Travel Tips – Panduan Travelling Sendirian Bagi Pemula

Travelling Sendirian

 

Travel wisata merupakan salah satu alternatif refreshing yang kerap dijadikan pilihan untuk sejenak lepas dari rutinitas harian seseorang. Travel wisata menjadi hal yang menyenangkan tatkala kita pergi dan menemui hal baru.

Sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan juga bisa terjadi ketika Anda tidak hanya berlibur tetapi juga bisa mempelajari hal-hal baru di tujuan Anda. Mungkin belajar sambil wisata tidak bisa menjadi cara berlibur jika Anda bepergian bersama keluarga karena mungkin saja pasangan, orang tua, maupun anak-anak Anda menginginkan destinasi yang murni memberikan hiburan seluruhnya.

Namun, jika Anda merencanakan untuk travelling sendirian – dalam arti liburan seorang diri – tentunya Anda akan lebih bebas menentukan jadwal liburan Anda setiap harinya. Nah, sebagai panduan sekaligus tips travelling sendirian Anda, kami akan menjabarkan beberapa poin penting yang harus Anda ketahui dan perhatikan ketika melakukan perjalanan sendirian, terutama Anda yang baru pertama kali berlibur seorang diri dan Anda adalah seorang perempuan.
  1. Selalu tentukan secara jelas tujuan Anda travelling sendirian. Mengapa Anda berlibur sendiri, ke mana atau apa destinasi Anda, bagaimana dengan transportasi, apakah di sana cukup aman, bagaimana dengan jaringan telekomunikasi di lokasi tujuan. Anda memang bebas untuk menentukan liburan Anda selama Anda bepergian sendiri namun jangan lupakan aspek kemanan diri Anda. Usahakan untuk mencari informasi selengkap mungkin mengenai tujuan wisata Anda dan juga perjalanan yang akan Anda lewati. Lebih baik jika Anda sudah menyiapkan daftar tujuan atau obyek wisata yang ingin dikunjungi lengkap dengan aktivitas yang akan dilakukan di sana.
  2. Berkaitan dengan aspek keamanan, jangan lengah dan carilah informasi mengenai modus penipuan yang biasa dialami wisatawan di tujuan tersebut. Hal ini tentunya akan menghindarkan Anda jatuh pada lubang yang sama dengan wisatawan yang pernah mengalaminya. Bepergian seorang diri juga berarti Anda harus siap menerima risiko bahwa diri Anda lebih riskan untuk dijadikan obyek kriminalitas. Maka dari itu, buatlah jadwal mengenai perjalanan travelling sendirian Anda. Berapa lama Anda akan melakukan perjalanan, berapa lama Anda akan singgah, berapa biaya yang harus disiapkan untuk semua kebutuhan di sana termasuk biaya tak terduga, dan biaya transportasi yang harus disiapkan.

Menghindarkan diri dari para pelaku kejahatan juga bisa dengan cara bersikap dan berperilaku normal. Jangan menonjolkan diri bahwa Anda adalah seorang turis. Berpakaian yang sopan dan biasa saja tanpa harus mengalungkan kamera atau ponsel adalah beberapa hal yang bisa mengurangi risiko kejahatan terjadi pada Anda.

  1. Lakukan riset mengenai destinasi tujuan Anda, bukan hanya tempat mana yang akan Anda kunjungi tetapi juga usahakan selalu melihat review dari para pengunjung sebelumnya dan hal itu berlaku untuk hotel atau penginapan, obyek wisata, akomodasi, dan lain-lain.
  2. Melakukan perjalanan wisata sendirian akan membuat Anda lebih bebas untuk bertemu dengan banyak orang baru dan hal ini tentunya sangat baik untuk menambah jaringan relasi Anda. Akan tetapi, selalu waspada dan berhati-hati juga harus menjadi prioritas. Anda boleh saja mulai dekat dengan traveler lain karena kesamaan pada beberapa hal, tetapi ingatlah bahwa perjalanan ini adalah untuk Anda, bukan untuk traveler lain. Jika Anda merasa mulai dibebani dengan kehadiran traveler ini (misalkan sering meminjam barang atau meminta Anda melakukan sesuatu hal yang dirasa mengganggu) sebaiknya Anda mengucapkan salam perpisahan dan lanjutkan perjalanan Anda sendiri.
  3. Hindari membawa terlalu banyak pakaian dan jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi Anda. Anda akan mengurus semua bawaan Anda seorang diri. Menyewa porter mungkin akan sedikit membantu tetapi tentunya ada harga yang harus dibayar untuk itu. Usahakan selalu fit dengan mengonsumsi vitamin yang cukup karena Anda tidak bisa meminta tolong pasangan atau partner Anda dalam keadaan seperti ini.

Itulah ulasan singkat mengenai panduan dan tips untuk Anda yang ingin melakukan travelling sendirian. Jangan lupa untuk selalu menjaga barang dan diri Anda sendiri selama berlibur. Yang terpenting selalu letakkan barang berharga di tempat yang aman. Usahakan untuk tidak terlalu sering memegang ponsel atau kamera karena bisa jadi hal ini memancing perhatian orang-orang yang ingin berperilaku dan bersikap tidak baik.(Jariadventure/Cynthia)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *