10 Makanan Kuliner Terbaik Korea Selatan, Lezatnya Bikin Nagih

Makanan Kuliner Terbaik Korea Selatan – Bukan hanya di Indonesia, Korea Selatan ternyata juga menyimpan kekayaan kuliner yang beragam. Tidak hanya berbagai jenis masakan, ada juga kue sebagai pelengkap sajian pesta maupun wisatawan foodie  untuk bersantap kuliner. Seperti apa menariknya kuliner terbaik dari Korea Selatan, berikut menu – menunya:

 

Kimchi

Menu yang paling populer sebagai masakan khas Korea Selatan adalah kimchi. Ini adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran yang sudah diberi bumbu dengan cita rasa asam dan pedas. Lidah orang Korea sepertinya juga senang dengan rempah dan kaya rasa. Sayuran yang paling populer untuk kimchi biasanya lobak, atau sawi dan timun. Dibubuhi dengan bumbu rempah seperti cabai, jahe, bawang putih, bawang bombay serta saus ikan dan pasta udang.

Kimbap

Pada dasarnya makanan ini mirip seperti nasi bola atau rice ball. Di dalam gulungan nasi putih, diisi berbagai varian isian seperti potongan daging, ikan, sayuran yang sudah dicincang, kemudian ditutup dengan lembaran rumput laut kering atau onigiri. Setelah itu, Kimbap akan dipotong – potong kecil untuk ukuran satu kali lahap agar lebih mudah dalam penyajian. Tidak hanya bundar, kadang Kimbap juga dibentuk segitiga dan nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen. Isian berupa sayur yang dicincang menggunakan wortel, timun, bayam atau lobak. Saat disajikan, Kimbap bisa dicocol bersama saus mayones atau saos tomat.

Bibimbap

Kalau di Indonesia ada nasi rames alias nasi campur, maka di Korea ada Bibimbap. Sama seperti di Indonesia. Makanan ini terdiri dari nasi putih dengan aneka lauk – pauk berupa sayuran, daging dan sambal. Namun, dalam penyajiannya, Bibimbap ditaruh dalam nampan yang besar, nasi ditata sedemikian rupa dengan sayur dan daging fillet diatur secara menarik dan menggugah selera. Biasanya, Bibimbap ditempatkan dalam hotplate bersama kuning telur yang ditempatkan tepat di tengah lauk.

Baca juga: Wow, Inilah 5 Kekayaan Tradisi Legendaris Provinsi Maluku

Bulgogi

Orang Korea Selatan rupanya juga senang mengonsumsi daging. Misalnya pada menu Bulgogi. Daging sapi diiris tipis – tipis hingga menyerupai lembaran – lembaran yang bisa dipanggang atau ditumis dalam wajan datar. Namun, sebelumnya, daging sudah dibumbui atau dimarinasi dengan bumbu seperti minyak wijen, garam, lada dan kecap.

Kemudian, Bulgogi akan disajikan dengan cara ditempatkan pada mangkuk kecil, dibungkus selada dan ditemani nasi putih beserta lauk lainnya.

Ramyeon atau Ramen

Kalau mie instan, di Korea Selatan juga sudah sangat lumrah. Bahkan, mie ramen ini juga kerap ditampilkan pada drama – drama Korea terpopuler sebagai makanan favorit. Kuah kental yang berkaldu menjadikan ramen semakin mantap dinikmati untuk menu sehari – hari. Ditambah sayuran, telur serta kadang bubuk cabai agar cita rasa lebih nendang.

Chajangmyeon atau Jjajangmyeon

Sebenarnya, Chajangmyeon ini merupakan mie ayamnya Korea Selatan. Terbuat dari bahan mie yang terbuat dari tepung terigu kemudian dicampur saus seperti kecap terbuat dari kacang kedelai hitam kental. Bahkan, penyajian pun tak jauh beda. Disajikan bersama potongan sayuran, daging, dan kadang ikan atau udang.

Japchae

Japchae terdengar mirip dengan penyebutan cap cay dari Indonesia. Namun, ada sedikit perbedaaan. Yaitu masakan ini terbuat dari bahan mie tepung ubi. Ditumis dengan bahan campuran seperti wortel, bayam, atau jamur. Kemudian, ditambahkan kecap dan gula.

Sup Rumput Laut Korea (Miyeok Guk)

Sama seperti membuat sup pada umumnya. Hanya saja bahan utama adalah rumput laut yang direndam hingga lunak dan mudah untuk diolah. Sup cukup diberi bumbu kecap, garam serta wijen dan bawang putih. Bahkan, di Korea Selatan ada tradisi meminum sup rumput laut ketika ulang tahun dan setelah melahirkan. Ini berkat kandungan sup rumput laut yang kaya akan nutrisi. Meminum sup rumput laut ketika ulang tahun mengingatkan pada saat kelahiran mereka. Sementara itu, bagi ibu yang menyusui atau sehabis melahirkan, sup rumput laut dapat meningkatkan kualitas ASI.

Kue Beras

Tidak jauh berbeda dari tanah air, kue beras ternyata juga turut disajikan di Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, kue beras ini biasanya disebut dengan apem atau kue tilam. Tepung beras ketan atau sweet rice, disajikan dengan berbagai jenis warna dan rasa. kadang diberi tambahan flavor stroberi, blue beri, pandan, atau aroma lainnya. Bahkan, kue atau panganan ini sering disajikan pada saat pesta atau hajatan seperti pesta ulang tahun, pesta pernikahan atau pesta kantor dan kedatangan tamu di rumah.

***

Jadikan petualangan kuliner ke Korea Selatan semakin nyaman bersama agen travel wisata Jari Adventure yang kredibel dan profesional. Jari adventure membantu mengakomodir kebutuhan perjalanan wisata Anda ke seluruh penjuru destinasi wisata yang ada di dalam negeri dan luar negeri dengan bujet hemat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *