Waspada Penipuan! 9 Tips Memilih Agen Umroh yang Profesional dan Terpercaya

Bagi umat Muslim, beribadah umrah menjadi salah satu keinginan atau cita – cita yang sangat dirindukan. Terutama bagi masyarakat di tanah air yang sudah lanjut usia atau sepuh, umumnya berhaji kecil atau umrah menjadi pilihan untuk menuntaskan kerinduan bertamu ke rumah Alloh swt.

Haji di bulan Dzulhijjah saat ini harus menunggu kuota hingga bertahun – tahun. Karena pelaksaan ibadah haji hanya bisa dilakukan satu tahun sekali. Belum lagi, ada seluruh umat Muslim lain dari seluruh dunia yang juga memiliki cita – cita yang sama. Oleh karena itu, haji kecil atau umrah bisa menjadi pilihan bila ingin segera menjejakkan kaki ke tanah suci, Mekkah.

Namun sayang, keinginan mulia ingin bertamu ke rumah Alloh sering diwarnai dengan tindakan segelintir oknum agen umroh yang tidak bertanggung jawab. Mereka menggelapkan uang jamaah umroh untuk dana pribadi. Sehingga para jamaah yang seharusnya dalam waktu 1 – 3 bulan sudah bisa berangkat, hanya bisa gigit jari.

Nah, agar penipuan jamaah umrah ini tidak terjadi atau menimpa Anda, berikut adalah 9 tips memilih agen umrah yang terpercaya:

1. Berizin atau berlisensi Kementerian Agama

Izin ini bisa dikonfirmasi atau dicek langsung melalui website resmi Kementerian Agama atau bahkan menanyakan langsung ke kantornya. Jika tidak ada izin atau lisensi yang legal, maka sebaiknya coba mencari alternatif agen umroh lain.

2. Memiliki validitas atau masa berlaku izin

Setiap 3 tahun sekali, Kementerian Agama selalu memperbarui (update) izin agen umroh sesuai dengan kinerjanya. Cari tahu apakah izin di agen umroh tersebut sudah terbaru. Hal ini untuk memastikan keberangkatan dan kualitas pelayanan dari agen umroh tersebut.

3. Periksa track record keberangkatan jamaah

Tanyakan kepada pihak agen travel sudah berapa kali pernah menyelenggarakan perjalanan umroh maupun haji. Bila dilihat dari tahun berdiri yang sudah lama, tetapi total perjalanan yang masih sedikit tentu patut dicurigai. Apakah betul perusahaan agen umroh tersebut bisa dipercaya.

4. Ulasan dari para jamaah

Cek melalui ulasan google atau bertanya langsung kepada eks jamaah agen umroh yang sudah pernah menggunakan jasa agen tersebut. Cari tahu berbagai info secara detail seperti maskapai penerbangan, hotel, jarak hotel ke Masjidil Haram, dan sebagainya. Kemudian, bagaimana pelayanan agen ketika jamaah menghadapi berbagai kendala di tanah suci.

5. Pertimbangkan harga

Ada ungkapan yang menyebutkan bahwa “ada harga ada kualitas”. Jangan hanya memikirkan dari segi ekonomis, tetapi fasilitas atau pelayanannya nol. Memang tidak perlu memilih paket umroh yang terlalu mewah atau harga fantastis, setidaknya jamaah bisa mempertimbangkan harga yang sesuai standar berlaku yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Bila terlalu rendah, patut dicurigai bila agen umroh tersebut abal – abal.

Baca juga:

Terungkap! 9 Trik Rahasia Mendapatkan Tiket Penerbangan Murah Kemana Pun

 

6. Cari kepastian jadwal berangkat: tanggal, bulan, tahun yang tepat

Waspada atau patut curiga bila agen umroh tidak mau menyebutkan kepastian tanggal, bulan dan tahun. Hal ini bisa jadi dilakukan oleh agen umroh karena sedang menunggu kuota tertentu atau memiliki target jumlah jamaah terpenuhi. Wah, jika hal ini terjadi perjalanan umroh Anda yang akan terganggu dengan alasan diundur dan lainnya.

7. Kepastian maskapai penerbangan

Selain iming – iming harga yang murah, biasanya agen umroh yang tipu – tipu juga tidak mencantumkan nama maskapai penerbangan atau pesawat yang dipakai untuk mengantarkan para jamaah ke tanah suci. Jangan berani membayar, jika agen umroh tidak memiliki rencana atau memberitahukan nama maskapai penerbangan yang dipakai.

8. Pertimbangkan jarak hotel dengan lokasi ibadah

Bila hotel yang disediakan jaraknya dalam hitungan kilometer dari tempat ibadah sebaiknya pertimbangkan ulang. Karena kondisi 1 km di Arab Saudi dengan Indonesia tentu sangat berbeda. Jamaah harus menyeberang jalan raya yang lebar dan padat. Cuaca terik dan udara gerah, serta ada banyak pedagang atau penjual souvenir yang memadati tepi jalanan. Terlebih saat bulan Haji atau Dzulhijjah, maka jumlah jamaah akan melonjak drastis dan membuat lokasi ibadah berdesak – desakan.

9. Punya pendamping umrah

Biasanya, agen umrah juga memiliki sejumlah guide atau pendamping umroh yang berpengalaman dan kompeten. Mereka biasanya dari kalangan ustadz dan ustadzah yang dapat memberikan banyak info dan bimbingan doa – doa kepada jamaah agar dapat melaksanakan umroh dengan baik.

***

Jangan sampai salah memilih agen travel untuk ibadah umroh Anda ya. Selamat menunaikan ibadah umroh dari Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *