Travelling Untuk Arus Balik Mudik, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi warga masyarakat di tanah air. Setelah berjuang agar bisa pulang ke kampung halaman, saat arus balik para pemudik akan menjadi momen yang harus dijalani selanjutnya.

Semua pemudik akan kembali kota – kota asal untuk kembali menjalankan pekerjaan dan aktivitas sehari – hari.  Terlebih bagi para pemudik yang kembali saat momennya mepet dengan tanggal masuk kerja. Wah, arus balik bakal semakin padat.

Banyak hal yang harus dipersiapkan saat travelling untuk arus mudik. Pastinya, barang – barang bawaan akan bertambah lebih banyak dua kali lipat, karena dibekali berbagai oleh – oleh dan makanan pokok dari kampung. Simak yuk tips – tips penting travelling untuk arus balik mudik yang perlu dipersiapkan:

1. Kemas rapi dan ringkas

Oleh-oleh berupa camilan hingga bahan makanan mentah dari desa seperti beras, minyak, gula dan jajanan tradisional sudah pasti menjadi pelengkap bekal untuk arus balik mudik. Umumnya, orang tua atau keluarga di desa akan membawakan sanak saudara yang bekerja di luar kota dengan berbagai barang mentah seperti beras agar mereka tidak perlu membeli. Sedangkan, di desa sendiri, hasil panen padi begitu melimpah ruah dan tidak perlu membeli. Begitu juga dengan sayur mayur dan ternak ayam. Semua tinggal memetik hasilnya tanpa perlu mengeluarkan uang.

Agar travelling selama arus balik mudik berjalan nyaman, kemas dengan rapi dan praktis dibawa dalam perjalanan semua bawaan. Bila perlu, kirimkan saja melalui paket pos agar tidak repot menenteng barang terlalu banyak dan berat.

2. Mempelajari rute alternatif cadangan

Kemacetan arus lalu lintas, kerap membuat para petugas berwenang terutama pihak kepolisian bekerja ekstra dengan membukaj jalur – jalur alternatif. Jangan lupa untuk mempelajari berbagai rute yang berpeluang sebagai titik kemacetan. Seperti pasar atau perempatan jalan. Kemudian carilah rute alternatif sebagai cadangan. Bagi Anda yang memang tidak ingin terjebak kemacetan arus saat arus balik, bisa pulang lebih awal atau bahkan pulang lebih akhir. Seperti tips berikut.

3. Kembali lebih awal

Guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas, tak ada salahnya bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang lebih awal. Memang sayang jika waktu libur lebaran yang panjang tidak dihabiskan maksimal di kampung halaman, tapi pekerjaan juga sebuah kewajiban dan setidaknya Anda masih memiliki beberapa hari untuk beristirahat melepas lelah atau bersilaturahmi dengan tetangga di kota tempat tinggal.

Sedangkan, bagi Anda yang menggunakan moda transportasi umum, segera pesan tiket lebih awal untuk kepulang

an atau arus balik. Jika tidak ingin kehabisan tiket, pilih pulang lebih awal atau lebih akhir selepas arus balik yang relatif lebih sepi penumpangnya.

4. Jaga kesehatan dan stamina

Jika membawa kendaraan pribadi, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan tubuh. Apabila merasa mengantuk atau lelah, segera menepi di rest area terdekat untuk tidur selama beberapa waktu. Tubuh yang lelah tidak bisa dipaksa untuk tetap fokus dan berkonsentrasi menyetir. Yang ada, malah akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Bila perlu konsumsi vitamin, mineral atau suplemen kesehatan agar bisa menyetir dengan fokus dan tidak cepat lelah.

baca juga:

Nikmati Keindahan Kayong Utara! 4 Tempat Ini Akan Menyuguhkan Keindahan

 

***

Momen hari Raya Idul Fitri mungkin sudah berlalu. Tapi, bukan berarti perjuangan sudah usai. Justru arus balik mudik merupakan awal untuk menapaki kembali aktivitas demi meraih cita – cita di masa depan.

Segenap tim Jari Adventure mengucapkan: “Selamat menempuh perjalanan arus balik mudik dan selamat kembali beraktivitas”.

Kemana pun tujuan perjalanan Anda, Jari Adventure sebagai agen travel wisata berpengalaman siap mengakomodasi kebutuhan wisata Anda. Mulai dari gathering, study tour, exhibition, outbond dan sebagainya.

Nikmati perjalanan wisata yang paling berkesan dan hemat karena budgetnya bisa disesuaikan dengan anggaran para traveller.

Kami telah melayani berbagai jenis klien. Seperti instansi, perusahaan, BUMN, rombongan pelajar, mahasiswa, keluarga maupun individu.

Tim Jari Adventure yang profesional selalu memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas demi mewujudkan liburan impian Anda ke berbagai destinasi di seluruh Indonesia dan se-Asia Tenggara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *