4 Dessert Alias Makanan Penutup Asal Turki yang Sering Dijadikan Menu Buka Puasa Ramadan

Menikmati sajian Turki akan lebih berkesan dalam deretan menu – menu yang menerbitkan selera. Dimulai dengan menu pembuka seperti hidangan sup yang menyegarkan, menu utama berupa olahan daging dan biji- bijian, kemudian disempurnakan dengan menu penutup berupa menu yang manis.

Banyak jenis hidangan penutup khas Turki yang digunakan untuk menu berbuka puasa karena cita rasa yang manis dan cepat menambah energi setelah berbuka puasa. Apa saja menu hidangan penutup asal Turki yang legendaris. Kamu wajib baca terus ulasan di bawah ini ya…

Gullac

Dessert asal Turki yang pertama adalah gullac. Berbahan dasar adonan roti, susu, kacang, biji buah delima dan air mawar, gullac memiliki tekstur yang lembut. Air mawar berguna untuk menambahkan cita rasa manis. Nama gullac sendiri berasal dari penggabungan dua kata yakni gullu dan as, yang memiliki makna makanan dari mawar. Konon hidangan sudah ada sejak jaman Kerajaan Ottoman.

Untuk mempercantik tampilannya, terkadang tak lupa ditambahkan aneka buah – buahan atau kacang. Rasanya yang dominan manis, membuatnya cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Gullac biasanya mudah dijumpai saat bulan Ramadhan tiba. Jadi bila anda datang ke Turki saat Ramadhan, jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipi kue yang satu ini.

Revani atau Seoilona Cakes

Kue yang satu ini dikenal dengan beberapa nama, ada yang menyebutnya revani, basbousa hingga seoilona cakes. Yang unik dari dessert lainnya adalah penggunaan tepung semolina, yakni tepung yang dicampur dengan gula, susu, baking powder dan mentega. Perbedaan dengan tepung lainnya terletak pada warna dan teksturnya, tepung semolina berwarna kuning muda dan bertesktur sedikit lebih kasar daripada tepung pada lainnya. Dari segi kesehatan, tepung ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Rasa manis revani berasal dari sirup dan air bunga jeruk. Adonan yang telah dibuat dari tepung semolina ini kemudian dicetak pada loyang segi empat kemudian dipanggang. Setelah matang, barulah kue ini dipotong menjadi kecil – kecil. Agar semakin nikmat bisa pula ditambahkan taburan kepala parut, kacang pistachio atau kacang almond dan madu sebagai penambah cita rasa manis. Karena rasanya yang manis, kue asal Timur Tengah ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup saat buka puasa. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Knafeh (Kunefe)

Kunefe adalah makanan asal negara Kerajaan Ottoman yang terbuat dari adonan pastry yang ditumpuk dengan keju, kacang dan disiram bersama sirup atau madu. Sama seperti revani, kunefe juga ditambahkan taburan kacang pistachio giling. Jajanan kaki lima memiliki rasa yang manis dan tesktur yang legit. Masyarakat lokal biasanya menyajikannya ketika acara tunangan, perkinahan atau buka puasa. Mereka mengklaim bahwa kunefe menyimbolkan suatu kebahagiaan.  Bila kue lainnya menggunakan cheddar atau mozarella, keju yang digunakan pada kunefe berbeda yakni keju nabulsi.

Seiring berkembang waktu, inovasi terhadap kue ini terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan cara menambahkan varian rasa misalnya apel, coklat dan es krim. Namun yang asli atau original tetap jadi primadona, jadi bila datang ke Turki jangan lupa mencicipi kue manis yang satu ini.

Roti Simit

Budaya Turki tak lepas dari pengaruh letaknya yang sebagian berada di Eropa, termasuk kebiasaan menyantap roti bersama sup atau kari. Roti ini banyak dijajakan di pinggir jalanan Turki menggunakan gerobak. Menjadi jajanan kaki lima, membuat harganya terjangkau yakni sekitar 1 lira untuk satu roti. Harga bisa bertambah jika anda meminta tambahan nutella atau keju.

Bila makanan penutup pada umumnya memiliki rasa yang manis, berbeda dengan roti simit. Seperti roti goreng yang ada di Indonesia, roti simit memiliki rasa yang tawar. Teksturnya yang kasar membuat kita harus extra dalam menggigit dan mengunyahnya. Roti ini paling pas dinikmati saat musim dingin, karena sensasi hangat di mulut pasti akan membuat anda ketagihan menyantapnya.

***

Pastikan momen liburanmu ke Turki ataupun di dalam negeri berjalan lancar dan menyenangkan. Tidak ada lagi cerita kehabisan kamar atau sulit mendapatkan transport, karena agen travel wisata Jari adventure siap menjadi mitra perjalanan wisata yang epik dan bebas stres. Yuk, hubungi kami sekarang juga via whatsapp atau telepon 0877 – 78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *