Tips Berburu Barang Murah di Bangkok

Berlibur ke negeri gajah putih, tentunya tidak lengkap kalau tidak membawa oleh-oleh atau souvenir, apalagi biasanya banyak yang titip belanjaan. Nah permasalahan mata uang Thailand nilainya lebih besar dari Indonesia walaupun jumlahnya terlihat lebih murah.

Maka membuat kita bingung tentang berapa harga sebenarnya dan berapa harga yang harus kita tawar, karena dimanapun tempatnya mendapatkan harga yang pas merupakan suatu keharusan.

Nah untuk itu kami akan membagikan beberapa tips belanja murah di Bangkok agar tawar menawar sukses dan bisa mendapatkan harga yang pas sesuai yang diinginkan.

 

Siapkan kalkulator

Biar memperlancar proses tawar menawar dengan hasil dan harga yang pas, kamu membutuhkan kalkulator. Kalau kamu tidak pede atau malas membawa kalkulator kamu bisa menggunakan ponsel sebagai alat hitung. Ingat ya 1 bath setara dengan Rp. 400,-

 

Turunkan harga dari 30% sampai 40%

Menurut cerita, ada aturan khusus yang berlaku di Bangkok bahwa harga barang sebenarnya adalah 25-50% lebih murah dari harga yang dibayarkan. Sehingga tidak disarankan untuk menawar hingga 50% dari harga yang tertera.

Bukan karena hal lainnya ini bisa saja menyebabkan penjual emosi dan membuatmu mendapat harga jauh lebih mahal.

Salah satu tips tambahan untuk menawar, bayarkan kepada penjual dan usahakan uang yang dibayarkan pas sehingga penjual akan sulit untuk menolak tawaranmu.

 

Sabar dan coba toko yang lain

Apabila kamu sudah menawar di toko pertama menolak tawaranmu, lebih baik kami pergi dan sabar untuk mencoba toko lainnya. Siapa tahu di toko sebelah mendapatkan harga yang lebih murah.

 

Pura-pura tidak terlalu tertarik

Senjata andalan yang dimiliki oleh pembeli adalah berpura-pura tidak tertarik. Tips ini akan menyelamatkan kamu untuk tetap pada tawaran pertamamu.

Pastikan juga kamu tidak terpengaruh dengan ucapan pedagang meskipun mereka berkata barang terakhir dan hanya ada di toko ini.

 

Teknik pergi dan tidak jadi membeli

Teknik pamungkas selanjutnya adalah teknik pergi dan tidak jadi membeli. Apalagi orang Thailand terkenal dengan sopan-sopan. Jadi, jika kamu berkata kepada mereka tentang produknya, misalnya sebelum pergi kamu bilang terlalu mahal dan sebelum pergi kamu sempat mengucapkan terima kasi,  tidak menutup kemungkinan mereka akan memanggilmu kembali.

 

Membeli Banyak

Beli lah barang dalam jumlah banyak sehingga diskon yang diberikan pun jauh lebih besar dari harga satuan. Diskon yang lebih besar ini biasanya bisa kamu dapatkan di Pratunam salah satu pusat belanja di Bangkok.

 

Dan berikut ini tempat belanja yang paling bisa kamu singgahi ketika di Bangkok.

1.   Chatuchak Weekend Market

Pasar ini buka sesuai dengan namanya yaitu weekend atau akhir Minggu. Tempat belanja yang terkenal dengan fashion anak muda kekinian dan murah ini dapat dijumpai pada hari Rabu hingga Minggu dengan jam operasi yang berbeda. Ada sekitar 15.000 kios pedagang yang ada di Chatuchak Weekend Market ini mulai dari pakaian hingga makanan. Jadi tak heran kalau sebanyak 200.000 orang setiap Minggu memenuhi pasar ini.

 

2.   Pratunam Market

Surga belanja yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Bangkok. Mulai dari Pratunam Market sampai Platinum Fashion Mall semua ada dalam satu kawasan strategis.

 

Pratunam Market adalah salah satu pasar grosir yang masih menyimpan kebudayaan lokal. Kios baju berjejeran menjual berbagai style fashion yang bisa membuat kamu kalap untuk berbelanja.

 

3.   Platinum Fashion Mall

Meskipun ada kata mall, barang ditempat ini bisa kamu beli dengan harga yang murah. Kalau mau lebih murah lagi kamu bisa belanja dalam bentuk grosir. Tips berbelanja disini adalah berkeliling terlebih dahulu agar mendapatkan harga murah.

baca juga:

Bingung Pilih Ransel atau Koper? Ini Pertimbangannya Saat Anda Travelling

 

4.   Asiatique The Riverfront

Tempat ini tidak hanya memanjakan kamu untuk membeli fashion saja melainkan kamu bisa berkuliner dengan baik karena banyak kios yang menawarkan khas makanan Thailand. Dan ada juga wahana bermain seperti bianglala yang begitu populer.

 

5.   MBK Center

Kamu tidak suka dengan kepanasan atau kehujanan? Berarti kamu harus berkunjung ke MBK Center.

 

Dibuka sejak 1995, MBK Center menjadi satu mall paling terkenal di Bangkok karena lokasinya strategis. Mall ini juga menjual barang-barang dengan harga miring.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.