Tips Liburan Babymoon yang Nyaman dan Menyenangkan Untuk Calon Bunda

Sedang hamil bukanlah alasan untuk tidak bisa berlibur. Justru karena sedang mengandung, ibu membutuhkan liburan agar tubuh dan pikiran lebih rileks. Kecuali, jika dokter memang merekomendasikan anda untuk tidak berlibur karena alasan yang beresiko terhadap bayi anda.

Lakukanlah perencanaan dan persiapan yang matang sehingga liburan menjadi tertata. Pikirkan tentang waktu, destinasi hingga hal – hal penting lainnya.

Hindari liburan yang menghabiskan banyak tenaga tentu saja jangan mendaki, anda bisa berlibur ke pantai dengan menikmati ombak atau bisa berlibur ke air terjun untuk merilekskan badan dan pikiran.

Berikut tips dari Jari Adventure buat ibu hamil yang ingin pergi berlibur. Yuk langsung cek!

  1. Pilih Destinasi yang Bijaksana

Buat ibu hamil pilihlah destinasi yang sekiranya tidak membuat kelelahan berlebih dan aman dari segalah gangguan. Disarankan untuk berwisata lokal karena selain tidak menguras tenaga, waktu yang dicapai pun cukup sedikit dibanding wisata ke luar negeri.

Jika anda benar-benar ingin liburan ke luar negeri anda bisa menyimpan mimpi itu sembari menunggu si dedek lahir ke dunia, kan lebih enak kalau liburan ada si kecil.

Selain itu masih banyak kok wisata yang bagus nan menawan yang ada di Indonesia. Jika bisa pilih tempat wisata yang ada klinik terdekat dari destinasi tersebut, agar setiap saat bisa kontrol kandungan.

Selain itu, jika pergi ke suatu wisata yang harus di vaksin terlebih dahulu, konsultasikan dengan dokter anda apa saja yang vaksin yang boleh dan tidak boleh disuntikkan pada anda.

  1. Pilih Jalur Darat

Mengapa transportasi yang baik untuk ibu hamil melalui jalur darat? Karena banyak akses dan fasilitas jika ibu hamil mengalami sesuatu.

Misalnya, apabila ibu hamil merasa mual bisa berhenti di rest area. Pun begitu ketika ibu hamil merasa capek bisa menginap di hotel, atau saat membutuhkan perawatan, tidak bingung mencari klinik atau rumah sakit terdengar.

Sedangkan jika menggunakan pesawat memang waktu yang dibutuhkan cukup sedikit tetapi gaya gravitasi dan perbedaan suhu yang drastis di udara cukup rentan untuk kehamilan. Sedangkan, jika ibu hamil naik kapal itu akan memakan waktu lama, jadi direkomendasikan memilih jalur darat.

  1. Hindari Alat Pemindai Logam

Jika memang ibu hamil memaksa untuk naik transportasi udara ada baiknya jika menghindari alat pemindai logam, karena radiasi tersebut bisa menimbulkan resiko pada kehamilan anda. Jangan ragu untuk mengatakan kehamilan anda pada petugas bandara. Jangan sampai kandungan anda terganggu karena hal yang semestinya bisa dihindari.

  1. Bawa Bantal

Bagi anda yang hamil yang berlibur menggunakan jalur darat membawa bantal harus dilakukan. Guna mengilangkan rasa pegal di punggung dan kaki. Selain itu bantal juga bisa membuat tidur anda di mobil menjadi nyaman. Taruhlah bantal dikaki dan jangan lupa bantal leher juga dipakai agar semakin nyaman.

  1. Bawa Alas Kaki yang Nyaman

Untuk ibu hamil alas kaki menjadi faktor penting saat berlibur, gunakan alas kaki senyaman mungkin karena nyaman adala faktor terpenting dalam berlibur.

Hindari menggunakan heels jika tidak dalam keadaan terpaksa karena bisa menyebabkan kelelahan. Selain itu lakukanlah peregangan kaki setiap kali anda merasa lelah atau setiap ada kesempatan. Jika terlalu capek jangan dipaksakan untuk terus jalan kaki.

Baca juga:

Menjelajahi Phuket, Mulai Dari Wisata Alam Hingga Spot Bangunan Tua Semua Ada!

 

  1. Bawa Buku Catatan Kehamilan

Penting membawa buku catatan kehamilan anda yang rutin anda konsultasikan pada dokter anda. Buku ini digunakan untuk mengantisipasi jika anda mengalami sesuatu dan anda harus ke dokter, dokter tersebut bisa tau perkembangan kehamilan anda melalui buku catatan tersebut.

  1. Bawa Camilan Sehat

Saat sedang hamil nafsu makan menjadi sangat tinggi karena membawa 2 badan, bawa selalu camilan sehat seperti buah, roti gandum, susu dan air putih. Jangan mengandalkan membeli makanan di tempat transportasi karena biasanya makanan fast food kurang baik untuk ibu hamil.

Selain itu, bawa selalu air putih guna menghindari ibu hamil dehidrasi.  Jika perlu bawa selalu vitamin untuk menjaga kesehatan kandungan. Makan makanan yang teratur dan jangan sampai tidak mengkonsumsi air putih.

***

Demikian beberapa tips sehat untuk ibu hamil yang sedang bepergian atau bahkan menikmati babymoon. Selamat babymoon dari Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.