Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Sebagian orang lebih memilih mudik menggunakan sepeda motor daripada harus berdesak-desakan dalam bis maupun kereta api. Memang, mudik menggunakan sepeda motor memiliki seni dan efektifitasnya sendiri. Bila Anda memutuskan mudik dengan menggunakan sepeda motor, Anda harus memahami tips mudik Lebaran yang tepat agar perjalanan Anda bisa aman dan nyaman.

Tak hanya sepeda motor, persiapan diri untuk menempuh perjalanan jauh juga sangat penting dilakukan sebab mudik dengan roda dua sangatlah menguras tenaga. Seperti apa tips mudik Lebaran dengan motor yang perlu Anda ikuti agar perjalanan mudik Anda kali ini bisa aman dan nyaman? Yuk, perhatikan dengan seksama tips mudik Lebaran dengan sepeda motor berikut ini.

Cek kesiapan motor

Sebelum dipakai mudik, sebaiknya Anda mengecek kesiapan sepeda motor Anda. Beberapa hal yang perlu diperiksa antara lain ban motor baik ban dalam maupun luar. Pilihlah ban yang bisa digunakan untuk kondisi jalan yang kering maupun basah. Bila memungkinkan, gantilah ban Anda bila sudah memiliki lebih dari dua tambalan. Periksa juga gear dan rantai roda apakah sudah aus dan kendor serta jangan lupa gunakan pelumas agar terhindar dari masalah rantai yang merepotkan. Perhatikan pula getaran dan suara CTV dan juga tarikannya. Fungsi aki juga perlu Anda periksa dan jangan lupa mengganti oli sebelum mudik. Sebaiknya, servis sepeda motor Anda tujuh hari sebelum jadwal mudik agar Anda punya cukup waktu untuk memperbaiki bila kondisi motor Anda kurang layak untuk dipakai mudik.   

Cek kelengkapan motor

Kelengkapan motor sangat mutlak dipenuhi bila Anda melakukan perjalanan jauh. Sebaiknya, dua atau tiga hari sebelum mudik, periksalah kembali SIM ataupun STNK Anda.

Cek perkakas motor

Setiap motor biasanya dilengkapi dengan sebuah kantong yang berisi alat perkakas. Membawa kantong ini sangatlah penting sebab bila sewaktu-waktu motor Anda bermasalah di jalan Anda bisa mencoba menyelesaikannya sendiri.   

Persiapkan diri anda

Mempersiapkan diri jelang mudik mengunakan motor mutlak dilakukan. Buanglah hal-hal yang sekiranya dapat menganggu perjalanan, seperti stress akibat pekerjaan, agresifitas ataupun permasalahan yang sedang Anda hadapi. Bila suasana hati tenang, santai dan rileks, perjalanan mudik Anda menjadi lebih menyenangkan.

Cek kesehatan

Periksa kondisi kesehatan Anda sebelum berangkat dan pastikan Anda benar-benar fit sebelum memulai perjalanan. Bila keadaan fisik tidak memungkinkan, sebaiknya Anda menunda perjalanan mudik. Kondisi badan yang sehat akan memudahkan Anda berkonsentrasi selama berkendara sehingga dapat merespon dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pakailah perlengkapan motor yang standar

Demi keselamatan Anda, pakailah perlengkapan standart berkendara seperti helm full face berkualitas dengan kaca bening, pelindung badan, sarung tangan, pengaman lutut dan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik, jaket, dan sepatu yang nyaman. Sediakanlah jas hujan dengan model celana dan baju terpisah untuk menghindari resiko terlilit roda.

Bawalah obat dan perlengkapan kesehatan

Untuk berjaga-jaga, sediakanlah obat-obatan P3K serta vitamin yang dapat mendukung stamina Anda.

 

Baca Juga : Tips Mudik Lebaran Dengan Kereta Api

 

Persiapkan rute mudik

Perencanaan rute mudik yang matang akan sangat bermanfaat bagi Anda. Anda bisa menghindari resiko tersesat yang akan memperpanjang dan membuang waktu Anda. Lebih baik lagi bila Anda memiliki aplikasi peta di gadget.

Isi bahan bakar

Memperhitungkan kebutuhan bahan bakar motor wajib Anda lakukan bila tidak ingin mogok ditengah perjalanan. Setidaknya isi tangki motor Anda sebelum berangkat mudik dengan bahan bakar yang sekiranya cukup untuk menempuh jarak ke SPBU berikutnya.

Patuhi rambu lalu lintas

Sebagai pengendara yang baik, Anda wajib mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan. Tetaplah waspada melihat kondisi di depan, seperti jalanan yang menurun, licin, berlobang, serta adanya genangan air.

Kecepatan jangan melebihi 80 km/jam

Tetaplah waspada. Meski kondisi lalu lintas sedang lengang, usahakanlah menjaga kecepatan motor Anda jangan sampai melebihi 80 km/jam. Hal ini untuk berjaga-jaga agar Anda bisa mengendalikan laju motor Anda dengan baik.

Istirahatlah yang cukup

Berkendara secara terus menurus tanpa berhenti dapat membahayakan keselamatan Anda. Jangan paksakan melanjutkan perjalanan bila sudah merasa lelah. Usahakanlah beristirahat setiap selesai menempuh perjalanan selama empat jam. Berisitahat di posko-posko mudik dan sejenak merasakan alat pijat eletrik yang biasa disediakan dapat membantu mengembalikan kebugaran Anda.

Bawalah beban secukupnya

Pastikan barang yang anda bawa tidak terlalu banyak jika Anda mudik bersama anak dan istri, sehingga Anda tetap dapat mengendalikan motor Anda dengan baik.

Mudik bareng rombongan

Berkendara bersama rombongan pasti lebih nyaman dibandingkan bila bepergian seorang diri. Jika sewaktu-waktu memerlukan pertolongan, teman serombongan akan dengan sigap membantu Anda  selama dalam perjalanan. Informasi mudik dengan rombongan bisa Anda cari di forum-forum otmotif.

Demikian sekilas info tentang tips mudik menggunakan sepeda motor. Semoga perjalanan mudik Anda selamat hingga tujuan. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *