa dipastikan setiap pemudik akan memadati toko oleh-oleh khas Bandung ini setiap libur lebaran untuk membeli buah tangan dari kota kembang. Ada berbagai jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang misalnya keripik, kue-kue pastry, kastangel, nastar, dan yang paling populer tentu saja pisang bollen atau bagelen. Sebenarnya, para pemudik bisa saja membeli oleh-oleh yang sama di toko-toko oleh-oleh khas Bandung sejenis ataupun outlet Kartika Sari yang mudah ditemukan di setiap sudut kota bandung atau Jakarta. Namun, entah mengapa para pemudik tetap saja merasa kurang afdol dan puas jika tidak membeli langsung di pusat toko pisang bollen dan bagelen ini.

Picnic Roll Primarasa Bandung

Apa jenis makanan yang terlintas ketika menyebut kata ‘piknik’?  Hmm.. mungkin sejenis roti sandwich atau burger. Tapi, di Primarasa Bandung, Anda bisa menjumpai Picnic Roll yang rasanya sangat nikmat dan membangkitkan selera. Picnic Roll terbuat dari campuran adonan tepung dan daging cincang yang lembut seperti sosis. Kemudian, adonan ini diberi bumbu dan dilapisi dengan kulit yang bertekstur renyah seperti pastry dan tak lupa diberi tambahan telur rebus di dalamnya. Setelah itu, makanan ini dipanggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Banyak penggemar oleh-oleh khas Bandung yang tergila-gila dengan kelezatan Picnic Roll. Selain tahan lama, picnic roll juga memiliki cita rasa yang gurih dan varian rasa yang cukup beragam. Ada rasa daging sapi, daging ayam, selain itu juga masih ada yang memiliki cita rasa manis, seperti brownies, rasa puding serta mousse cake yang begitu lembut.

 

Baca Juga : Travel Wisata Bandung – Destinasi Kuliner di Bandung

 

Surabi Bandung

Surabi yang paling populer adalah Surabi Enhaji yang berada di Jalan Setiabudi. Meskipun, di Solo ada Surabi Notosuman yang manis, di Bandung ada Surabi Enhaji yang menawarkan cita rasa dan sensasi berbeda. Varian rasa yang ditawarkan lebih bermacam-macam, tengok saja ada yang rasa oncom, rasa durian keju, rasa ayam, rasa telur keju, rasa kismis dan masih banyak lagi.

Surabi yang dijual mengikuti selera para pembeli yang diperbolehkan memesan sesuai permintaan.

Peuyeum Bandung

Kalau Anda belum tahu apa itu peuyeum, maka Anda bisa mencicipi rasa tape alias tapai. Ya itu dia. Tape atau tapai di Bandung disebut pula dengan istilah peuyeum. Tidak mau kalah dengan kota tape bondowoso, di bandung juga banyak tersedia peuyeum manis yang terbuat dari bahan singkong berkualitas super.

Tidak heran apabila ukuran peuyeum di Bandung ada yang sangat besar dan dipajang di etalase toko oleh-oleh khas bandung dengan cara digantung secara utuh seperti singkong rebus.

Jika kurang suka dengan peuyeum dengan rasa ‘original’ atau fermentasi manis, di kawasan Jalan Cihampelas, Anda bisa menemukan aneka olahan singkong yang difermentasi dengan cara diberi ragi dan disimpan dalam wadah tertutup ini, dalam bentuk makanan berbeda. Ada yang sudah dibentuk dalam dodol tape, brownies tape, kue pelangi hingga suwar-suwir.

Bagi para pemudik yang merencanakan perjalanan mudik atau arus balik sekitar 2-3 hari kemudian, Anda bisa memesan peuyeum yang tanggal matangnya dapat disesuaikan. Jadi, sesampainya di kota tujuan, peuyeum masih bisa dinikmati dengan kualitas rasa yang tetap terjaga. Sip, kan?

***

Nah, itu dia beberapa jenis dan pilihan oleh-oleh khas Bandung yang bisa dibawa pulang jika Anda mudik lebaran ke kota Bandung. Selain rasanya yang nikmat, beberapa oleh-oleh juga masih tahan lama untuk dinikmati ketika sudah tiba di kota tujuan.

Kembali ke tempat asal, tidak hanya memori dan kenangan indah libur lebaran bersama keluarga yang bisa dirasakan, Anda juga bisa menikmati kelezatan jajanan dan oleh-oleh khas Bandung seusai mudik Lebaran. Selamat berbelanja oleh-oleh khas Bandung ya..

 (Jari Adventure-det-picture : blog.tokopedia.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *