Tips Liburan Female Traveller Saat Haid Agar Tetap Nyaman di Perjalanan

Tujuan umum dari travelling adalah melepas penat dengan cara bersenang-senang. Namun, jika tamu tak di undang datang bisa menjadi masalah bagi sebagian wanita.

Sudah direncanakan pada jauh-jauh hari, bayangan berenang kolam yang indah, tentang gunung yang menjulang, tentang pantai yang keren, tentang ombak dan senja yang membius kesedihan bisa hancur karena nyeri menstruasi datang. Eits tapi jangan khawatir, ikuti tips dibawah ini agar travellingmu tetap menyenangkan.

1. Lakukan peregangan

Tidak bisa dipungkiri jika datang bulan datang badan lebih mudah lelah dan perubahan mood yang tak menentu.

Liburan dan aktivitas bisa terganggu jika emosi atau mood swing melanda. Oleh sebab itu, coba lakukan peregangan setiap bangun pagi.

Peregangan membantu menenangkan otot dan syaraf di area perut untuk menghindari kram perut. Selain itu, meditasi atau yoga juga bermanfaat untuk menjaga mood dan ketenangan pikiran.

Yoga sederhana seperti latihan pernapasan atau duduk bersila dapat membantu mempertahankan kelenturan serta menenangkan tubuh.

Jangan lupa, bawalah obat – obatan pereda nyeri haid di dalam tas travelling agar siap meredakan efek nyeri menstruasi dan liburan tetap menyenangkan.

2. Bawa banyak celana dalam dan pembalut wanita

Bepergian selama menstruasi disarankan agar membawa celana dalam secukupnya. Atau kamu masih bisa membeli di tempat destinasi. Tapi, pastikan destinasimu masih tergolong perkotaan agar lebih mudah membeli kebutuhan seperti celana dalam atau pembalut wanita.

Jika kamu menuju ke destinasi alam yang terpencil dan sulit memperolehnya, bawa secukupnya dari rumah agar tidak bingung lagi saat berada di destinasi.

Ganti pembalut dan celana dalam secara rutin agar menghindari perkembangan jamur. Selain membawa celana dalam dan pembalut yang banyak, jangan lupa bawa antiseptik khusus daerah kewanitaan, hal ini bertujuan agar area kewanitaan tetap bersih dan nyaman.

3. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih saat menstruasi juga tidak kalah penting. Karena tubuhmu mengeluarkan cairan dan harus diganti agar mencegah dehidrasi. Selain mengeluarkan cairan melalui menstruasi pastinya tubuhmu juga mengeluarkan keringat saat beraktivitas fisik. Jadi, perbanyak minum air putih ya, travellers.

Selain air putih, tubuhmu juga butuh banyak vitamin dan zat besi. Makan buah dan sayur serta hindari minuman bersoda. Karena minuman bersoda bisa membuat perutmu merasa tidak nyaman.

Bawa selalu makanan yang bisa membuat moodmu menjadi baik seperti coklat atau permen manis. Perbanyak minum air putih, agar cepat mengganti cairan yang hilang dan melindungi kulitmu agar tetap lembap dan cantik.

4. Gunakan celana/rok yang gelap

Nah, bagi wanita rasanya kurang percaya diri kalau sedang haid memakai bawahan berwarna cerah.

Pilih jenis warna rok yang bernuansa gelap seperti biru navy atau hitam, selain tidak lekas terlihat jika ada noda atau kotoran, warna bawahan yang gelap juga lebih mudah dipadukan dengan atasan warna apa pun. Jadi, kamu tak perlu banyak membawa pakaian ganti.

Selain warna yang harus kita perhatikan, kain yang digunakan harus kain yang nyaman dan menyerap keringat seperti katun atau bahan kaos.

Baca juga:

Bagaimana Cara Memilih Tas Ransel Untuk Mendaki Gunung yang Ideal?

 

5. Bawa Pantyliner

Jangan remehkan benda kecil yang satu ini, ini sangat membantumu di kala menstruasimu sudah hampir selesai. Pantyliner bisa menggantikan pembalut karena darah yang keluar hanya sedikit.

Daripada kamu risih pakai pembalut yang besar karena menstruasi sudah mulai berkurang, lebih baik gunakan pantyliner.

6. Minum penambah darah

Kebanyakan wanita yang menstruasi sering mengeluh mudah pusing atau lemah. Selama travelling, jangan lupa mengonsumsi obat penambah darah untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.

Obat –obatan ini sudah dijual bebas di supermarket atau mini market dan apotek atau toko  -toko kecil lainnya.

***

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti selama travelling agar menstruasi tetap lancar dan tidak mengganggu liburan.

Liburan kemana pun tujuannya, pastikan cuma Jari Adventure yang membantu kamu mempersiapkan keseruan di tempat destinasi. Hubungi kami sekarang juga, untuk mewujudkan travelling impianmu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.