Tips Mudik Lebaran Dengan Kereta Api

Tips mudik Lebaran– Lebaran selalu indentik dengan mudik. Tak hanya sekedar menyambangi kampung halaman, agenda rutin yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya ini juga merupakan ajang silaturahim dengan para kerabat serta ziarah ke makam leluhur. Agar mudik lebaran Anda aman dan nyaman, pemilihan transportasi yang tepat menjadi salah satu faktor penting yang mesti Anda perhatikan. Asal Anda mengetahui tips mudik Lebaran yang tepat, kereta api bisa menjadi salah satu sarana transportasi pilihan Anda. Selain lebih murah, kereta api juga dapat mengangkut penumpang lebih banyak sehingga Anda bisa mudik ramai-ramai bareng kerabat ataupun sahabat-sahabat Anda. Nah, agar perjalanan mudik Anda lancar, perhatikan tips mudik Lebaran dengan kereta api berikut ini.

Jangan membeli tiket kereta api melalui calo

Membeli tiket di loket resmi ataupun secara online di web. resmi akan menghindarkan Anda dari bahaya penipuan. Selain itu, harga tiketpun biasanya lebih murah bila dibandingkan bila Anda membeli tiket melalui jasa calo. Pesanlah tiket jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan. Selain itu, memesan tiket jauh-jauh hari juga bisa sedikit menghemat pengeluaran Anda karena harga tiket biasanya naik jika sudah mendekati lebaran.     

Jangan lupakan jadwal kereta api

Memeriksa kembali tiket kereta api Anda dengan seksama tak ada ruginya untuk dilakukan. Teliti nama, jadwal keberangkatan serta tujuan keberangkatan pada tiket Anda.Bagi Anda yang memesan tiket secara onlie, jangan lupa untuk menukar tiket satu jam sebelum keberangkatan. Agar tidak ketinggalan kereta, usahakan datang ke stasiun lebih awal sebelum jadwal keberangkatan.  

Persiapkan Barang Bawaan beberapa hari sebelum keberangkatan

Menyiapkan segala kebutuhan mudik lebaran tiga atau dua hari sebelum keberangkatan sangatlah diajurkan. Sebab ini bisa memperkecil kemungkinan ada barang bawaan yang tertinggal. Bila memungkinkan buatlah daftar bawaan Anda dan masukkan barang bawaan ke kopor sesuai dengan urutan yang tertera didaftar dan beri tanda bila sudah selesai.

 

Baca Juga : Tips Mendapatkan Harga Tiket Murah

 

Membawa barang secukupnya

Meski Anda tinggal agak lama di kampung halaman bukan berarti semua barang wajib Anda bawa. Bawalah pakaian ganti secukupnya, obat-obatan serta makanan atau minuman yang sekiranya Anda butuhkan selama perjalanan. Jika membawa barang-barang penting simpanlah di tempat yang sulit dicapai di dalam tas demi keamanan. Gunakan pakaian yang nyaman selama perjalanan dan hindari menggunakan perhiasan yang berlebihan agar tidak menarik perhatian. Bawalah uang tunai secukupnya saja dan simpan di tempat yang mudah dijangkau sehingga bila sewaktu-waktu membutuhkannya Anda tidak perlu membongkar tas. Yang terpenting, jangan lupa membawa kartu identitas dan tiket Anda.    

Periksa Rumah sebelum ditinggal mudik

Pastikan keadaan rumah aman sebelum Anda berangkat menuju ke stasiun. Periksa apakah pintunya sudah terkunci dengan benar dan Anda sudah mematikan kompor dan semua alat masak serta listrik beserta pompa air dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Bila memungkinkan, mintalah tolong satpam atau tetangga terdekat yang tidak mudik untuk mengawasi rumah selama Anda tinggal.

Patuhilah peraturan di kereta api

Anda mungkin sangat antusias akan berkumpul dengan kerabat, namun keselamatan selama di stasiun tetaplah harus diperhatikan. Bila melihat kereta api datang, berdirilah di garis aman yang biasanya ditandai dengan garis kuning hitam. Jangan terburu-buru memasuki kereta, tunggulah kereta hingga benar-benar berhenti baru Anda masuk.      

Demi kenyamanan, duduklah di tempat yang sesuai dengan nomor tempat duduk Anda. Tempatkanlah barang bawaan di tempat yang sudah disediakan. Sebaiknya Anda tidak naik di atas atap kereta atau bergelantungan di jendela karena hal itu bisa mengancam jiwa Anda. Jangan terlalu akrab dengan orang yang baru Anda kenal untuk menghindari kasus penipuan ataupun gendam. Bila ada informasi yang kurang lengkap ataupun jelas, lebih baik segera hubungi petugas stasiun.

Berdoa

Segala sesuatu yang diawali dengan berdoa diharapkan bisa berjalan lancar sesuai rencana. Begitu pula kala Anda akan mudik lebaran dengan kereta api. Berdoalah kepada Yang Maha Kuasa sebelum berangkat dan mohon perlindunganNya selama perjalanan agar tiba di lokasi dengan selamat dan tepat waktu. 

Tips mudik Lebaran dengan kereta api di atas semoga bisa membantu Anda selamat selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Selamat mudik. (jari adventure-det)   

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *