Biar Lebih Hemat, Begini Tips Menukar Uang di Money Changer

Di zaman ini, menukar uang rupiah ke uang asing cukup tinggi di kalangan masyarakat. Menukar uang asing tidak dapat dilakukan sembarangan, karena kurs selalu berubah setiap saat. Anda harus pintar dalam mencari waktu yang tepat untuk mendapatkan nilai kurs terbaik agar tidak boros nantinya.

Daripada jauh-jauh ke bank atau bandara, ada baiknya Anda menukar uang di Money Charger. Money Changer adalah bisnis dalam bidang penjualan mata uang asing.

Money Changer dapat membantu Anda untuk menukar uang asing dimanapun dan kapanpun apalagi saat sedang melakukan travelling di negara luar.

Kekurangan dari Money Changer adalah keterbatas jenis mata uang yang tersedia seperti mata uang Kamboja, Laos, Filipina dan Myanmar yang jarang ditemukan di negara kita. Umumnya, mata uang yang ditukarkan berupa Dollar Amerika Serikat dan Euro.

Sebelum melakukan perjalanan atau menukar uang asing di Money Changer, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Mengecek Nilai Mata Uang

Seperti yang kita ketahui, nilai kurs mata uang selalu berubah setiap hari nya bahkan setiap beberapa jam. Sebelum pergi menukar uang, ada baiknya Anda mengecek kurs mata uang asing yang ingin Anda dapatkan di internet atau agen travel.

Di Money Changer juga menyediakan informasi kurs ter update. Pilihlah waktu yang tepat saat nilai tukar sedang baik agar Anda tidak dirugikan.

2. Memilih Money Changer Berizin

Anda bisa menemukan Money Changer di banyak tempat. Namun, pilihlah Money Changer yang memiliki izin dan masuk dalam Authorized Money Changer.

Money changer yang tidak berizin biasanya beresiko mendapatkan nilai tukar uang yang tertinggi. Resiko lainya adalah pembohongan public seperti uang rusak atau palsu.

Daripada mendapatkan hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda pandai memilih Money Changer yang telah terpercaya.

3. Hindari Pertukaran Uang di Bandara atau Hotel

Melakukan penukaran uang asing bisa Anda lakukan di Money Changer Bandara dan Hotel. Namun, Anda bisa menghindari itu.

Dengan menukar uang di kawasan Bandara dan Hotel, biasanya harganya jauh lebih mahal daripada Money Changer di tempat lainnya. Jadi, pilihlah Money Changer yang berada di luar tempat tersebut, ya!

4. Jangan Tergiur dengan Nilai Jual Tinggi

Sebelum menukar uang, ada baiknya Anda melihat nilai jual mata uang yang biasanya terpampang di depan pintu Money Changer.

Jika nilai jualnya tinggi, Anda jangan cepat tergius karena ada banyak Money Changer yang menggunakan komisi 3 hingga 7 persen tiap pengunjung menukar uang.

Ketahuilah terlebih dulu apakah Money Changer tersebut menggunakan komisi atau tidak. Dengan begitu, Anda dapat memperhitungkan harga mata uang sebenarnya pada uang yang Anda tukarkan.

Baca juga:

Berwisata ke Israel, Ada 6 Fakta Mencengangkan yang Jarang Diketahui

 

5. Perhatikan Waktu Penukaran Uang

Nilai kurs yang sering berubah akan mengharuskan Anda untuk memilih waktu yang tepat kala akan menukar uang. Kalau bisa, tukarkan uang minimal 1 minggu sebelum keberangkatan.

Pilihlah waktu yang terbaik agar mendapatkan nilai uang yang baik pula. Pilihlah hari Senin atau Selasa saat pasar baru dibuka untuk menukar mata uanga sing.

Kenapa harus memilih Money Changer daripada Bank? Karena ada beberapa keunggulan jika Anda menggunakan jasa Money Changer.

Jika Anda menukar uang di Bank, waktu yang dibutuhkan cukup lama karena tiap nasabah harus memiliki tabungan dalam mata uang asing yang diinginkan. Sebaliknya, Money Changer tidak membutuhkan itu. Cukup bawa uang yang akan ditukarkan di Money Changer.

Keunggulan lainnya ialah Money Changer tetap menerima segala uang meskipun fisiknya kurang baik. Namun tetap ada resiko pada nilai yang berkurang.

Jika di Bank, uang dengan kondisi kurang baik jarang diterima oleh pihak Bank yang akhirnya akan sia-sia dan tidak ditukarkan.

Itulah beberapa tips menukar uang di Money Changer. Jangan lupa untuk tukarkan uang jauh-jauh hari dan pada waktu yang tepat sebelum keberangkatan Anda. Sebelum travelling, persiapkan semuanya dengan baik agar tidak rugi dan susah nantinya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.