Travelling Pas Momen Lebaran, Ikuti 6 Tips Ini

Momen hari Raya Idul Fitri kerap dijadikan masyarakat di Indonesia untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Setelah satu tahun tidak berkumpul bersama atau bertemu dengan keluarga dan orang tua, maka di hari Lebaran saatnya merayakan hari kemenangan dengan travelling atau jalan – jalan di kota kelahiran.

Ada banyak destinasi ideal untuk dikunjungi bersama keluarga di setiap kota seluruh Indonesia. Tapi, sebelum berangkat travelling di momen Lebaran, perhatikan dahulu beberapa tips berikut:

1. Periksa kondisi kendaraan secara detail

Menggunakan kendaraan pribadi sebelum travelling adalah keharusan. Terlebih ketika momen lebaran, banyak orang yang mudik ke kampung halaman masing – masing. Lalu lintas yang padat dan keramaian jalanan di seluruh tanah air akan membuat kemacetan dan tak jarang mesin jadi cepat panas bahkan mogok.

Sebelum berangkat, pastikan kondisi kendaraan pribadi sudah diperiksa secara detail. Cek bahan bakar, air radiator, minyak rem dan instalasi lampu ataupun ban. Bila perlu, bawa kendaraan pribadi Anda ke bengkel terdekat agar mendapatkan pemeriksaan lengkap dari para teknisi handal.

2. Pilih waktu yang tepat

Travelling pas momen lebaran, Anda harus bersiap – siap jika kemungkinan menghadapi kemacetan lalu lintas. Terutama di siang hari, karena sebagian besar masyarakat di kota destinasi masih memiliki sejumlah aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Agar travelling pas momen lebaran tidak terganggu dengan kemacetan arus lalu lintas, pilih untuk berangkat di malam hari atau dini hari.

Setelah memilih destinasi wisata yang diinginkan, Anda juga bisa menginap di hotel atau akomodasi terdekat dengan atraksi wisata. Jadi, Anda dan keluarga cukup berjalan kaki saja dari hotel menuju lokasi destinasi wisata. Tidak akan repot dan berjibaku dengan kemacetan lalu lintas, kan?

3. Kemas barang bawaan dengan praktis

Berencana untuk travelling pas momen lebaran, pastikan agar barang bawaan yang dikemas bisa ringan dan sesimpel mungkin. Pasalnya, jika membawa barang terlalu banyak akan membuat repot di jalan. Terlebih jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau naik kendaraan umum. Tentu selain melelahkan, barang – barang bawaan yang banyak bisa memungkinkan aksi kriminalitas atau bahkan ada barang yang terlupa. Semakin simpel dan praktis barang bawaan yang dikemas, maka semakin nyaman travelling yang Anda lakukan.

4. Mengajak anak-anak ke destinasi wisata yang sesuai usianya

Pilih destinasi wisata yang membuat anak – anak nyaman saat berkunjung atau berwisata. Seperti taman hiburan anak atau waterboom. Jangan lengah mengawasi anak – anak dan selalu menemani mereka saat bermain.

Ketika momen lebaran biasanya semua tempat wisata di setiap kota akan dipadati pengunjung. Di tengah keramaian ini anak – anak biasanya sering terpisah dari orang tua karena kurang pengawasan.

5. Membawa bekal makanan

Sudah bukan rahasia lagi, jika pas momen hari Raya Idul Fitri tarif makanan dan minuman di tempat wisata akan melonjak drastis. Pasalnya, para pedagang tentu ingin mendapatkan keuntungan dari datangnya momen lebaran yang hanya setahun sekali.

Nah, mengantisipasi ongkos travelling yang semakin membengkak. Sebaiknya, bawa saja bekal makanan camilan atau minuman dari rumah. Pasti di rumah juga sudah tersedia banyak kue – kue lebaran yang lezat. Bawa saja sebagai camilan agar tetap terhibur tanpa harus membeli di tempat wisata.

6. Membeli oleh- oleh yang tepat

Travelling ke sejumlah destinasi wisata, tak akan afdol jika pulang dengan tangan hampa. Membeli oleh – oleh juga membutuhkan trik agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Pilih sentra oleh – oleh yang biasanya berada di pusat kota. Selain kualitasnya sudah terjamin, harganya pun relatif lebih murah. Semakin banyak pembeli, biasanya toko oleh – oleh itu sudah memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. Jadi, Anda tak perlu ragu membeli cinderamata di sana.

Baca juga:

Tak Disangka, 6 Destinasi Menakjubkan di Indonesia Ini Ternyata Mirip di Luar Negeri

 

***

Bagaimana persiapan travelling Anda pas momen hari Raya Idul Fitri? Nah, jangan lupa kemana pun tujuan destinasi wisata Anda, pastikan untuk menggunakan jasa agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Kami siap mengakomodir perjalanan wisata Anda ke seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *