Travelling Naik Kereta Api Nyaman dan Aman, Ada 6 Tipsnya

Travelling identik dengan Transportasi. Baik transportasi darat, laut, maupun udara. Mau menggunakan transportasi yang mana, semua tergantung anda, anda lah yang membuat pilihan.

Biasanya, bila jarak jauh, seperti antar pulau dan antar negara, Pesawat lah solusinya. Namun bila hanya sekedar antar kota atau antar provinsi , transportasi darat lah yang sering digunakan, baik itu Bus atau Kereta Api.

Jangan salah, Kereta Api bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Selain terhindar dari macet, kereta api akan mempersingkat waktu untuk sampai ke tempat tujuan dan saat ini fasilitasnya tak kalah nyaman dari pesawat terbang.

Jauh dekatnya mempengaruhi waktu yang ditempuh. Apabila jarak jauh, waktu tempuh otomatis lebih lama, begitu pun sebaliknya.

Berada berjam-jam di atas kereta mungkin akan membosankan dan melelahkan. Agar perjalanan menggunakan kereta api tetap menyenangkan dan nyaman, lakukanlah hal berikut:

1.      Duduk dekat Jendela

Duduk di dekat jendela amat sangat memberikan hiburan bagi mata. Anda bisa memandangi pemandangan yang ada selama berada di perjalanan. Tidak jarang lho jika rute kereta api melewati sawah, pegunungan, bukit, hingga perkotaan. Sambil menyenderkan kepala di kursi penumpang dan memperhatikan keadaan luar, wah layak untuk dicoba ya.

2.      Bawa Makanan/Cemilan

Anda pasti akan merasa lapar saat berada di dalam kereta api, meski terkadang ada kantin yang disediakan, namun anda bisa melakukan langkah penghematan.

Bawa saja bekal dari rumah. Makanan ringan seperti kripik kentang, permen, atau makanan praktis yang lainnya. Boleh saja anda membawa makanan berat, tapi jangan lupa untuk memakannya dengan segera agar tidak basi.

Letakkan di sterofoam atau kotak kertas yang bisa langsung dibuang, agar tidak membebani barang bawaan anda.

3.      Bawa Bantal Leher dan Selimut

Perjalanan yang cukup lama tentunya bisa membuat leher merasa pegal, bukan leher saja yang pegal, tapi anggota tubuh yang lain pasti ikut merasakannya.

Anda akan membutuhkan tenaga ekstra saat sampai di tempat tujuan, oleh sebab itu usahakanlah anda untuk tertidur saat di perjalanan.

Selain untuk membunuh waktu, tidur juga bisa memulihkan tenaga anda. Bawalah bantal leher yang nyaman dan selimut sebagai sarana pendukung tidur anda yang lebih nyenyak.

Bila malas untuk membawanya, biasanya pihak kereta api akan membuka jasa persewaan bantal dan selimut, harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000.Meskipun ada persewaan, tapi lebih enak memakai barang sendiri, bukan?

4.      Siapkan Playlist Lagu yang Cocok untuk anda

Untuk mengusir rasa jenuh, anda bisa mendengarkan musik. Sebelum berangkat menggunakan kereta api, siapkanlah terlebih dahulu playlist lagu yang bisa membangkitkan mood anda.

Genre pop, rock, dangdut, rnb, edm, dll, sesuaikan dengan selera musik anda. Asik kan bila melihat pemandangan di jendela sambil mendengarkan lagu, berasa lagi syuting video klip nih.

5.      Bawalah Buku

Untuk anda yang suka membaca, bawalah salah satu buku yang belum pernah anda baca atau buku favorit anda yang ingin anda baca lagi.

Membaca buku bisa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pecintanya. Dengan membaca buku, waktu akan terasa berjalan sangat cepat.

Baca juga:

Bikin Tepok Jidat, 8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Namanya Nyeleneh

 

6.      Ngobrol dengan Penumpang lain

Manusia adalah mahkluk sosial, sudah sepatutnya untuk menjalin komunikasi dengan sesamanya di lingkungannya.

Di kereta, ada banyak sekali penumpang lain. Anda bisa mengajak berbicara penumpang  yang memiliki tempat duduk yang dekat dengan anda. Hanya sekedar bertegur sapa, siapa tahu obrolan bisa berlanjut jauh. Lumayan juga kan, untuk nambah kenalan.

Selama berada di kereta, anda juga bisa mengabadikan momen yang ada menggunakan kamera gadget anda. Anda juga bisa bertukar pesan dengan teman yang ada di sosial media anda.

***

Beberapa tips diatas bisa anda coba agar anda merasa nyaman dan tidak bosan selama berada di dalam kereta. Ingin mendapatkan momen travelling yang begitu berkesan? Gandenglah Jari Adventure sebagai partner traveling anda. Jari Adventure adalah agen perjalanan yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Tunggu apalagi, segera ukir momen anda bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.