Tips Membawa Anak Naik Pesawat Saat Berlibur

Pesawat terbang merupakan salah satu pilihan transportasi liburan paling nyaman dan cepat bagi sebagian besar orang, namun tidak bagi bayi dan balita.

Anda mungkin suka pusing ketika harus naik pesawat dan membayangkan anak yang rewel sepanjang penerbangan.

Tak hanya membuat anda sebagai orang tua sendiri pusing, anda juga jadi sungkan dengan penumpang lainnya.

Liburan dengan anak memang membutuhkan persiapan lebih, apalagi jika anda memilih untuk naik pesawat.

Mau perjalanan jarak dekat atau jarak jauh, membawa anak naik pesawat sebetulnya bisa menjadi perjalanan yang tetap nyaman bagi anak dan orang tua.

Berikut beberapa tips membawa anak naik pesawat saat berlibur yang perlu anda perhatikan.

 

1. Memesan Kursi untuk Anak

Beberapa orang tua terkadang menghemat akomodasi pesawat dengan memangku anak selama berada di pesawat. Jika anak anda sudah cukup umur untuk berjalan dan duduk sendiri, ada baiknya anda memesan kursi sendiri untuk anak anda. Hal ini demi kenyamanan anda dan buah hati.

Dengan memiliki kursinya sendiri, anak jadi lebih leluasa beraktivitas dan bergerak selama perjalan di pesawat. Anda sebagai orang tua juga akan merasa lebih nyaman dan bisa beristirahat di pesawat.

 

2. Memasang Earplug atau Penutup Telinga pada Anak

Pengalaman pertama bagi bayi atau balita bisa sangat mengganggu karena tekanan udara yang berubah dan membuat telinga mendengung. Hal ini yang seringkali menjadi alasan bayi dan balita menangis dan merasa tidak nyaman selama perjalan di pesawat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda bisa memasang earplug pada telinga anak. Anda juga bisa menggunakan penutup kepala berbulu lembut yang lucu. Dengan begini telinga anak akan terlindung dari dengungan yang tidak nyaman.

 

3. Bawa Mainan dan Snack Favorit Anak

Agar anak tidak bosan dan sibuk sendiri, bawa snack dan mainan favorit sang anak. Untuk situasi ini, membuat anak lebih diam dan fokus dengan gadget juga bisa menjadi pilihan yang ampuh untuk membuat anak tenang selama penerbangan. Anda bisa memutar film atau memainkan game offline favorit anak.

Jika anda memesan kelas penerbangan khusus dengan fasilitas dvd player, anda juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memutar film favorit buah hati.

 

4. Menceritakan Serunya Naik Pesawat pada Anak

Sebelum naik pesawat dengan anak, ceritakan tentang serunya perjalanan dengan pesawat. Anda bisa bermain pesawat-pesawatan atau menunjukan video animasi menarik tentang pesawat.

Sama halnya dengan mencerita lokasi liburan yang menyenangkan, usaha ini akan membuat anak memiliki ekspektasi yang menyenangkan tentang pesawat. Anak jadi semakin tidak sabar naik pesawat.

Jangan lupa menghibur anak dan memberi tahu peraturan dasar naik pesawat pada anak ketika sedang menunggu di bandara. Tetap jaga mood anak sebelum naik pesawat agar tetap ceria dan tenang.

 

5. Perhatikan Kesehatan Anak Sebelum Naik Pesawat

Untuk antisipasi anak memiliki kemungkinan mabuk udara, jangan lupa menyiapkan obat tertentu. Misalnya obat mabuk cair hingga minyak kayu putih. Ada baiknya juga memeriksa kondisi tubuh anak sebelum penerbangan jarak jauh. Bawa pakaian ganti dan jacket di kabin pesawat sebagai antisipasi juga.

 

6. Memberikan ASI Sebelum Penerbangan

Bagi anda yang membawa bayi yang masih menyusui, disarankan untuk menyusui sebelum penerbangan. Menyusui di pesawat bisa menjadi tidak nyaman bagi anda dan buah hati. Jika anda akan melakukan penerbangan jarak jauh, jangan lupa membawa breastmilk yang sudah anda pompa ke botol di rumah.

 

7. Sabar dan Tenang Ketika Anak Mulai Rewel

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk melindungi dan memastikan kenyamanan anak. Perlu kesabaran dan persiapan yang lengkap untuk kelancaran perjalanan dengan anak menaiki pesawat.

Jika anda tenang, anak juga akan ikut tenang. Hindari panik ketika bayi mulai menangis atau rewel. Karena reaksi tersebut hanya akan membuat anak tambah rewel dan merasa tidak nyaman.

Itu tadi beberapa tips membawa anak naik pesawat saat berlibur. Kuncinya adalah persiapan barang yang dibutuhkan anak, mental anak, dan mental anda juga. Liburan dengan membawa anak naik pesawat bisa menjadi hal yang tidak merepotkan namun berkesan bagi anak. Selamat menikmati liburan bersama buah hati anda!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.