Travelling Bisa Untuk Refleksi Diri, Simak Panduan Ini

Banyak orang berpikir bahwa traveling hanya mengenai diman tujuan kita dan makanan apa saja yang ada disana. Namun sebetulnya traveling lebih dari itu.

Melakukan traveling apalagi sendirian, kita dituntut harus bisa mengenal diri kita sendiri. Tentunya dengan mengenal diri sendiri akan membuat perjalanan kita terasa lebih nyaman dan pasti lebih membahagiakan dibanding dengan perjalanan yang tidak diperhitungkan.

Tentu dengan tidak mengabaikan unsur-unsur kejutan yang akan muncul selama perjalanan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa hal itu juga membuat perjalanan lebih penuh tantangan dan mungkin terkadang dapat memicu adrenalin kita, yang juga pasti membuat perjalanan kita jadi penuh cerita.

Apa saja yang harus kita sadari tentang diri kita sendiri sebelum kita melakukan Traveling:

Menganali Rasa Takut Kita

Kita harus bisa mengidentifikasikan rasa takut kita. Kenapa rasa takut? Karena terkadang yang kita alami bukanlah ketakutan namun hanya sekedar keraguan.

Yang mungkin jika kita jalani, akan membuat kita menyadari bahwa sebenarnya hal tersebut malah membawa warna berbeda, bagi perjalanan kita.

Misalnya banyak dari kita takut untuk melakukan perjalanan sendirian atau takut untuk berada disatu lingkungan yang benar-benar tidak memadai untuk diri kita.

Jika kita sudah dapat mengidentifikasikan rasa takut kita sendiri, maka kita akan dengan gampang memilih jenis perjalanan apa yang akan kita jalani.

Dan juga mungkin bagai sebagai orang transportasi apa yang akan dipilih serta mungkin bagi asebagian orang waktu perjalanan.

baca juga:

Touring Bareng Komunitas Pecinta Motor, Ini Persiapan Road Trip yang Harus Diingat

 

Mengatahui Dengan Pasti Apa yang ingin Kita Cari

Yang kedua adalah apa sebenarnya yang ingin kita cari dalam setiap perjalanan kita. Hal ini berbeda dengan menentukan tujuan.

Hal ini akan membantu kita untuk mendapatkan perjalanan yang lebih “ berisi “. Memutuskan apa yang ingin kita cari dalam perjalanan terkadang membantu kita menentukan tujuan yang tepat.

Tapi tidak hanya sekedar mengetahu apa yang ingin kita cari dalam perjalanan kita, namun mencari informasi mengenai apa yang ingin kita cari adalah sebuah keharusan.

Karena mungkin ada beberapa tempat yang menyediakan hal yang sama yang mungkin menawarkan pengalaman yang berbeda-beda dan juga tentunya cost yang berbeda pula.

Misalnya saat kita berada di Korea dan ingin mencari dan mengeskplore makanan otentik Korea. Maka, akan ada beberapa tempat yang menjadi pilihan apakah yang kita cari makan street food-nya.

Ataukah makanan yang memiliki penyajian indah khas ala korea ataupun makanan ringan khas cafe-cafe korea yang menawarkan pastry dengan rasa yang segar dan decorasi yang cantik.

Akan muncul beberapa nama yang harus kalian pilih sesuai dengan ketersediaan budget waktu dan tentunya informasi yang kalian kumpukan.

Ingat untuk hal ini informasi akan sangat krusial peranannya. Bepergian ke Luar Negeri atau tempat-tempat yang terkenal akan lebih mudah mengumpulkan informasi dari internet. Meski harus tetap pintar-pintar memilih dan memilah informasi yang sekiranya kredibel.

Beda halnya jika kita berpetualang ketempat yang baru dan belum banyak dibahas di Internet maka kita harus bisa dengan bijak mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan tidak hanya mengandalkan internet semata.

 

Kenali Keadaan Fisik Kita

Yang ketiga adalah mengetahui keadaan fisik kita. Karena keadaan fisik kita sangat berpengaruh dengan keadaan emosi dan juga tentunya keseruan perjalanan kalian.

Keadaan fisik disini tidak hanya berarti mengenai “ apakah sebelum kita melakukan perjalanan, kita sakit atau tidak” namun lebih mengenali tubuh kita.

Sehingga kita bisa segera menyesuaikan diri dengan tempat dimana kita pergi atau bisa menyesuaikan tujuan kita dengan keadaan fisik kita.

Misalnya, bagi sebagian orang berlibur ke gunung atau melakukan pendakian adalah hal yang sangat menyenangkan.

Namun ada sebagin orang yang menderita alergi pada tanaman tertentu yang jika bersentuhan akan menyebabkan efek gatal atau pun luka.

Nah jika seperti ini, mungkin kita bisa pergi ke tempat yang tetap asri tapi tidak harus pergi kehutan yang jauh, atau melakukan pendakian yang berat, untuk menghindari hal yang mungkin akan memicu alergi terjadi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.