Tips Wisata dengan Kapal Pesiar di Masa New Normal, Catat ya!

Meski tidak begitu populer di Indonesia, namun masih banyak masyarakat yang bermimpi untuk berwisata dengan kapal pesiar. Memang, masyarakat lebih mengenali transportasi kendaraan roda empat atau pesawat untuk mencapai tujuan yang jauh. Itulah sebabnya, kapal pesiar jarang terdengar sebagai sebuah destinasi wisata.

Lain halnya dengan negara luar, kapal pesiar justru lebih popular. Buktinya, kapal pesiar sering kali menjadi latar dari berbagai film yang diminati penonton seluruh dunia. Salah satu film legendaris dengan berlatarkan kapal pesiar ialah Titanic. Masih ingat film yang satu ini?

Berwisata dengan kapal pesiar nyatanya memiliki banyak kelebihan dibandingkan transportasi yang bisa Anda naiki. Dengan kapal pesiar, Anda bisa berwisata sekaligus menjangkau beberapa pulau kecil yang tidak terjangkau transportasi pesawat terbang.

Umumnya, paket wisata kapal pesiar include dengan biaya tiket pesawat, kamar hotel, serta kapal itu sendiri. Lama perjalanannya pun sangat beragam, ada yang 3 hari bahkan melebihi 1 bulan,lho! Contohnya ialah rute cruise Singapura – Jakarta yang memakan waktu 2-3 malam perjalanan.

Bagi Anda yang mengidamkan wisata kapal pesiar, simak beberapa tips wisata berikut ini.

 

1.      Mencari Informasi dengan Baik

Sebelum memilih, pastikan Anda membaca informasi paket kapal pesiar yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika ini adalah pengalaman pertama, maka sering-seringlah mencari informasi di internet untuk memahami apa tipe kapal pesiar yang Anda inginkan.

Umumnya, posisi kamar dalam kapal pesiar terbagi menjadi genap dan ganjil.

Tipe kamar dengan nomor ganjil dan sebaliknya harus Anda pahami dengan baik. Ini akan berguna ketika berwisata karena akan ada banyak orang dalam kapal sehingga Anda bisa mudah tersesat saat akan kembali ke kamar.

Jangan lupa untuk melakukan passenger drill di hari pertama Anda berlayar. Passenger drill ialah aturan wajib yang berisi perintah dan informasi yang didengar melalui pengeras suara, seperti informasi penting nomor lifeboat Anda.

 

2.      Mewaspadai Mabuk Laut

Anda harus memahami bahwa wisata ini berbeda dengan wisata lainnya. Berbeda dengan jalur darat dan udara, wisata kapal pesiar memiliki tantangan berbeda. Tentu saja Anda akan berada di atas laut selama beberapa hari hingga berlabuh di tempat tertentu.

Hal yang sering ditakuti oleh banyak orang ketika melakukan perjalanan laut ialah mabuk laut. Namun, Anda tak perlu khawatir karena pihak manajemen tentu telah mengantisipasinya dengan persediaan obat anti mabuk.

Untuk itu, tetaplah menjaga kondisi tubuh tetap fit, jangan telat makan dan cukupi kebutuhan tidur Anda selama berada di atas kapal.

Jika Anda mulai merasa mual dan jenuh, ingat kembali tujuan Anda yang akan mengunjungi beberapa negara dalam perjalanan.

Hal ini dapat mengurangi rasa jenuh Anda ketika berada di atas kapal. Keistimewaan inilah yang tak dapat ditawarkan pada wisata lainnya.

 

3.      Siapkan Pakaian

Siapkan pakaian yang akan Anda kenakan, mengingat Anda menghabiskan waktu cukup lama selama berada di atas kapal sehingga akan banyak baju yang mungkin harus dibawa. Anda bisa meminimalisir pakaian yang Anda bawa dengan menggunakan pakaian 2 kali sehari.

Tidak perlu khawatir, beberapa kapal pesiar menyediakan fasilitas mencuci baju. Jangan lupa membawa pewangi pakaian dan deterjen berukuran kecil bila diperlukan.

Bagi Anda yang berlayar di cuaca dingin, pastikan membawa pakaian musim dingin yang hangat.

Tips lainnya ialah menyiapkan pakaian formal yang bisa digunakan saat makan malam mewah di kapal pesiar.

Pilih pakaian berbahan polyester, rayon, serta rajutan spandex agar tidak memakan banyak tempat dan tidak mudah kusut. Pilih pakaian yang nyaman dan tidak ribet dipakai.

baca juga:

Jangan Dilanggar! 5 Pantangan Wisatawan di Madrid Spanyol

 

4.      Bawa Barang yang Dapat Dibawa Sendiri

Jangan merepotkan diri sendiri saat berwisata di kapal pesiar. Batasi bagasi Anda dengan membawa 1 koper dan 1 tas ransel. Hal ini bisa mengurangi biaya penerbangan dan resiko kehilangan bagasi.

Membawa barang secukupnya juga membuat bawaan Anda menjadi lebih rapi.

Bagaimana? Sudah puas dengan ke-4 tips wisata kapal pesiar di atas? Siapkan budget yang sesuai dengan wisata kapal pesiar pilihan Anda, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.