Touring Bareng Komunitas Pecinta Motor, Ini Persiapan Road Trip yang Harus Diingat

Pernah mendengar istilah road trip? Ketika Anda melakukan perjalanan yang jauh tanpa kendaraan umum yang berarti menggunakan kendaraan pribadi dengan tujuan travelling lebih familier dikatakan sebagai road trip.

Road trip diminati oleh para pecinta jalanan seperti backpacker, traveler, serta petualang. Road trip akan memberikan sensasi yang berbeda yang tentunya anti mainstream.

Seorang yang melakukan road trip akan rela meninggalkan zona nyamannya. Contohnya, tidak menaiki pesawat atau kereta api untuk pergi ke lokasi tujuan yang jauh.

Jika Anda adalah salah satu yang ingin melakukan road trip, ada beberapa tips ampuh untuk membuat road trip Anda lebih lancar tanpa halangan. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Tentukan Kawan Seperjalanan dan Transportasi

Jika Anda memilih roadtrip, maka tentukan dulu kendaraan pribadi apa yang akan Anda gunakan. Apakah ingin menggunakan mobil atau motor. Kendaraan harus disesuaikan Bersama dengan orang yang menjadi kawan seperjalanan Anda.

Jika Anda memutuskan road trip sendirian, maka pilih kendaraan kepercayaan Anda. Untuk menghemat biaya, pilih motor saja.

2.    Tentukan Destinasi Road Trip

Setelah menentukan dengan siapa dan transportasi apa yang akan Anda gunakan, saatnya memilih destinasi yang ingin Anda kunjungi.

Sebaiknya sesuaikan dengan destinasi yang Anda gunakan dan pikirkan jauh dekatnya. Ingat, jangan pilih destinasi yang terlalu jauh yang bisa membuat tubuh menjadi drop.

Sebaiknya, diskusikan ini dengan kawan seperjalanmu agar ia juga tidak keberatan. Bisa juga diskusikan dengan orang terdekat agar Anda tidak salah pilih.

3.    PIlih Waktu Terbaik

Pilihlah tanggal yang tepat dan perhatikan pula cuaca pada hari itu. Perhatikan pula hari besar atau libur nasional yang biasanya akan ramai. Yang terpenting adalah cuaca yang baik. Bila Anda pergi saat cuaca sedang buruk tentu perjalanan akan terganggu.

Perhatikan juga jadwal cuti atau libur Anda di kantor dan pekerjaan Anda. Road trip umumnya butuh waktu yang agak Panjang sehingga jangan sampai berbenturan dengan deadline pekerjaan di kantor Anda.

4.    Buatlah Itinerary

Sama seperti travelling pada umumnya, itinerary juga sangat penting untuk road trip meskipun hanya sebuah gambaran kasar. Apalagi jika rute road trip Anda bukanlah jarak yang dekat. Buat itinerary kasar dari start Anda berangkat, target sampai kota A, waktu meneruskan perjalanan, hingga penginapan. Dengan itinerary, road trip Anda akan lebih terstruktur dan minim budget serta tujuannya sudah pasti.

5.    Siapkan Estimasi Biaya

Jika tujuan sudah jelas akan kemana, maka saatnya menyiapkan estimasi biaya yang kira-kira akan dihabiskan dalam perjalanan road trip.

Meskipun Anda memiliki budget lebih untuk road trip, sebaiknya Anda tetap perkirakan ongkos perjalanan ini agar Anda dapat belajar bagaimana caranya mengatur uang selama perjalanan.

6.    Tentukan Akomodasi Penginapan

Melakukan road trip bukan berarti akan setiap hari berada di jalan, lho ya! Siapkan juga penginapan untuk bermalam dari mulai road trip hingga sampai di tujuan.

Anda bisa memilih homestay dan penginapan murah yang ada di kota yang Anda datangi untuk menekan biaya pengeluaran.

Jika ada kerabat atau saudara di kota itu, cobalah menginap di rumah mereka sambil silaturahmi. Namun dengan catatan tidak merepotkan mereka.

7.    Tentukan WIsata Kuliner Khasnya

Berada di kota baru tentu saja kurang lengkap jika tidak merasakan kuliner khasnya. Dari itinerary yang telah Anda buat, perkirakan tempat mana saja yang memiliki kuliner khas kota tersebut hingga ke destinasi akhir. Jika tidak tahu, browsing saja di internet. Mudah, bukan?

Baca juga:

Tempat Wisata Edukasi yang Atraktif Untuk Anak – anak di Kota Batu, Malang

 

8.    Cek Kondisi Tubuh dan Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda sedang berada dalam kondisi tubuh yang prima dan tidak sakit. Pastikan pula kendaraan Anda dalam kondisi yang baik, sudah di servis, roda dan rem tidak bermasalah, hinggas setiap detailnya.

Jika perlu, bawalah vitamin agar kondisi tubuh tetap vit selama perjalanan.

9.    Siapkan Kamera dan Perlengkapan

Melakukan road trip tentu akan mempertemukan Anda dengan pengalaman baru dan sensasi baru. Jangan sampai Anda melewatkan momen-momen terbaik itu. Tangkap semua moment tersebut dengan bidikan lensa kamera. Jangan lupa bawa charge dan baterai cadangan.

10.  Siapkan Diri akan Hal Tidak Terduga

Semua orang tidak bisa menentukan apa yang akan terjadi setelah ini. Jadi, siapkan diri Anda untuk menghadapi kondisi yang diluar kendali Anda.

Jangan mudah terbawa emosi akan hal yang tidak menyenangkan. Cukup hadapi dengan tenang dan kuat. Semua pasti ada pelajarannya.

Dari 10 tips di atas, sudah siap melakukan road trip?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.