Harga Bersahabat, Tips Traveling Untuk Mahasiswa dan Anak Kost

Bagi mahasiswa, liburan semester menjadi yang paling ditunggu-tunggu karena berakhirnya semua aktivitas perkuliahan dan ujian akhir semester. Kini saatnya para mahasiswa untuk bersantai dan bersenang-senang. Mumpung masih muda, perbanyak petualangan seru yang bisa kamu jelajahi.

 

Nah tentunya banyak mahasiswa yang masih bingung, seputar biaya perjalanan atau penginapan waktu liburan tanpa harus meminta uang jajan kepada orang tua. Jangan berkecil hati dulu, kamu bisa mencoba beberapa tips hemat yang bisa dilakukan untuk menekan budget jalan-jalan.

 

Buat perencanaan dengan niat

Rencanakan jauh-jauh hari dan cari tempat mana yang bisa kamu datangi, bekal apa yang harus kamu bawa dan sebagainya. Paling penting adalah membuat rencana perjalanan dari jauh-jauh hari agar bisa menabung biaya perjalanan dari sekarang.

 

Manfaatkan semua yang ada

Nah jika kamu punya kenalan atau saudara di tempat tujuan, manfaatkanlah untuk menginap daripada harus memesan hotel. Lumayan untuk menghemat biaya menginap dan makan. Selain itu, kamu bisa mengunjungi objek wisata dengan mencari yang banyak diskonnya. Terkadang beberapa objek wisata memberi diskon tiket masuk dalam paket rombongan dan mahasiswa.

 

Nggak usah pakai Tour Guide

Karena jaman sudah maju dengan banyak akses internet dimana-mana. Jadi nggak usah pakai tour guide untuk berkunjung ke obyek wisata. Kamu tinggal membuka atau mencari tahu lewat Google tentang cerita, sejarah atau spot foto menarik saat berkunjung di objek wisata ini.

Terkadang informasi yang didapat dari internet, jauh lebih lengkap dibanding keterangan dari tour guide yang itu-itu saja.

 

Pilih Tanggal yang low season

Jangan berlibur waktu musim liburan, kalau bisa hindari dan pilih tanggal yang low season. Karena pas musim liburan, harga semua tiket dan akomodasi akan menjadi mahal dari hari biasanya. Ditambah lagi tempat-tempat wisata juga pasti jadi ramai, bahkan tidak menutup kemungkinan tingkat kriminalitas wisata meningkat.

baca juga:

Plesiran ke Devoyage Bogor , Tempat Wisata ala Eropa di Bogor

 

Menginap di hostel

Untuk ukuran kantong mahasiswa, sebaiknya menginap di hostel karena jauh lebih murah dan seru daripada menginap di hotel. Apalagi sekarang sudah banyak hostel yang memberikan keamanan & kenyaman bak hotel bintang lima. Atau kamu bisa browsing terlebih dahulu sebelum mencari hostel yang sesuai dengan budget mu.

 

Nggak usah beli, pinjam saja

Saat traveling biasanya, kita menyiapkan perlengkapan yang bejibun terutama apabila perjalanannya bersifat petualang di alam bebas seperti mendaki gunung, hiking dan diving. Nah daripada kamu membeli perlengkapan tersebut kemudian tidak dibutuhi.

Cukup pinjam saja sama kenalan atau saudara yang punya. Misalnya kamu akan mendaki gunung, sebaiknya kamu meminjam tas carrier,sleeping bag & tenda. Daripada uangmu untuk membeli peralatan yang mahal, lebih baik dialokasikan untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di kota tersebut.

 

Gunakan transportasi publik

Lebih baik menggunakan transportasi publik daripada taksi yang biayanya lebih mahal. Jika perlu cari yang memiliki tujuan yang sama sehingga kita hanya perlu tebengan untuk mencapai sana.

 

Bawa perbekalan dari rumah

Pastikan membawa bekal dari rumah selama perjalanan, siapa tahu kamu lapar ditengah jalan. Daripada membeli makan diluar. Kamu bisa mengurangi budget untuk membeli makanan. Ada baiknya membawa bekal yang mampu bertahan lama seperti mie instan cup, mie gelas, roti atau keripik kentang. Tapi kalau kamu tidak membawa bekal, lebih baik mencari makan di warung-warung pinggir jalan dan jangan makan di restoran.

 

Cari kerja part time

Uang saku masih pas-pasan sehingga membuat kamu tidak bisa menjelajahi banyak tempat wisata. Kamu bisa mencoba kerja part time selama liburan, misalnya saat kamu berlibur ke Bali, maka carilah info-info kerja part time di sana, dan apabila kamu diterima bekerja, kan lumayan bisa berlibur sambil cari duit juga.

 

Beli oleh-oleh di pasar saja

Kamu ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman dekat. Gampang kok, beli saja oleh-oleh yang dijual di pasar yang harganya jauh lebih murah dibandingkan toko dan yang terpenting lagi bisa ditawar pula. Tapi ingat kamu harus pandai menawar dan jeli memilih agar tidak mendapatkan barang yang jelek.

 

Bahkan ada pasar yang memang sengaja dikomersilkan untuk turis, jadi sebelum kamu membeli barang tersebut, survei dulu harga dan pasar yang kamu datangi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.