8 Tips Hemat Melakukan Travel Wisata Indonesia

Berlibur tak harus mahal, yang terpenting adalah bisa dinikmati, menghilangkan stres, menambah pengetahuan dan menambah suasana keakraban bersama keluarga, setuju? Nah, bagaimana caranya Anda bisa berhemat saat melakukan travel wisata Indonesia tanpa kehilangan esensi atas perjalanan yang menyenangkan tersebut? Berikut ini 8 tips hemat melakukan travel wisata Indonesia yang bisa Anda pelajari.
1. Lakukan survei terlebih dahulu

Seringkali orang kebingungan harus melakukan apa begitu tiba di tempat wisata. Hal ini disebabkan mereka tidak mencari tahu sebelumnya tentang kota atau tempat wisata yang akan dituju nanti. Padahal informasi-informasi seperti ini banyak ditemukan di internet atau buku-buku panduan wisata.

Melakukan survei terlebih dahulu untuk tempat yang akan Anda tuju sangat penting agar bisa mengetahui lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi orang atau bagaimana kondisi kota tersebut. Selain itu survei juga bermanfaat untuk mengetahui apakah ada diskon mulai dari tiket pesawat sampai hotel atau mencari tempat-tempat belanja yang terjangkau disana seperti pasar tradisional misalnya. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat karena tahu harus bagaimana begitu tiba di tempat tujuan.

2. Membawa uang tunai

Melakukan perjalanan travel wisata Indonesia, tentu harus ada persediaan uang tunai yang Anda bawa. Kita tak pernah tahu apakah di lokasi wisata ada mesin ATM atau tidak. Meskipun begitu, Anda harus tetap mencatat apa saja pengeluaran selama berwisata. Jangan sampai berlebihan dan keluar dari rencana anggaran Anda semula.

3. Cari tiket murah

Sebelum berangkat, pastikan bahwa Anda telah memiliki seluruh informasi yang dibutuhkan. Cari tiket yang sedang diskon atau promo untuk transportasi ke tempat wisata. Carilah informasi tentang tiket ini jauh-jauh hari, agar Anda dapat melihat kapan tiket promo diadakan dan tak perlu memesan tiket dengan harga normal yang pastinya jauh lebih mahal.

4. Pilih transportasi yang nyaman

Melakukan travel wisata Indonesia dengan pesawat dikenal lebih praktis dan cepat, namun biaya yang akan dikeluarkan juga lebih mahal. Untuk berhemat gunakan saja transportasi mobil. Anda dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan termasuk menambah pengetahuan seputar daerah itu. Cukup menyenangkan, bukan?

5. Hindari musim liburan

Ongkos perjalanan akan jauh lebih murah dengan menghindari musim liburan. Ini disebabkan harga tiket biasanya melambung tinggi setiap libur panjang tiba. Selain itu, Anda juga dapat menikmati lokasi wisata dengan lebih nyaman tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung yang memadatinya seperti saat hari libur misalnya.

6. Layanan gratis

Jika Anda berencana menginap di sebuah hotel, carilah hotel yang bagus, namun cari tahu juga berapa tarif kamarnya, bagaimana situasi di dalam hotel, dan apakah ada diskon untuk layanan tertentu atau tidak. Hemat tapi cermat akan membuat perjalanan wisata Anda jauh lebih menyenangkan.

7. Sewa mobil

Ada baiknya Anda mencari tahu dulu seputar tempat wisata terutama transportasinya, misal dari bandara ke hotel. Mungkin ada bus yang melewati jalan tempat Anda menginap, sehingga Anda tak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk naik taksi. Atau jika ingin lebih hemat, Anda dapat menyewa mobil selama berwisata. Biasanya ada banyak sekali layanan sewa mobil dengan berbagai promosi yang menarik. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan atau meminta referensi dari teman yang pernah berkunjung kesana.

8. Berburu souvenir langsung

Souvenir atau oleh-oleh mungkin kelihatan sepele, namun tak ada salahnya Anda membelinya sebagai buah tangan untuk sahabat, keluarga atau orang terdekat. Agar lebih hemat, Anda bisa memburu souvenir langsung ke tempatnya. Selain punya kesan tersendiri, Anda akan melihat langsung dan belajar bagaimana cara pembuatannya. Harganya pun bisa dipastikan jauh lebih murah daripada Anda membelinya di toko-toko souvenir.

Itulah beberapa tips hemat melakukan travel wisata Indonesia. Semoga bermanfaat sebagai informasi bagi Anda yang ingin berhemat namun tetap ingin menikmati kecantikan panorama alam Indonesia.

Baca juga : Paket Wisata Indonesia – Tips Aman Memilih Paket Wisata

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *