Tips Mempercepat Proses Check In di Bandara

Apa ada di antara kita yang pernah bermasalah ketika akan check-in di bandara, alias sebelum keberangkatan? Proses check-in di bandara bisa menjadi suatu hal yang melelahkan mengingat banyaknya prosedur ketat yang harus dilalui.

Bahkan, bisa jadi kita batal berangkat terbang karena ada beberapa masalah yang dipercaya akan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Pastinya tidak ada yang mau kan penerbangan batal hanya karena masalah sepele? Nah daripada mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan ini, yuk simak beberapa tips yang bisa dilakukan supaya bisa check-in dengan mudah selama di bandara!

Check-in di kelas bisnis

Apabila bawaan kita tidak terlalu banyak, maka kita bisa menggunakan online check-in untuk mempersingkat waktu. sebaliknya kalau kita membawa barang cukup banyak.

Maka sebaiknya kita menggunakan check-in untuk kelas bisnis ataupun yang lebih tinggi. Petugas bandara cenderung lebih sigap ketika melayani penumpang kelas bisnis daripada kelas ekonomi.

Cek lagi kebijakan maskapai

Meskipun kelihatannya sepele, tahu betul tentang kebijakan suatu maskapai tentang bagasi akan memberikan kita banyak keuntungan.

Sebaiknya kita  paham tentang barang apa saja yang bisa dimasukkan di bagasi dan berat maksimal dari masing-masing koper. Tentunya kita perlu membayar biaya tambahan apabila koper kita melampaui batas maksimal.

Timbang kopermu!

Koper adalah salah satu barang yang tidak boleh terlupa ketika kita pergi travelling, terutama untuk travelling jarak jauh.

Bisa juga kita menimbang koper dari rumah untuk memastikan apakah koper melebihi batas maksimal dari kebijakan maskapai untuk bagasinya.

Kita bisa menata ulang koper apabila memang terlalu berat dan memilah kembali barang mana yang dibutuhkan untuk travelling.

Kartu kredit

Memang banyak orang memilih untuk tidak menggunakan kartu kredit karena adanya bunga yang harus dibayar. Namun kartu kredit ternyata bermanfaat ketika kita akan travelling lho!

Misalnya saja kita bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar berbagai keperluan, baik untuk membayar makanan, kelebihan bagasi, dan lain-lain.

Sepatu slip-on

Proses check-in di bandara memang cenderung menghabiskan banyak waktu ketika dalam masalah keamanan. Bahkan banyak bandara yang meminta kita untuk melepas sepatu untuk memastikan jika kita tidak menyembunyikan benda terlarang di dalam sepatu.

Terbayang kan apa jadinya kalau kita memakai sepatu boot dan harus melepas dan memasangnya lagi? Yup, hal ini hanya akan menghabiskan banyak waktu dan bisa menyebabkan kita ketinggalan jadwal penerbangan.

Sebaiknya kita menggunakan sepatu slip-on yang mudah untuk dilepas dan menggunakannya kembali.

Paham tentang kebijakan security di tiap bandara

Keamanan adalah suatu hal yang selalu diutamakan dalam penerbangan, baik untuk penerbangan domestik ataupun internasional.

Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika tiap bandara selalu mengecek barang bawaan kita di pintu kedatangan.

Apabila kita paham betul tentang apa saja barang yang boleh dan  tidak boleh dibawa selama penerbangan, maka proses check-in ini akan berjalan de ngan lebih cepat.

Beberapa barang yang tidak boleh dibawa selama penerbangan antara lain ada gunting, pisau kecil, korek api, dan lain-lain tergantung kebijakan tiap bandara.

Manfaatkan smartphone

Di jaman serba canggih ini, tentunya kita juga bisa memanfaatkan smartphone untuk penerbangan. Misalnya saja kita bisa menyimpan boarding pass online.

Sehingga kita tidak usah lagi kesulitan mencari boarding pass yang mungkin saja tertindih dengan barang lain. kita juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menyimpan informasi tentang hotel, tiket pulang pesawat, dan lain-lain.

baca juga:

Sebelum ke Bali, Yuk Mampir Destinasi Wisata Terbaik di Banyuwangi!

Minta bantuan petugas bandara

Check-in yang bermasalah tentu saja akan menjadi suatu hal yang menyebabkan kita menjadi stres dan tidak tahu apa yang harus dilakukan supaya tetap bisa terbang.

Jangan khawatir karena kita bisa menanyakan tentang masalah ini ke petugas bandara terekat yang dengan senang hati akan membantu kita supaya bisa tetap ikut serta dalam penerbangan yang telah dibooking sebelumnya.

Bisa juga kita memberikan tips ke petugas bandara tersebut sebagai tanda terima kasih.

Melakukan tips tadi tidaklah sesulit apa yang dibayangkan bukan? Memang sebaiknya kita mempersiapkan segalanya dengan matang supaya perjalanan kita pun bisa lancar. Yuk rencakan liburan kita dengan matang mulai dari sekarang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.