5 Tips Mengatasi Rasa Malas Usai Libur Panjang Lebaran dan Mudik

Liburan panjang setelah Hari Raya Idul Fitri mungkin akan sedikit membuat Anda malas. Bangun di siang hari, makan makanan enak, ngemil kue lebaran yang tak kunjung habis, dan bersantai sambil menonton film favorit Anda di kasur empuk. Itu semua cukup membuat tubuh kita malas untuk memulai kembali rutinitas kita sehari-hari.

Tubuh kita membutuhkan pembiasaan untuk kembali ke aktivitas semula. Tubuh kita bisa merasakan jet lag saat liburan telah usai dan hari kerja menyambut. Berkut ini adalah beberapatips yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tidak mersa jet lag.

Bangun Pagi

Janganlah malas untuk bangun di pagi hari. Sebaiknya Anda bangun mulai sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 05.00 WIB. Tinggalkan kebiasaan bangun siang Anda saat liburan kemarin.

Bangun di pagi hari ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Di pagi hari udara masih segar, kita akan mendapatkan udara segar sehingga tubuh kita juga akan terasa segar. Selain itu bangun pagi hari juga akan meningkatkan produktivitas kita. Dengan bangun pagi otak akan berfungsi maksimal, daya ingat kita akan terus meningkat, dan memiliki mood yang bagus.

Sarapan Makanan Sehat

Selama libura, pola makan Anda pasti tidak akan teratur. Karena bangun kesiangan, Anda sering telat sarapan bahkan meupakannya.Belum lagi makanan yang Anda konsumsi memiliki lemak dan kalori yang tinggi. Mulailah atur pola makan dan menu makanan Anda. Makanlah tiga kali sehari dan dengan menu makanan sehat.

Tubuh kita membutuhkan asupan makanan sehat. Bagaimana sarapan yang sehat itu? Jangan biasakan sarapan dengan makanan berkarbohidrat seperti sereal rendah serat atau roti tawar putih, dan makanan lain yang menganyangkan. Karbohidrat pada makanan tersebut bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat.

Karbohidrat yang baik untuk sarapan bisa Anda temukan di biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu jangan lupa untuk menambahkan protein pada menu sarapan Anda. Protein akan menjaga stamina Anda sepanjang hari dan mencegah rasa lapar hingga saat makan siang. Dan tak lupa juga tambahkan asupan makanan berserat.

Menikmati Matahari Pagi

Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Bagi manusia, sinar matahari bisa mengubah provitamin D yang ada apada jaringan kulit kita menjadi vitamin D. Selain baik untuk tulang vitamin D juga berperan mencegah berbagai macam penyakit mematikan seperti thrombosis atau penggumpalan darah di kaki.

Sinar matahari juga bisa membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Beberapa virus penyebab kanker ditaklukkan oleh sinar ultraviolet. Kekebalan tubuh kita juga akan meningkat. Hal ini karena sinar matahari yang mengenai tubuh akan menambah sel darah putih terutama limfosit, selain itu antibodi (gamma globulins) juga akan bertambah.

Bagaimana cara kita menikmati sinar matahari pagi? Mudah saja untuk menikmati sinar matahri pagi Anda hanya cukup berlari mengelilingi komplek, membaca Koran di depan rumah, atau sekedar mengaak peliharaan Anda berjalan-jalan.

Kembali ke Rutinitas

Biasakan diri anda untuk kembali ke rutinitas Anda pada hari biasa. Jika saat pagi hari Anda sudah melakukan aktivitas seperti berolahraga pagi, maka lakukanlah. Ini bertujuan untuk membiasakan diri Anda saat Liburan telah usai nanti. Dengan demikian diharapkan tubuh Anda tidak kaget dengan rutinitas yang sibuk seperti biasanya.

Tidur Cukup

Berapa jamkah tidur yang cukup itu? Tidur yang cukup adalah selama 7 sampai dengan 8 jam perharinya untuk orang dewasa hingga lansia. Sedangkan bagi orang yang berusia muda seperti anak-anak dan remaja memiliki tidur yang lebih panjang.

Tidur yang cukup bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan daya ingat. Kekebalan tubuh Anda bisa meningkat karena saat Anda tidur tubuh mengeluarkan senyawa sitokin, yaitu senyawa yang memiliki efek perlindungan pada system kekebalan tubuh. Selain itu juga meningkatkan daya ingat,pada fase tidur REM dan slow wave sleepdapat melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.

Baca juga:

Terhipnotis Hempasan Ombak di Pantai Karang Songsong Cibobos

***

Itu tadi 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan diri Anda sebelum meninggalkan masa liburan Anda. Selamat bekerja dan nikmati liburan Anda selagi bisa. Tentunya dengan agen travel yang professional, Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.