Aman Wisata Kuliner Saat Pandemi, Begini Tips Sehatnya

Kini kita tengah memasuki era new normal, dimana semua orang termasuk instansi memulai kembali aktivitas yang sempat terhenti. Salah satunya restoran atau kafe.

Restoran dan kafe kini mulai beroperasi layaknya sebelum pandemi mewabah, tentunya dengan protokol yang berlaku.

Dibukanya restoran dan kafe merupakan pertanda baik bagi Anda yang telah melakukan self quarantine selama berbulan-bulan. Wisata kuliner sudah bisa Anda lakukan kembali! Namun, meski sudah bisa makan-makan di luar rumah, tetaplah berhati-hati dan mematuhi protocol Kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

Tak hanya menggunakan masker saat berwisata kuliner, Anda juga wajib sering mencuci tangan dimanapun Anda berada. Sedia hand sanitizer untuk berjaga jika tidak ada wastafel terdekat. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati hidangan di luar rumah sekaligus tetap menekan risiko penularan virus Corona.

Beberapa restoran dan kafe yang mulai beraktivitas memotong jam operasi dan tetap menjaga social distancing. Contohnya restoran dan kafe yang ada di DKI Jakarta. Banyak dari mereka memanfaatkan teknologi dengan menyediakan menu secara digital sehingga mengurangi kontak langsung yang dapat menyebarkan virus.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan diri Anda ketika makan di kafe atau restoran, mari kita simak beberapa tips mencari lokasi wisata kuliner paling aman dan menerapkan aturan untuk menurunkan angka tertularnya virus Corona. Check this out.

 

  1.       Restoran Out Door

Sama seperti sebutannya, pilihlah restoran Outdoor yang berarti di luar ruangan. Prinsip jaga jarak sekitar 2 meter dengan orang lain harus tetap Anda terapkan dimanapun Anda berada. Hindari restoran atau kafe yang melayani di dalam ruangan, terutama ruangan tanpa ventilasi atau jendela serta kipas angin.

Ruangan tersebut membuat sirkulasi udara tidak berputar secara baik, sehingga meningkatkan resiko tertular virus yang satu ini. Droplet bisa beterbangan di dalam ruangan lebih dari 2 meter, apalagi tertiup kipas angin.

Restoran di luar ruangan membuat sirkulasi udara lebih bebas, serta lebih menjaga jarak antar pengunjung.

 

  1.       Pramusaji Mengenakan Masker

Sebagai pelanggan, Anda tentu diwajibkan menggunakan masker meski masuk ke area restoran atau kafe. Termasuk juga para pelayan restoran atau pramusaji. Pilihlah restoran yang pramusajinya menggunakan masker atau face shield. Bukankah percuma jika hanya pelanggan yang menggunakan masker?

Jika pramusaji bahkan koki dari restoran tersebut tidak menggunakan masker, droplet bisa jatuh ke makanan pelanggan. Tentu hal ini tidak ingin Anda alami, bukan?

Jika perlu, pramusaji yang baik menggunakan sarung tangan untuk meningkatkan kebersihan daripada hidangan yang disajikan. Pramusaji akan memegang banyak permukaan sehingga harus berhati-hati dalam menyajikan makanan.

 

baca juga:

Aman Tanpa Ribet, 5 Tips Wisata Kuliner Via Online di Rumah Saja

 

  1.       Tetap Bersihkan Meja

Pramusaji akan membersihkan meja sebelum digunakan oleh pelanggan yang baru. Meski begitu, ada baiknya Anda tetap mengelap meja dan kursi sebelum Anda duduk dan memesan makanan.

Tentu saja pramusaji selalu mengelap meja dan kursi sebelum atau sesudah consumer makan, tapi, tidak ada salahnya untuk memastikan tempat itu tetap bersih, bukan?

Ini juga salah satu alasan mengapa Anda harus menyediakan handsanitizer hingga tisu basah dalam tas. Bersihkan segala permukaan yang akan Anda sentuh baik gagang pintu, meja, maupun kursi dengan tisu basah atau cairan disinfektan.

Meski mulai beraktivitas layaknya sedia kala, jangan lupa selalu menggunakan masker, menerapkan social distancing, hingga menegakkan protocol Kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari virus corona.

Tetaplah menggunakan pembayaran yang aman, karena uang maupun kartu kredit dan debit merupakan salah satu benda yang sangat cepat menularkan virus. Gunakan uang virtual dalam melakukan pembayaran. Bisa juga menggunakan voucher untuk mengurangi kontak dengan orang lain yang dapat memicu virus hinggap di tubuh Anda.

Jika masih takut untuk berwisata kuliner di luar rumah, Anda tetap bisa menikmati kuliner dengan memanfaatkan platform pemesanan makanan. Dengan begitu, wisata kuliner tidak tertunda lagi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.