3 Ikon Kuliner Khas Padang Pariaman, Sumatera Barat

Bagi anda penikmat film layar lebar Indonesia, mungkin pernah menyaksikan film Me Vs Mommy. Film tersebut berlatarkan Kabupaten Padang Pariaman yang ada di Sumatera Barat. Menampilkan keindahan salah kota di Padang, membuat kita tak habis pikir bahwa alam tersebut ada di Indonesia. Biasanya sawah yang masih alami hanya ada di sekitaran Pulau Jawa, namun rupanya Sumatera Barat menyimpan kekayaan alamnya yang tak kalah asri.

Letak Kabupaten Padang Pariaman

Berada 56 KM dari Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman menjadi destinasi favorit alias tempat tujuan yang sering dikunjungi wisatawan ketika datang ke Sumatera Barat. Dengan jarak tersebut, diperlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit atau kurang lebih 120 menit. Jika anda menggunakan jalur udara, anda dapat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau dan menempuh 25 KM lagi untuk mencapai Pariaman. Jika biasanya bandara diberi nama tokoh pahlawan nasional atau tokoh terkenal, bandara yang satu ini merupakan satu – satunya bandara di dunia yang menggunakan etnis sebagai namanya. Wah, unik ya!

Menjadi Surga Para Pecinta Kuliner

Masakan padang memang sudah tak diragukan lagi kelezatannya, menunya yang beragam membuat para penikmat kuliner tak pernah bosan. Beberapa lauknya yang populer antara lain adalah sate pariaman, katupek gulai kapalo lauak (gulai kepala ikan) dan sala lauak. Sate pariaman sendiri adalah kuliner khas Pariaman yang berbeda dari sate pada umumnya, keunikannya terletak pada kuahnya yang merah dan rasa pedas yang melekat. Cocok untuk kamu penyuka cita rasa pedas. Ada apa lagi ya selain sate?

Kota Padang dan sekitarnya, merupakan daerah pesisir dengan komoditas utama makanan sari laut. Seperti aneka jenis ikan, udang, cumi – cumi atau sotong, kerang hingga kepiting. Tak heran jika aneka sajian kuliner yang terhidang di beberapa restoran ternama ataupun warung makan dan kedai tempat makan pinggir jalan adalah aneka kuliner sea food atau sari laut. Yang paling mantap dan populer untuk dicoba wisatawan adalah gulai  kepala ikan. Bahkan, chef papan atas tanah air sekelas, Farah Quinn saja sangat tergila – gila dengan gulai kepala ikan berkuah kuning. Selain mempunyai cita rasa yang lezat nan gurih, kepala ikan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Protein dan lemak masih bertaraf sedang sehingga tak perlu khawatir kolesterol berlebihan ataupun menambah berat badan. Sementara itu, kuliner ikan laut juga sangat pas untuk menambah gizi anak – anak ketika liburan.

baca juga : Menaiki Mak Itam di Museum Kereta Api Sawahlunto

1.       Gulai Kepala Ikan

Sama seperti Manado, Padang juga punya gulai kepala ikan. Namun ada yang berbeda diantaranya, bedanya kuah gulai kepala ikan asal Padang lebih kental dan memiliki aroma yang khas karena aneka rempah – rempahnya. Kentalnya kuah berasal dari santan, ditambah kepala ikan yang menggoda, menghasilkan sebuah cita rasa perpaduan yang segar untuk anda penikmat makanan laut.

2.       Sala Lauak

Sala Lauak adalah sejenis gorengan yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Maknanya secara harfiah yakni ikan goreng, tetapi dari tekstur dan rasa tidaklah seperti ikan goreng. Bertekstur renyah, memiliki rasa asin dan cenderung gurih membuat siapa saja yang mencicipinya bakal ketagihan. Pada umumnya Sala Lauak berbentuk bulat, namun beberapa varian sengaja dibuat pipih.

Anda dapat dengan mudah menemukannya di daerah pesisir Pantai Gandoriah. Masyarakat sekitar biasanya menjadikan hidangan ini sebagai menu sarapan pagi atau pelengkap hidang ketupat gulai.

 

3.       Nasi Sek

Salah satu pantai yang populer di Pariaman adalah Pantai Gondariah. Datang ke pantai ini tak lengkap rasanya bila tak menyantap Nasi Sek. Arti SEK sendiri ialah saratuih kanyang atau dalam bahasa indonesianya seratus kenyang. Karena dulunya memang nasi ini dijual dengan harga yang murah, tetapi seiringnya berkembang jaman harganya tidak lagi terjangkau.  Nasi Sek terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang, gulai, sambal cabai, sayur singkong.

Mendengarnya saja sudah berhasil membuat ngiler ya, pantas saja masakan padang banyak disukai baik masyarakat lokal dan para turis asing yang melancong ke tanah Padang.

 

 

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.