Hindari Pandemi, Ikuti Tips Mendaki Gunung saat New Normal

Setelah berbulan-bulan melakukan self quarantine di rumah, kegiatan travelling mungkin sudah Anda rindukan. Salah satunya ialah mendaki gunung.

Selain mengadu adrenalin, aktivitas hiking memang sangat dicintai Sebagian besar traveller baik lokal maupun mancanegara.

Rasa lelah akan tergantikan selepas melihat keindahan alam hijau dengan hawa sejuk yang menghilangkan rasa penat.

Masa New Normal menandakan masyarakat sudah bisa memulai aktivitas kembali dengan aturan Kesehatan. Jalur pendakian di Indonesia pun mulai dibuka kembali.

Meski begitu, aturan dan protokol Kesehatan harus Anda taati. Mendaki tak lagi sama, sehingga Anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini agar mendaki tetap terasa aman dan nyaman. Apa saja?

 

1.      Melakukan Riset

Melakukan riset sebelum pendakian merupakan salah satu hal yang cukup penting. Mengingat selepas Coronavirus menyerang Indonesia, tidak semua gunung mulai membuka jalur pendakian bagi para pengunjung seperti Anda.

Cari tahu terlebih dulu jalur yang sudah dibuka serta jam operasionalnya. Pastikan tidak terlewat satu informasi apapun agar liburan tetap berjalan lancar.

 

2.      Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Aktivitas seperti hiking tentu akan menguras tenaga Anda. Itulah mengapa perhatikan kondisi tubuh sebelum melakukan hiking. Jika dirasa kurang sehat, tunda dulu keberangkatan Anda.

Jangan sampai memaksakan tubuh untuk tetap mendaki. Ini hanya akan merugikan diri serta rombongan Anda.

Setidaknya, pikirkan kembali Kesehatan sebelum dan selepas pendakian nantinya. Ingat, di kapanpun dan dimanapun, Kesehatan ialah yang paling penting sebelum memulai aktivitas.

 

3.      Jaga Kebersihan Tubuh

Meski telah diperbolehkan untuk kembali mendaki, pastikan Anda tidak meninggalkan peralatan sanitasi Anda seperti sabun cuci tangan, tisu, serta hand sanitizer. Perlengkapan ini sangatlah penting meski Anda sedang melakukan pendakian.

Untuk itu, gunakanlah sarung tangan agar Anda tidak sembarangan dan menyentuh langsung permukaan benda selama perjalanan.

Perlu diketahui, meskipun mendaki identik dengan tanah yang mengotori baju, menghindari Covid-19 tetap sangatlah penting.

 

4.      Gunakan Masker

Jangan lupa menggunakan masker di manapun Anda berada, termasuk saat mendaki. Anda akan melakukan pendakian  bersama rombongan, dimana physical distancing mungkin sulit dilakukan beberapa pendaki. Tetap menjaga jarak dengan menggunakan masker.

Bawalah persediaan dan ganti masker ketika masker sudah dirasa kotor karena badan yang mudah berkeringat.

 

5.      Menjaga Jarak

Tetaplah menjaga jarak aman dengan pendaki lainnya, minimal 2 meter. Meski sulit, usahakan untuk tetap Anda lakukan. Ini karena droplet yang dikeluarkan saat mendaki akan lebih padat, sehingga bisa bertebaran semakin jauh.

 

6.       Membawa Perlengkapan Sendiri

Hindari meminjam dan meminjamkan perlengkapan kepada pendaki lainnya. Ini untuk menghindari penyebaran virus yang cukup mudah ditularkan lewat benda yang Anda sentuh.

Oleh karena itu, sebelum memulai pendakian, pastikan Anda telah meng cross check segala perlengkapan yang akan Anda bawa seperti baju, jaket, kamera, sepatu, hingga alat tersepele pun.

Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari meminjam barang ke orang lain, bukan?

 

7.      Urungkan Niat Bermalam di Gunung

Meski sudah memasuki masa New Normal, tetaplah urungkan untuk bermalam di gunung. Kita masih berada dalam kondisi pandemic, sehingga harus meminimalisir kontak dengan orang lain.

Dengan menghindari bermalam di gunung, Anda bisa mengurangi kontak dengan pendaki lainnya. Lakukan one day trip saja dan itu akan membuat rasa rindu terhadap pendakian akan jauh berkurang.

baca juga:

Coba Supercar di Pegunungan Alpen, 5 Liburan Musim Panas Ekstrim. Menantang Adrenalin!

 

8.      Pendakian dengan Sedikit Rombongan

Lakukan pendakian dengan rombongan yang sedikit. Jika Anda membawa terlalu banyak rombongan, maka hal ini bisa berpotensi menjadi penyebaran virus.

Salah satu aturan kesehatan di era ini adalah dianjurkan tidak berkelompok, bukan?

 

9.      Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Tisu bekas bersin atau batuk tidak boleh Anda buang sembarangan saat sedang mendaki. Tetaplah menjaga kebersihan gunung meski hanya selembar tisu saja.

Sampah yang dibuang sembarangan akan mengotori gunung dan merusak ekosistem. Selain itu, ini sangat menyebalkan untuk pendaki lainnya.

 

10. Pendakian di Gunung Terdekat

Pilihlah gunung yang dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Sehingga jika terdapat masalah atau hal yang buruk terjadi, Anda bisa segera pulang dalam waktu yang singkat.

 

Siapkan segala persiapan baik alat sanitasi maupun peralatan mendaki sebelum memulai hiking. Tetaplah menerapkan protokol Kesehatan yang dianjurkan Pemerintah dan ikuti 10 tips di atas.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.